Beberapa studi literatur yang dilakukan untuk menganalisis starategi operasional perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif di era digital.
A. Strategis
Merupakan tindakan atau cara yang telah didiskusikan sebelumnya oleh perusahaan yang sering kali melibatkan perencanaan, pengaturan, dan pengalokasian sumber daya untuk mencapai target atau tujuan tertentu dengan kemampuan sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
B. Operasional
Strategi operasional adalah pendekatan yang konsisten pada strategi organisasi dan digunakan sebagai alat untuk mengatur fungsi operasional perusahaan. Strategi operasional dapat memberi pengaruh besar pada kompetitif perusahaan jika diatur dengan baik. Jika ingin pelaksanaan efektif, perusahaan perlu untuk menghubungkan strategi operasional dengan strategi organisasi.
C. Manajemen Operasional
Manajemen operasional memiliki tugas untuk mengatur seluruh sumber daya dimiliki perusahaan, seperti bahan baku, karyawan, dan perlengkapan lainnya serta memastikan seluruh proses produksi berjalan efisien dan efektif. Lalu manajemen operasional bertujuan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan, meningkatkan produktivitas perusahaan, meningkatkan kualitas perusahaan, dan mengontrol waktu proses produksi seminimal mungkin.
D. Manajemen Persediaan
Adalah proses perencanaan dan pengendalian semua barang yang dimiliki oleh perusahaan pada setiap tahapan rantai pasokan mulai dari bahan mentah hinggap menjadi produk jadi yang tujuannya adalah untuk memastikan ketersediaan persediaan yang cukup untuk memenuhi permintaan distributor, sekaligus menghindari kelebihan stok yang dapat menyebabkan biaya penyimpanan yang tinggi atau penurunan nilai produk.
E. Manajemen Rantai Pasokan
Ada sebuah cara yang digunakan untuk mengelola, mengawasi, dan mengendalikan proses kebutuhan operasional mulai dari pengadaan, persediaan, hingga pengiriman produk, dengan memerhatikan ketepatan waktu, lokasi, biaya yang sedikit, dan jumlah produk yang akan dihasilkan.
F. Manajemen Kualitas
Ialah suatu pendekatan atau proses yang digunakan untuk memastikan bahwa produk atau layanan dari suatu perusahaan memenuhi standar yang telah ditetapkan dan memenuhi kebutuhan serta harapan distributor. Proses manajemen kualitas meliputi proses perencanaan, pengendalian, penjaminan, peningkatan kualitas secara terus-menerus.
G. Manajemen Sumber Daya Manusia
Pendekatan sistematis untuk mengelola sumber daya manusia dalam suatu organisasi yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, dan pengembangan tenaga kerja untuk mencapai tujuan bersama baik individu maupun perusahaan.
G. Era Digitalisasi
Adalah proses transformasi atau konversi informasi, proses, atau media dari bentuk analog menjadi bentuk digital, mencakup pengkodean data menjadi format digital yang dapat diakses, disimpan, dan diproses oleh perangkat elektronik seperti komputer atau alat perangkat mobile.
H. Digital Marketing
Merupakan suatu kegiatan dari proses pemasaran atau promosi suatu produk atau jasa yang dilakukan dengan media digital dan membutuhkan jaringan internet dalam proses kegiatannya.
I. Cloud Native
Adalah teknologi untuk membangun dan menjalankan sebuah aplikasi yang ditujukan untuk penggunaan di lingkungan umum ataupun pribadi, dimana teknologi ini menjadi dasar yang membantu manajemen menjadi lebih mudah dan efisien.
J. Perangkat Lunak Manajemen Karyawan dan Konsumen
CRM merupakan sistem informasi yang mengintegrasikan teknologi, proses, dan manusia. CRM ini mengumpulkan, menganalisis, dan memanfaatkan data distributor dari berbagai saluran komunikasi teknologi digital kemudian disimpan dalam satu database singkat yang dapat diakses oleh perusahaan.
K. Teknologi Otomatisasi
Adalah penggunaan sistem data dan perangkat lunak untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang sebelumnya dilakukan oleh manusia, mulai dari proses manufaktur hingga administrasi bisnis dan pemrosesan data.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H