Mohon tunggu...
Suciningsih
Suciningsih Mohon Tunggu... Guru - Indahnya Berbagi

Menjadi Berarti dengan Berbagi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dampak Pandemi bagi Siswa Sekolah Dasar

12 Desember 2021   09:20 Diperbarui: 12 Desember 2021   09:30 483
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : pixabay.com

Pandemi COVID-19  begitu  besar  dampaknya bagi dunia pendidikan, dalam rangka memutus  rantai  penularan virus, maka   pembelajaran yang  biasanya  dilakukan  secara tatap muka di  sekolah, mengalami pergeseran menjadi belajar dari  rumah  dengan  memanfaatkan   berbagai jenis aplikasi  seperti ruang  guru, classroom,  zoom,  google  doc,  google  form, maupun melalui  whatsapp group.  Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis online mampu meningkatkan kemampuan di bidang teknologi.

Kegiatan  belajar dapat berjalan baik dan efektif sesuai dengan kreatifitas guru dalam memberikan materi dan soal latihan kepada siswa, dari soal-soal latihan yang dikerjakan oleh siswa dapat digunakan untuk nilai harian siswa. Untuk  anak  sekolah  dasar  kelas awal  (I  sampai  III) belum  dapat mengoperasikan gawai  maka  dibutuhkan kerjasama  antara  guru  dengan  orang  tua. Bagi  orang tua  yang  tidak  bisa  mendampingi  anak dalam belajar karena kesibukannya bekerja atau kegiatan lainnya, orang tua akan diberi jadwal  belajar  khusus  agar anak bisa  belajar seperti  siswa  yang  lainnya.  Jadi,  adanya kerjasama dan timbal balik antara guru, siswa, dan orang tua yang menjadikan pembelajaran daring menjadi efektif.(Juliawan et al., 2021)

Pembelajaran  daring  pada  masa  pandemi  COVID-19  memberikan  dampak terhadap  kemampuan  anak, seperti  kemampuan berpikir,  bahasa,  matematis,  teknologi,  komunikasi,  fisik,  dan  ibadah. Peningkatan   kemampuan   terbesar   terdapat   pada kemampuan  teknologi, Adanya pendampingan  orangtua,  monitor  guru,  dan strategi  penyampaian  materi  dan tugas siswa terhadap  proses pelaksanaan pembelajaran daring sangat diperlukan untuk memaksimalkan peningkatan kemampuan pada siswa serta untuk mengurangi penurunan kemampuannya.(Gularso et al., 2021)

Terdapat dampak positif dan negatif dari pembelajaran online  yang  diterapkan  oleh  setiap  sekolah  dalam menghadapi  virus  Corona. Kegiatan belajar mengajar secara online / daring memiliki efek yang bagus terhadap   pembelajaran anak  usia  SD/MI,  karena   anak   bisa mengenal dan belajar lewat online dan dapat memanfaatkan teknologi yang ada secara bijak dan lebih mengetahui bagaimana tata cara yang baik dalam menggunakan gadget atau media elektronik yang dapat membantu dalam pembelajaran online yang lainnya. Dampak  negatif  yang  lebih besar tampak dari kegiatan belajar yang seharusnya dilaksanakan secara tatap muka, namun harus dilaksanakan secara daring tidak mampu menanamkan pendidikan  yang berkarakter  sosial  serta  pendidikan  secara  online  juga dapat  menimbulkan  jiwa  anti  sosial  yakni dapat membuat  anak menjadi  nyaman dengan dunianya sendiri dan acuh dengan keadaan sekitar. Pengawasan, pendampingan, dan peran orang tua sangat sangat penting karena anak usia SD/MI sendiri yang masih sangat membutuhkan bimbingan  dalam  pelaksanaan pembelajaran berbasis online.(Risalah et al., 2020)

Dari ketiga penelitian tersebut menunjukkan bahwa pendampingan orang tua sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar anak, di samping guru sebagai sumber belajar pastinya harus mau bersahabat dengan teknologi agar mampu melakukan pembelajaran berbasis online.

Referensi :

Gularso, D., Suryantari, H., Rigianti, H.A., Martono, 2021. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Anak Usia Sekolah Dasar. J. Pendidik. DASAR Nusant. 7, 100–118. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15890

Juliawan, I.W., Bawa, P.W., Qondias, D., 2021. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti 8, 157–169. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.342

Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M.I., Cahyani, S.A., Ulfayati, Z.A., 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru dan Siswa). JIEES J. Islam. Educ. Elem. Sch. 1, 10–16. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.5

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun