MENEJEMEN ENVENT
Menejemen envet suatu hal yang dilakukan organisasi untuk menyekenggarakan suatu kegiatan. Kegiatan ini dilakukan secara terorganisir dan terperinci sehingga dapat berjalan dengan baik, lancar dan memuaskan.
POINT-POINT PENTING DALAM MENEJEMEN EVENT
1. Personal interaction
yang sangat penting dalam menejemen event belangsung pada personal interacion Karena pengunjung dari suatu event memiliki peran yang kerusial terhadap suksesnya acara. Contonya keterlibatan penonton dalam acara kontribusi penonton dalam acara yang dapat menjadi salah satu factor suksesnya event
2. Uniquenessses
Kunci penting dalam suksesnya event tidak lain adalah keunikan dari event yang diadakan.
Kegiatan yang mengundang suasana dan rasa yang berdeda serta mengandung nilai-nilai edukasi yan penting bagi masyarakat dan pengunjung yang dapat selalu diingat, hal ini menjadi point penting dalam terselanggaranya dan suksesnya event.
3. Problem and obtacles
Kemungkinan-kemungkinan masalah dan halangan yang akan datang Ketika berjalannya event tidak sesuai dengan rencana atau kurang meriah dan hidup sehingga terlihat tidak memuaskan. Maka dari itu acara harus dipersiapkan dengan matang dan cermat agar bisa berjalan dengan baik dan lancar.
TAHAPAN PENTING DALAM MENEJEMENT EVENT
1. Reach
Tahapan yang pertama adalah melakuka riset. Terhadap lima pertanyaan yang akan diajukan sebagai acuan penyelenggara dalam melaksanakan event.
Yaitu: apa, dimana, mengapa, kapan, siapa
2. DesignÂ
Ide yang unik yang akan membantu pelaksanaan event. Ide yang unik dan berbeda dapat melalui proses brainstorming and mind-mapping. Kegiatan berguna untuk menetapkan konsep yang unik dan menarik seperti bagaimana dekorasi dan hiburan yang ada sealam acara, dan lain sebagainya. Ide yang unik dan meranik juga harus memperhatikan anggaran dan SDM.
3. Planning
Event planning atau perencanaan, hal ini adalah tahapan yang akan memakan cukup banyak proses menejemen event. Namun, hal ini dapat dilakukan dengan mudah jika terdapat reach dan design yang sudah terpenuhi. Jika tahapan sebelumnya belum maksimal dan belum terpenuhi maka akan menghambat tahapan ketiga, begitupun sebaliknya.
4. Coordination
Tahap koordinasi atau tahapan mengeksekusi rencana yang telah
terbentuk dengan seksama melalui tiga tahapan sebelumnya. Pada tahap ini, peran seorang leaders envet sangat penting dalam pengambilan keputusan secara professional Ketika ada hambatan yang membutuhkan keputusan terbaik dengan segera sehingga akan berdampak baik bagi event yangakan diselenggarakan.
5. EvaluationÂ
Evaluasi, yaitu penilaian pada acara dari tahap pertama hingga selesai. Proses penilaian dan pengukuran dari strategi dalam menejemen akan menjadi data yang akan digunakan sebagai pedoman dasar. Â proses analisis SWOT yang bertujuan untuk perencanaan acara dimasa yang akan datang.
KESIMPULAN
Setelah mengetahui seluk beluk mengenai menejemen event dan siste atau software yang dapat mempermudah prosesnya, keputusan untuk menggunakan event management software Kembali kepada kebutuhan perusahaan dan bisnis anda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H