Di era milenial seperti saat ini, media sosial merupakan salah satu yang berpengaruh cukup besar terhadap perilaku manusia. Media sosial menjadi sarana penyampaian pesan, informasi serta menjadi ruang budaya baru, pada satu titik bahkan mampu menjadi penentu revolusi budaya dalam suatu masyarakat. Hal ini karena pemanfaatan media sosial yang bersinggungan dengan banyak aspek kehidupan, mulai dari menyampaikan maupun mendapatkan informasi, berita atau topik terkini (trending topic) tentang gaya hidup (lifestyle), kuliner, travelling, hiburan, promosi, dan lain sebagainya.
Sejalan dengan perkembangan media sosial yang semakin canggih, kehadiran media sosial menjadikan masyarakat cenderung sadar teknologi namun kurang sadar dengan etika serta akhlak bersosial media. Hal ini dikarenakan kurangnya konten yang dihadirkan pada media sosial yang bersifat positif dan berwawasan ilmu bermanfaat, selain itu karena kecanggihan media sosial juga tidak membatasi usia maupun tempat bagi konsumennya, asalkan jaringan internet maupun gadget yang mendukung. Beragam usia, mulai dari anak-anak hingga lansia pun dapat mengakses dengan mudah media sosial dimana pun mereka berada.
Informasi yang disampaikan dalam media sosial juga beragam, hal inilah yang menjadi salah satu sumber masalah, jika pemanfaatan media sosial tidak kita pilih terlebih dahulu, informasi yang terkadang tidak kita butuhkan bahkan bersifat negatif bisa muncul melalui beranda maupun timeline media sosial kita. Oleh karena itu, dakwah hadir memasuki masyarakat melalui media sosial yang saat ini banyak digandrungi masyarakat dengan tujuan mengajak untuk lebih memanfaatkan media sosial sebagai suatu wadah saling mengingatkan dalam kebaikan, menambah ilmu pengetahuan yang bermanfaat, dan menyampaikan informasi lainnya yang bersifat positif.
Agenda dakwah
Dakwah berasal dari bahasa Arab yang berarti ajakan atau seruan, sebagaimana frasa dalam bahasa Arab yang berarti "Menyeru kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran". Islam mengajarkan dan menegaskan kepada kita untuk mengajak orang lain melakukan kebaikan.
Berdasarkan firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surah Ali 'Imran ayat 104:
 "Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung."
 Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an potongan surah Al-Maidah ayat 2:
...
"...Dan tolong-menolonglah kamu dalam (perbuatan) kebaikan dan ketakwaan, dan janganlah tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran."
 Berdakwah dengan media sosial merupakan sebuah inovasi dalam mengajak serta mengingatkan kembali untuk taat pada perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya melalui konten menarik dan informasi yang mudah dipahami. Ketika berdakwah melalui media sosial hendaknya berniat agar kebaikan yang kita lakukan dinilai hanya karena Allah SWT.