Mohon tunggu...
Media Kreatif
Media Kreatif Mohon Tunggu... Konsultan - Pekerja Kreatif

Pekerja kreatif yang mengabdikan dirinya untuk kesuksesan digital marketing. Semua artikel kami akan membantu kamu untuk Scale Up semua jenis bisnis yang sedang dijalankan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Strategi Promosi Bisnis F&B yang Menjanjikan

13 Oktober 2022   15:04 Diperbarui: 13 Oktober 2022   15:06 690
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jika ingin punya bisnis yang perputaran modalnya cepat, bisnis food and beverage menjadi solusi tepat untuk kamu. Dikutip dari databoks, total usaha penyedia makanan dan minuman di Indonesia pada tahun 2020 berjumlah 11.223. Jumlah tersebut terdiri dari 8.042 restoran/rumah makan, 269 usaha katering dan 2.912 usaha penyedia makan minum lainnya.

Sekitar 53,85% usaha F&B berada di Mall, 11,76% berada di kawasan industri, 8,11% berada di pusat kuliner dan 22,75% berada di lokasi lainnya. Jumlah tersebut adalah data pada tahun 2020, sehingga tidak menutup kemungkinan jika saat ini jumlahnya sudah bertambah.

Kita mungkin tidak sadar jika bisnis F&B jumlahnya sebanyak itu, tetapi yang pasti promosi produk-produknya di sosial media sangat banyak. Dari brand-brand bisnis terkenal hingga brand lokal, semua menggunakan media sosial sebagai tempat promosi bisnis F&B. Dan seringkali kita mencari makanan dengan melihat-lihat akun sosial medianya, bukan?

Promosi di sosial media sangat berpengaruh dengan meningkatnya penjualan produk mereka. Itulah sebabnya pemilik bisnis F&B tidak hanya membuat restoran/warung makannya nyaman bagi pengunjung tetapi mereka juga berlomba-lomba menunjukkan tampilan yang terbaik di sosial media.

Bisnis Food and Beverage (F&B)

Bisnis F&B atau bisnis makanan dan minuman adalah bisnis yang bergerak di bidang pembuatan dan penjualan makanan-minuman. Usaha jenis ini dapat dengan mudah kita temukan di sekitar kita, misalnya warteg, rumah makan padang, cafe, restoran, hingga franchise di pinggir jalan.

Makan dan minum adalah kebutuhan pokok manusia sehingga bisnis F&B menjadi bisnis yang tidak pernah kehilangan pembeli dan perputaran modalnya pun lebih cepat. Selain itu banyak yang memilih bisnis jenis ini karena modal yang dibutuhkan tidak sebanyak jenis bisnis yang lainnya. Bahkan ada banyak bisnis sukses yang dimulai dari penjualan secara online di sosial media, dengan modal ratusan ribu saja.

Bisnis F&B menjanjikan peluang besar kepada pebisnis pemula, banyak bisnis besar yang dimulai dari menjual makanan/minuman. Hal ini karena bisnis makanan/minuman mudah beradaptasi dengan trend, setiap tahun pasti ada jenis hidangan kuliner yang baru sehingga hal tersebut bisa disesuaikan dengan trend yang ada. Misalnya saja saat booming ayam geprek, akhirnya banyak bisnis F&B yang meluncurkan menu-menu baru dengan rasa tersebut.

Selain itu dengan munculnya layanan pesan-antar melalui jasa ojek online juga menjadi peluang yang menguntungkan bagi bisnis. Tidak hanya memberikan bagi konsumen, bisnis juga bisa menekan biaya oprasional karena sebagian makanan akan diantar kepada konsumen melalui pihak ketiga. Dan adanya aplikasi ojek online juga menjadi kesempatan bagi pemilik bisnis menginformasikan menu-menunya secara lengkap.

Strategi Promosi yang Menjanjikan Bagi Bisnis F&B

Pixabay.com
Pixabay.com

1. Menggunakan Branding Healthy dan Hygienic

Saat ini masyarakat kita sudah sadar akan pentingnya kesehatan dan kebersihan, tentu kamu juga menjual makanan dan minuman yang bersih dan menyehatkan. Tetapi bagaimana caranya pelanggan tahu produk tersebut bersih dan sehat? Inilah pentingnya branding produk. Sebut saja Lemonilo yang beberapa tahun terakhir viral dengan tagline terbuat dari bahan alami dan tanpa pengawet. Kita melihat orang-orang disekitar kita berbondong-bondong membeli produk tersebut karena iming-iming menyehatkan.

Sehingga tidak ada salahnya kamu menggunakan branding makanan/minuman menyehatkan dan higenis. Atau yang saat ini sedang digembor-gemborkan juga yaitu dengan packaging yang ramah lingkungan, sehingga membuat makanan lebih sehat tanpa terkontaminasi pengaruh kimia dari plastik.

2. Daftarkan Toko pada platform pencarian F&B

Mendaftarkan toko pada platform pencarian F&B seperti gofood, grabfood, shopeefood, maxime dan semisalnya adalah strategi yang sedang ramai digunakan juga. Pasalnya masyarakat jadi lebih mudah menemukan produk kamu, dan bisa order secara langsung.

3. Menyediakan Layanan Delivery dan Take Away

Orang-orang saat ini lebih menyukai membeli makanan secara delivery atau take away. Hal ini karena mereka mengutamakan kecepatan dan efektivitas waktu. Jika ingin strategi bisnis F&B berjalan sukses, kamu harus menyediakan dua layanan tersebut agar tidak tertinggal dengan produk lain.

4. Memilih Channel Marketing yang Sesuai

Ada berbagai jenis channel marketing yang bisa digunakan untuk bisnis property, salah satunya yang paling sering digunakan dalam bisnis F&B adalah sosial media marketing. Hal ini karena promosi di sosial media dapat menjangkau masyarakat lebih luas dan lebih cepat. Hanya saja untuk pemilihan sosial media marketing ini, kamu harus mempelajari dan menerapkannya dengan baik.

5. Buatlah website

Sebuah bisnis yang mempunyai website dapat memiliki kepercayaan lebih dari pelanggan. Selain itu dengan website kamu bisa menjelaskan produk lebih lengkap dan lebih sempurna. Dan website ini dapat kamu manfaatkan sebagai toko 24 jam, sehingga pengunjung bisa melakukan pembelian secara langsung kapan pun dan di mana pun.

6. Melakukan Inovasi dan Deferensiasi Produk

Hendaknya bisnis F&B melakukan inovasi sesering mungkin karena masyarakat pada umumnya mempunyai selera yang berubah-ubah. Kecuali jika makanan yang dijual adalah makanan legendaris sehingga tanpa melakukan perubahan apapun, produk dapat terjual laris. Jadi pilihannya hanya dua, melakukan inovasi sesering mungkin seiring berkembangnya zaman atau menentukan keunikan produk agar tetap berkesan bagi konsumen meskipun zaman sudah berubah.

Pada dasarnya ada banyak strategi promosi bisnis makanan dan minuman yang bisa diterapkan, apalagi dalam promosi digital. Kamu bisa menerapkan semua strategi ini, tapi bagi pemula kamu bisa menerapkan pelan-pelan dan satu persatu.  Dan pemasaran yang paling menjanjikan adalah dengan menggunakan strategi digital marketing. Dan suksesnya strategi ini ialah dengan menampilkan informasi lengkap, menarik dan unik dan ditambah dengan tampilan produk yang menggiurkan.

Untuk mendapatkan tampilan produk yang seperti ini kamu bisa mengedit foto-fotonya agar lebih baik lagi. Tapi saat ini tidak perlu repot-repot lagi, kamu bisa menggunakan jasa kelola sosmed profesional IDmarcom agar tampilan produkmu jadi lebih menggiurkan. Tim Kreatif IDmarcom sudah berpengalaman menyulap foto produk yang biasa menjadi luar biasa. Atau jika tidak sempat memotret produk kamu IDmarcom juga menyediakan jasa branding visual, tinggal kirimkan saja produk F&B yang dipunya biar tim Kreatif yang menjadikannya sempurna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun