Mohon tunggu...
Perkumpulan Independen Komunitas Temanggungan
Perkumpulan Independen Komunitas Temanggungan Mohon Tunggu... -

PIKATAN adalah organisasi sosial yang didirikan oleh masyarakat sipil Temanggung, dengan badan hukum perkumpulan. PIKATAN bersifat terbuka dan memperlakukan setara setiap pihak dari berbagai ras, suku, agama, warna kulit, aliran politik, gender, latar belakang sosial ekonomi dari seluruh warga masyarakat Temanggung untuk menjadi anggota, pengurus, mitra kerja maupun untuk mengambil peran dalam organisasi ini dalam rangka memajukan tujuan pembentukan http://www.facebook.com/home.php?#!/profile.php?id=100000971503968&ref=profile PIKATAN.http://pikatan.wordpress.com. millist pikatan@googlegroups.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Delapan Strategi untuk Panili

7 April 2010   00:14 Diperbarui: 26 Juni 2015   16:57 1004
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sampai tahun 1970an, komoditas panili menjadi salah satu andalan perekonomian Kabupaten Temanggung. Setiap masa panen tiba ,- mirip saat ini ketika penen tembakau - di saentero wilayah terhampar buah panili dijemur. Selanjutnya buah panili kering ini, oleh petani dijual ke pengolah, yang memproses dengan pemeraman (fermentasi) sehingga dihasilkan buah panili terperam yang harum aromanya.

Harga buah panili fermentasi ini sangat tinggi, sehingga mempunyai sebutan si emas hijau, karena harganya melebihi harga emas. Tingkat kekayaan petani atau pekebun dapat diukur dari berapa jumlah pohon panili yang ditanam. Wilayah penghasil panili saat itu meliputi : Kandangan, Kaloran, Jumo, Candiroto, Pringsurat.

Manfaat dan Penjahat

Nilai buah panili yang tinggi itu berasal dari senyawaan kimia yang disebut vanillin yang khas di kandung oleh buah, -yang secara optimal pembentukanya meningkat dengan fermentasi. Aroma harum dan khas vanillin ini dimanfaatkan sebagai penyedap atau pewangi untuk industri makanan/minuman, flavor (citarasa), kosmetika, farmasi, kimia dan wewangian (parfum,fragrance).

Perdagangan komoditas panili baik di dalam negeri atau internasional sangat baik. Indonesia menguasai pangsa pasar perdagangan dunia, sampai 70%, sisanya berasal dari 25 % Madagaskar, dan 5 % negara lain. Yang membanggakan Temanggung saat itu adalah panili asal daearah antara Sindoro- Sumbing ini menguasai produk nasional. Di pasar dunia dikenal Java vanilla yang identik dengan panili Temanggung.

Sayangnya kejayaan panili Temanggung rusak gara-gara maraknya praktik pencurian. Bukan cerita isapan jempol, kalau pencurian dilakukan dengan menggunakan fasilitas truk, bahkan satu kelompok bersenjata tajam. Mulai saat itu, sebagian besar petani mulai jera menanam panili. " Kami yang menanam, orang lain yang memanen." Itulah keluhan para petani. Selain itu praktik penipuan dagang sering dilakukan seperti penambahan bahan lain untuk mendongkrak berat, selain kualitas yang tidak diperhatikan (tingkat fermantasi tidak optimal, buah dipanen masih muda).

Secara global praktik ini merugikan posisi panili Indonesia, khususnya Jawa, yang kemudian diambil alih oleh Madagaskar yang secara konsisten meningkatkan produksi dan menjaga mutu panili olahan. Madagskar saat ini menguasai pangsa pasar dunia sampai 60-70%, Indonesia menurun drastis menjadi 23 % dan sisanya diisi oleh berbagai Negara lain.

Selama lima tahun terakhir terjadi penurunan ekspor panili secara drastis akibat penurunan kualitas dan praktik penipuan itu, dari 3 599 ton (2002) menjadi hanya 540 ton (2007). Saat puncaknya harga panili mencapai Rp 1,5 juta per kg.

Prospek pasar

Trend "back to nature" yang marak mengglobal, pertumbuhan industri pangan dan penyedap rasa yang mencapai rata-rata 10% per tahun, membuat pasar panili dan rempah dan atsiri di dalam negeri dan global masih tetap prospektif. Selama 10 tahun terakhir ini banyak perusahaan flavor di Negara maju (AS dan Eropa) yang mendirikan pabrik di Indonesia dan beberapa negara lain, seperti Cina, Brasil, dengan pertimbangan biaya produksi yang lebih rendah. Namun tetap saja kebutuhan bahan dasar seperti panili dan rempah lain, minyak atsiri sebagian besar dipasok dari Negara produsen, antara lain Indonesia.

Pola perdangangan yang umumnya berlaku adalah sebagai berikut : petani menjual dalam bentuk buah panili ke pengumpul atau pengolah awal. Pengolah awal melakukan fermentasi buah panili menjadi buah terperam yang sudah beroma khas. Ekspor dapat dilakukan dalam bentuk buah terfermentasi atau ekstrak. Produk dalam bentuk kristal vanillin biasanya dilakukan oleh perusahaan akhir (kimia, flavor). Pasar pengguna panili adalah Eropa (Prancis, Jerman Inggris,), AS, Kanada, Jepang, Korea Selatan, dan Singapura.

Delapan Strategi

Dalam arus global seperti itu bagaimana Temanggung melakukan repositioning di kancah nasional dan internasional?

Menurut pendapat saya, Temanggung sudah selayaknya mengembangkan kembali panili sebagai salah satu produk unggulannya. Pertama, buka atau jalin hubungan pasar pengguna panili; eksportir buah panili terfermentasi, atau industri pengguna langsung (ekstrak vanili, penyedap rasa/flavor, kosmetika). Mestinya pelaku bisnis di Temanggung dapat membuka usaha ini. Beberapa pengalaman UKM minyak pala di Bogor dapat dijadikan pelajaran yang mampu memasok produknya langsung ke industri pengguna di Prancis.

Kedua, lakukan intensifikasi dan penyuluhan kepada petani/pekebun panili. Areal budidaya panili (di masyarakat dan perkebunan rakyat) yang ada saat ini perlu dilakukan intensifikasi dari kegiatan hulu (bibit), budidaya dan pemeliharaannya, sampai ke hilir (pemanenan, pasca panen).

Ketiga, kebijakan pemda dalam pengaturan perdagangan saprodi dan penyediaan modal usaha dengan memfasilitasi ketersediaan saprodi (pupuk, obat, alat alat pertanian) yang terjamin ada di pasaran, dan mengatur dengan kebijakannya tatacara perdagangan saprodi. Tentu saja, modal usaha dalam hal ini juga tidak kalah pentingnya.

Keempat, langkah dua perlu diikuti dengan program ekstensifikasi pengembangan tanaman panili. Berdasarkan data penyebaran tanaman panili saat ini diberbagai wilayah, dapat disusun program pengembangan ke berbagai wilayah. Tentu saja konsep wilayah wilayah unggulan tetap dijadikan salah satu pertimbangan. Bukan tidak mungkin wilayah dapat dijadikan pengembangan baru.

Kelima, pembentukan dan pengembangan usaha pengolahan panili. Pengolahan panili secara fermentasi merupakan kegiatan yang tidak sulit dan dapat dilakukan oleh para petani dan/atau kelompok petani sendiri. Problem yang dihadapi sebagian besar bukan masalah teknis, melainkan ekonomis berupa penyediaan modal dan biaya pengolahan. Di sini sosialisasi dan motivasi kepada petani sangat dibutuhkan.

Keenam, penyuluhan teknologi dan cara pengolahan yang baik, serta perbaikan kualitas. Selain di kegiatan budidaya, kunci bisnis panili terletak pada masa pasca panen. Ketujuh, peningkatan keamanan. Pemerintah dalam hal ini aparat keamanan, pemaong desa, harus mampu menciptakan kondisi yang aman sehingga tidak ada lagi praktik pencurian.

Kedelapan, Pemerintah Daerah perlu mencanangkan pengembangan kembali komoditas panili ini menjadi salah satu program utama. Dengan program program terpadu tersebut, kita berharap panili yang pernah menjadi primadona Temanggung akan kembali menggeliat- pelan namun pasti - menjadi salah satu unggulan penggerak perekonomian daerah serta kesejahteraan petani. (naskah ini pernat dimuat di Media Cetak Stanplat Temanggung, Oktober 2008)

Oleh Prof Dr.Ir DJUMALI MANGUNWIDJAJA DeA

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), asal Ngadirejo Temanggung

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun