Dalam zaman globalisasi saat ini bisnis merupakan sebuah usaha yang sangat menguntungkan oleh karena itu banyak sekali seseorang yang terjun didalamnya.
Banyak para pegawai yang memilih untuk memiliki usaha sampingan untuk berbisnis karena mereka lebih mudah untuk meningkatkan tarap kehidupan prekonomian keluarga mereka. Bahkan banyak diantara mereka memilih untuk pensiun dini hanya karena berkeinginan dengan berbisnis.
Dalam berbisnis, tidak dapat dilakukan dengan mudah karena para pengusaha dalam menjalankan bisnisnya melalui banyak suatu tantangan di dalamnya. Salah satu tantangan dalam bisnis tersebut yaitu banyaknya pesaing - pesaing yang akan mengganggu kelancaran bisnis tersebut.
Maka dari itu, dalam menjalankan bisnis kita harus mampu untuk menentukan suatu pangsa pasar. Pangsa pasar merupakan suatu sasaran pemasaran dalam artian siapakah calon konsumen yang kita tuju yang sekiranya tertarik untuk membeli seluruh produk yang kita tawarkan yang perlu kita ketahui dalam menentukan pangsa pasar yaitu :
1. Siapa yang menjadi sasaran kita ? Para pria atau wanita
2. Dimana tempat yang cocok menjadi target pasar kita ?
3. Berapa usia konsumen yang cocok untuk menjadi calon konsumen kita ?
Hal tersebutlah, akan mempermudah kita untuk melakukan suatu pemasaran produk yang kita tawarkan agar kita mendapatkan suatu keuntungan yang kita inginkan.
Selain itu, kita harus mengetahui bagaimana strategi bisnis kita dalam merebut pasar kita untuk melakukan perang dagang dengan kompetitor kita.Â
Strategi perang dagang untuk merebut pangsa pasar
1. Memperlihatkan suatu kelebihan sebuah produk bisnis yang anda jalankan
Banyak calon konsumen yang suka mencari produk baru yang memiliki kualitas tertentu dengan harga yang relatif terjangkau. Maka dari sanalah anda harus mencari tahu produk apa yang menjadi keinginan calon konsumen anda. Dan anda harus mampu menyediakan sebuah produk yang berkualitas sesuai dengan apa yang menjadi kepuasan para konsumen dan pelanggan anda.
2. Menentukan suatu target marketing yang baru
Untuk melakukan sebuah perang dagang, ada perlu mengembangkan suatu pemikiran inovatif tertentu dengan cara melakukan pembaharuan - pembaharuan tertentu dengan cara mengoktimalkan pemasaran dalam media sosial dan media pendukung lainnya yang akan menjadi sebuah target pemasaran anda yang baru. Dengan bergitu anda akan lebih banyak menjangkau para konsumen yang lebih luas dari kompetitor pesaing bisnis anda.
3. Mengumpulkan data yang dibutuhkan sebagai informasi tentang kepuasan pelanggan
Dalam tahapan berikutnya ada harus mampu bergerak dengan cepat mencari sebuah informasi - informasi tentang produk apa dan bagaimana yang diinginkan oleh para konsumen dan pelanggan anda. Selain itu anda perlu mengumpulkan seputar data demografis, psikografis, masalah dan solusi dari target pemasaran yang menjadi sasaran anda.
Dengan demikianlah, anda akan mudah untuk memenangkan suatu perang dagang dengan para kompetitor yang selama ini menjadi pesaing bisnis anda dengan membranding produk dan strategi bisnis anda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H