Nama  : Zaenatul FirdausÂ
NIM Â Â : 240211920068
Kelas  : PGSD 06
T2.8 Aksi Nyata
Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia
1. Mulai dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?Â
= Pada bagian ini yang saya pikirkan tentang topik ini adalah bagaimana peran pendidikan dasar yang di mulai dari dalam lingkungan keluarga. Yang mana seperti yang kita tahu bahwa peran orang tua cukup besar dalam pendidikan setiap anak. Pentingnya pendampingan orang tua dalam proses belajar di rumah, bimbingan serta motivasi dari orang tua memiliki pengaruh yang besar dalam semangat belajar setiap anak.
2. Eksplorasi Konsep
Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari pada topik ini?
= Dalam topik ini saya mempelajari konsep -- konsep dasar perspektif sosial, budaya, politik dan ekonomi peserta didik. Dalam konsep dasar ini hal yang melatar belakangi interaksi antar orang dewasa dan anak -- anak adalah faktor status sosio-ekonomi. Status sosio ekonomi (SSE) ini dapat membentuk perkembangan kognitif yang bersangkutan. Dalam kerangka Status Sosio-Ekonomi ini orang dewasa memiliki peran dalam interaksi sosial yaitu aturan (rules), komunitas (community), pembagian kerja (division of labor) dapat memberikan dorongan dan harapan kepada seorang anak dan dapat memberikan pengaruh motivasi, tingkah laku dan tujuan seorang anak. Dan dalam pendidikan SES ini memberikan pengaruh yang cukup besar dalam perkembangan kemampuan peserta didik.