Tugas.. presentasi.. ujian.. kerjaan.. materi baru.. deadline.. projek.. semua itu pasti ngga asing lagi bagi kalian kan?? Saat menjadi mahasiswa maupun karyawan, pasti yang namanya tugas akan terus menerus datang dan tidak jarang akan terasa seperti lautan yang tidak berujung, habis selesai satu akan muncul lagi tugas yang baru.
Tugas yang kita dapatkan juga beragam, mulai dari tugas yang menarik dan mudah dikerjakan sampai yang tak jarang membuat kita tertekan dan sering merasa kewalahanpun ada. Oleh karena hal ini, banyak dari kita harus mengorbankan waktu dan tenaga untuk menyelesaikannya. Apa lagi yang sering pake sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) atau yang sering menunda pekerjaan hingga akhirnya semuanya menumpuk dan membuat kita jadi jauh lebih sibuk dari seharusnya..
Walaupun dilanda kesibukan yang super padat, jangan lupakan hal-hal berikut ini ya..
1. Bagi waktu dengan baik
Tugas yang sudah terlanjur numpuk harus dengan cepat kita selesaikan, apa lagi kalo ada yang namanya deadline, coba urutkan mana yang jadi prioritas kamu untuk lebih cepat selesai. Fokus untuk menyelesaikan tugasmu satu persatu, jangan kerjakan dalam waktu yang bersamaan. Karena terkadang dengan tekanan yang ada dan banyaknya tugas, kita cenderung akan merasa stres dan semakin tertekan yang bisa mengakibatkan tugasnya gak akan selesai.
2. Me-time
Ditengah kesibukan, kamu juga harus menyempatkan diri untuk melakukan me-time.Sekitar 5 -- 10 menit saja tiap harinya untuk melakukan hal-hal yang kamu suka. Seperti membaca buku, menonton, melihat pemandangan dari jendela ruangan, dan hal-hal lainnya. Tapi jangan sampai kebablasan dan lupa tugasnya ya..
3. Perhatikan kesehatan
Tidak jarang juga karena sibuk dengan pekerjaan, orang akan jatuh sakit secara mental maupun jasmani. Coba perhatikan waktu tidurmu, perhatikan apa saja makanan yang dikonsumsi, cobalah lakukan sedikit olahraga,dan juga jangan terlalu memaksakan diri. Kamu harus tetap ingat kalau kesehatan itu adalah yang terpenting.
4. Miliki lingkungan yang mendukung
Saat sedang mengerjakan tugas kita kerap merasa tertekan, stres, dan mood yang jelek. Hal ini bisa dikarenakan lingkungan yang kurang mendukung. Coba cari tempat yang tenang agar kamu bisa lebih berkonsentrasi atau juga bisa dengan membuat suasana tempat kerjamu lebih santai dan nyaman.
Dukungan dari keluarga dan teman-teman disekeliling kita juga sama pentingnya dalam hal ini. Secara sadar ataupun tidak sadar, dukungan yang kita dapat akan membuat kita merasa bahwa ada orang yang peduli akan keadaan kita dan membuat mood kita lebih baik. Dengan mood yang lebih baik, akan lebih mudah bagi kita untuk menyelesaikan tugas yang ada.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H