Mohon tunggu...
Riski Ermanda
Riski Ermanda Mohon Tunggu... Penulis - pecinta penah

Memperkuat literasi untuk membuka khazanah dan cakrawala dunia

Selanjutnya

Tutup

Money

Pentingnya Melakukan Segmentasi Pasar untuk Mengembangkan Bisnis

1 November 2021   21:57 Diperbarui: 1 November 2021   22:00 334
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Membangun suatu bisnis tidak semudah seperti yang anda bayangkan. Karena dalam mencapai suatu keuntungan yang kita inginkan membutuhkan suatu proses serta hambatan - hambatan yang menjadi penghalang  perjalanan bisnis kita. 

Maka dari itu, kita membutuhkan suatu metode tertentu untuk dapat memaksimalkan suatu bisnis yang kita jalankan selama ini dengan menggunakan suatu pola metode tertentu seperti melakukan suatu analisis segmentasi pasar.

Segmentasi pasar adalah  pola yang digunakan oleh pengusaha untuk mengelompokkan konsumen menjadi beberapa bagian seperti kebutuhan dan katerialistik serta prilaku konsumen di dalam pasar tententu dalam artian untuk menganalisis dan mengindantifikasi konsumen yang berada dipasar mulai dari kebutuhan, jenis produk dan suatu teknologi yang digunakan dalam melakukan pelayanan terhadap konsumen.

Menganalisis segmentasi pasar merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh para pengusaha karena dengan menganalisis segmentasi pasar akan mudah bagi pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya dengan cara meningkatkan  pelayanan kepada konsumen menjadi lebih baik lagi.

Selain itu, pengusaha juga dapat menentukan suatu bisnisnya menjadi lebih terarah hal tersebut akan mempermudah anda untuk merancang suatu bisnis plan dengan mudah dan mempercepat anda untuk mencapai target pemasaran yang anda inginkan serta anda dapat mengetahui lawan bisnis yang anda jalankan.

Untuk melakukan suatu segmentasi pasar anda haruslah dapat mengenali dasar - dasar dari segmentasi pasar tersebut. Seperti 

1. Demografis 

Demografis ini menjadi suatu pola bagaimana anda mengetahui jenis produksi apa yang anda layani, dengan kapasitas produk berapa yang anda layani dan juga dimana lokasi anda layani.

2. Jenis operasi

Jenis operasi ini meliputi beberapa komponen seperti penggunan teknologi, tingkat penggunaan dan kebutuhan konsumen.

3. Pendekatan pembelian

Seperti keuangan, hubungan dengan pelanggan, kebijakan pembelian dan kateria pembelian.

4. Situasi

Situasi ini berupa spesialisasi penjualan, dan jenis produk yang diinginkan pelanggan, serta bagaimana ukuran pembelian yang dilakukan.

5. Karakteristik individu

Dalam hal ini harus mengetahui bagaimana prilaku konsumen dan produk apa yang mereka butuhkan.

Dengan bergitu bisnis yang anda jalankan akan mudah untuk  karena pemasaran bukan hanya melakukan suatu penjualan produk akan tetapi juga harus dapat memerhatikan segmen pasar. Karena tanpa melakukan segmen pasar suatu bisnis tidak akan lancar dan tidak akan bertahan lama dan akan berhenti selamanya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun