Mohon tunggu...
PempekDeHaDe.com
PempekDeHaDe.com Mohon Tunggu... Freelancer - Pempeknyo Iwak Cukuonyo Lemak

Pempek DeHaDe adalah pempek yang dibuat dengan campuran ikan tenggiri dan ikan lele.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Cara Menggunakan Tantangan TikTok untuk Memasarkan Bisnis

14 September 2020   15:45 Diperbarui: 14 September 2020   15:49 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Ingin tahu bagaimana cara mendapatkan lebih banyak eksposur untuk merek Anda di TikTok? Sudahkah Anda mempertimbangkan tantangan TikTok?

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari cara menggunakan tantangan TikTok untuk bisnis Anda.

Apa Itu Tantangan TikTok?

TikTok dengan cepat menjadi platform media sosial saat ini, dengan statistik terbaru menunjukkan aplikasi tersebut sekarang telah diunduh lebih dari 1,5 miliar kali secara global.

Dan sementara iklan TikTok masih mendapatkan daya tarik, ada banyak peluang bagi merek dari semua ukuran untuk menjalankan bentuk kampanye baru yang berpusat pada apa yang dikenal sebagai tantangan TikTok.

Jika Anda sudah lama berada di internet, Anda akan mengenali meme klasik seperti ""arrow to the knee"" (Skyrim), cereal guy, dan "Brace yourself, winter is coming", adalah beberapa diantaranya.

Tantangan TikTok terinspirasi oleh budaya meme. Meme sudah tertanam dalam pemasaran media sosial, dengan lebih banyak merek daripada sebelumnya yang ikut-ikutan meme ketika mereka melihat tren yang sedang naik daun.

Coba ingat kembali ke awal tahun ini --- apakah Anda memposting sesuatu untuk #DollyPartonChallenge ketika itu menjadi viral? 

Sebagian besar meme media sosial terdiri dari kombinasi teks dan gambar untuk menyampaikan ide atau tema, tetapi TikTok telah membawa (melanjutkan apa yang dimulai Vine) jenis meme baru: meme video.

Tantangan TikTok, baik organik maupun bersponsor, sering kali merupakan kombinasi dari tiga elemen: teks, suara, dan gerakan (biasanya tarian koreografer).

Tantangan tersebut dapat dimulai oleh individu, biasanya TikTokers atau influencer dengan banyak pengikut, atau oleh merek yang telah berinvestasi dalam iklan TikTok.

Generasi Z, demografis terbesar di TikTok, tumbuh di era keemasan internet dan memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi meme yang sedang tren dan membuatnya kembali.

Itulah yang membuat tantangan TikTok dan aplikasi TikTok begitu menarik bagi audiens yang lebih muda. Untuk merek yang ingin menarik Generasi Z, TikTok harus menjadi prioritas, dan dengan itu, TikTok menjadi tantangan.

Kekuatan pendorong di balik penciptaan tantangan yang baik adalah suara, atau elemen audio. TikTok menawarkan berbagai suara di platform untuk dipilih, serta suara khusus yang dibuat dan diunggah oleh pengguna, baik influencer maupun pengguna aplikasi sehari-hari.

Beberapa suara TikTok terbaik diambil dari film, video YouTube yang viral, dan musik (termasuk hit yang memuncaki tangga lagu dan penulis lagu indie). Video # Frozen2Challenge adalah contoh sempurna potongan suara dari film yang digunakan untuk membuat meme video TikTok.

Sekarang mari kita lihat bagaimana Anda dapat memulai dengan tantangan TikTok.

# 1: Berpartisipasi dalam Tantangan TikTok Populer yang Ada

Ada banyak tantangan TikTok organik tidak bermerek, yang dapat digunakan bisnis sebagai metode "pembajakan tren" untuk menarik pengikut dan calon pelanggan.

Sama seperti membuat ulang tantangan Dolly Parton, Anda dapat memperoleh pengaruh TikTok hanya dengan membuat video berdasarkan tantangan yang sedang tren.

Untuk menghasilkan dampak dengan tantangan TikTok organik, penting untuk memperhatikan tren yang sedang berkembang sehingga Anda dapat membuat video Anda sendiri pada waktu yang tepat.

Berikut tiga cara untuk menemukan tantangan yang sesuai dengan merek Anda:

Lihat di halaman For You: Saat Anda mendaftar untuk akun TikTok, halaman For You sudah akan diisi dengan saran untuk konten yang akan Anda sukai. Halaman ini akan berubah seiring waktu saat Anda mulai mengikuti akun, seperti halaman Explore milik Instagram.

Dengan memeriksa halaman For You secara teratur (dan memastikan untuk mengikuti influencer TikTok yang diikuti pasar target Anda) akan membantu Anda mengidentifikasi tantangan yang akan datang yang layak untuk dibuat ulang di akun bisnis Anda.

Lihat suara yang sedang tren di TikTok: Cara lain untuk menemukan tantangan TikTok yang sedang tren adalah dengan membuka bagian Suara di aplikasi. Di sini, Anda akan melihat daftar suara trending teratas. Setelah mengetuk salah satu suara, Anda akan melihat video yang telah dibuat menggunakan suara itu.

Lihat video-video yang menggunakan suara tersebut dan lihat apakah ada elemen yang sama. Perhatikan gerakan berulang seperti gerakan tarian atau trik mengedit.

Tonton kompilasi TikTok di YouTube: Jenna Marbles, bintang YouTube awal dan pencari tantangan aneh (dia mengubah rambutnya menjadi trek roda), baru-baru ini mulai membagikan kompilasi TikToknya sendiri. Jenis konten ini benar-benar menjadi tren di YouTube dan ini baru saja dimulai.

Untuk menghemat waktu sebagai profesional media sosial atau pemilik bisnis, Anda dapat melihat beberapa kompilasi TikTok teratas untuk inspirasi dan penelitian. Anda mungkin akan tertawa juga!

Tip untuk Membuat Video Tantangan TikTok Anda

Jika Anda ingin berpartisipasi dalam tantangan TikTok organik yang ada untuk meningkatkan jumlah pengikut Anda, jangan terjebak untuk selalu mengikuti konsep pertama Anda.

Ada beberapa cara berbeda untuk menafsirkan meme yang relevan dengan audiens Anda. Tugas Anda adalah memberikan opsi yang paling menghibur.

Buat daftar konsep potensial dan jalankan melalui orang-orang di tim Anda. Rekam beberapa pasangan, edit bersama-sama, dan bandingkan mereka. Pilih salah satu yang paling banyak ditonton namun tetap relevan dengan target audiens Anda.

Saat Anda merekam video tantangan TikTok Anda, ada dua cara untuk melakukannya.

Opsi pertama adalah menggunakan fungsionalitas video TikTok untuk merekam konten Anda sementara suara TikTok yang telah dipilih sebelumnya diputar melalui speaker ponsel Anda. Pendekatan ini sangat berguna jika Anda melakukan sinkronisasi bibir ke lagu atau klip film.

Pilihan Anda yang lain adalah merekam video Anda menggunakan DSLR atau kamera smartphone standar Anda.

Saya merekam pengajuan tantangan TikTok menggunakan metode ini dan merasa cukup sulit. Video tersebut membutuhkan banyak waktu untuk mendapatkan gerakan yang selaras dengan audio dari lagu Daft Punk.

Jika Anda berpartisipasi dalam tantangan TikTok organik, pastikan untuk menggunakan klip audio yang sama dengan video tantangan lainnya. Anda dapat mengetahuinya dengan melihat bagian bawah video di tagar tantangan TikTok.

Saat mengedit konten Anda, perhatikan tingkat suara dalam video asli Anda (kebisingan latar belakang). Anda tidak ingin suara TikTok tenggelam oleh orang-orang yang berbicara di latar belakang atau suara mesin yang bising.

TikTok memiliki berbagai alat pengeditan video yang memungkinkan Anda menambahkan filter, stiker, teks, dan transisi video yang akan meningkatkan kualitas video tantangan Anda secara keseluruhan.

Beberapa tantangan bahkan memasukkan efek video TikTok tertentu, seperti contoh di akhir artikel ini.

# 2: Luncurkan Sendiri Kampanye Tantangan TikTok Anda

Elemen penting dalam mengembangkan tantangan TikTok Anda sendiri adalah konteks. Meskipun ada banyak meme video lucu yang mungkin Anda buat dengan klip suara film, pastikan Anda sudah memahami konteksnya.

Misalnya, jika Anda mempromosikan produk perawatan kulit kepada wanita di Generasi Z, pertimbangkan untuk menggunakan klip musik yang menduduki puncak tangga lagu terbaru yang bertema kecantikan atau pemberdayaan wanita.

Atau buat daftar fandom dan film bertema kecantikan yang akan ditonton oleh audiens target Anda yang akan menjadi nostalgia bagi mereka.

Klip suara pendek dari konten yang ada dengan konteks industri dan audiens Anda dapat mengubah ide tantangan TikTok Anda dari "meh" menjadi "wow" dalam sekejap.

Rencanakan Kampanye Tantangan TikTok Anda

Saat merencanakan kampanye tantangan bermerek Anda, pertama-tama pertimbangkan tujuan utamanya.

Apakah Anda ingin memberi tahu target pasar bahwa Anda menggunakan TikTok sehingga Anda bisa mendapatkan pengikut? Apakah Anda berharap mendorong penjualan untuk produk baru yang Anda luncurkan?

Tentukan apa tujuan kampanye utama Anda dan metode apa yang akan Anda gunakan untuk melacak kesuksesan --- mulai dari sasaran tercapai Google Analytics hingga penggunaan total kode promosi eksklusif.

Setelah Anda menetapkan tujuan, pikirkan tentang bagaimana Anda akan mempromosikan tantangan Anda. Berikut beberapa opsi Anda:

  • Bekerja dengan TikTok secara langsung untuk mempromosikan tantangan bermerek Anda kepada massa, mulai dari $ 150.000 sehari.
  • Jalankan kampanye pemasaran influencer TikTok. Dengan pendekatan ini, Anda bekerja dengan akun yang lebih besar untuk membuat ulang tantangan TikTok Anda pada hari mempostingnya di akun merek Anda sendiri untuk menciptakan efek petir.
  • Ubah tantangan TikTok Anda menjadi kompetisi. Sebagai ilustrasi, tawarkan hadiah (atau beberapa hadiah) kepada kreator yang dipilih secara acak yang mengikuti aturan entri kompetisi Anda. Metode entri kompetisi Anda setidaknya harus memasukkan video dengan hashtag tantangan TikTok Anda. Sebelum Anda mengikuti rute kompetisi, pastikan untuk membaca pedoman promosi TikTok.

Menggunakan apa yang Anda ketahui tentang budaya meme dan apa yang telah Anda pelajari dari tantangan TikTok bermerek teratas, buat beberapa konsep berbeda untuk tantangan Anda.

Saat Anda mempersempit daftar opsi, buat ide hashtag tantangan yang berhubungan dengan pesan meme Anda.

Kiat Pro: Pastikan untuk melakukan penelitian Anda tentang TikTok sebelum menetapkan pilihan akhir hashtag tantangan TikTok Anda. Meskipun ini masih awal, ide hashtag Anda mungkin sudah diambil.

Rencanakan Konten Tantangan TikTok Anda

Sekarang setelah Anda memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang Anda harapkan dari tantangan TikTok Anda, sekarang saatnya untuk mencari tahu cara menceritakan kisah yang menghibur melalui video Anda. Anda harus langsung ke intinya dan membuat sesuatu yang berulang.

Penting untuk selalu mengingat imitasi. Jika Anda membuat tantangan Anda terlalu sulit untuk dibuat ulang oleh orang-orang (mis., Anggaran terlalu tinggi atau terlalu banyak gerakan dansa), target pasar Anda cenderung tidak berpartisipasi dalam tantangan, yang pada akhirnya mengurangi keefektifan kampanye Anda.

Untuk memvisualisasikannya, mari kita lihat tantangan TikTok organik yang menyapu platform berkat influencer dan orang biasa yang memposting video mereka sendiri yang meniru meme tersebut.

Pilih Suara TikTok

Suara tantangan TikTok Anda dapat berupa suara asli Anda sendiri atau klip suara dari bahan pokok budaya pop seperti film atau acara TV yang Anda temui di platform. Pertimbangkan film, video viral, dan lagu hit yang menampilkan kata dan frasa yang masuk akal untuk industri Anda.

Buat Koreografi Gerakan Tantangan TikTok Anda

Akan terlihat agak aneh jika tidak ada titik fokus dalam tantangan Anda. Baik itu seseorang, sekelompok orang, hewan peliharaan, atau benda mati seperti boneka beruang Haribo, Anda perlu menentukan bintang video Anda.

Jika Anda ingin tantangan Anda mudah dibuat ulang oleh orang lain dan agar benar-benar berbentuk sebagai meme video, yang terbaik adalah menjadikan titik fokus Anda sebagai individu atau sekelompok kecil yang terdiri dari dua hingga tiga orang.

Orang (atau benda mati) dalam video Anda juga perlu bergerak. Ini bisa berupa gerakan kecil atau tarian koreografer pendek. Jadilah kreatif untuk bagian ini!

Buat dan Publikasikan Video Tantangan TikTok Anda

Setelah gerakan, suara, dan konsep Anda siap, Anda siap untuk mulai merekam. Mungkin Anda butuh beberapa saat untuk mendapatkan bidikan yang sempurna, tetapi pada akhirnya akan sangat bermanfaat.

Jika Anda puas dengan video Anda (atau beberapa klip video pendek), masuklah ke alat pengeditan untuk mulai membuat karya Anda.

Meskipun Anda dapat mengedit video Anda menggunakan perangkat lunak pengeditan video profesional, tantangan Anda akan lebih dapat diterima dan terasa lebih asli dari platform jika Anda menggunakan alat pengeditan dalam aplikasi.

Anda dapat menyimpan video TikTok (dan teks video) sebagai draf hingga Anda siap untuk mempostingnya. Ketika saatnya tiba, buka bagian draf Anda dan pastikan Anda menambahkan beberapa tagar --- dan yang terpenting, tagar tantangan TikTok Anda! Lalu tap Posting.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, TikTok menghadirkan peluang menarik bagi merek yang ingin terlibat dan menarik audiens Generasi Z. Aplikasi ini terus tumbuh dalam popularitas secara global dan merupakan platform yang dapat membantu Anda mendapatkan relevansi dengan konsumen generasi berikutnya.

Sekarang setelah Anda tahu apa itu tantangan TikTok dan berbagai cara Anda dapat terlibat sebagai merek, mulai dari tren mendongkrak hingga menjalankan kampanye iklan, Anda siap untuk mulai membuat konten di TikTok.

Bagaimana menurut anda? Jenis tantangan apa yang telah diikuti bisnis Anda? Apakah Anda akan membuat tantangan sendiri? Bagikan pemikiran Anda di komentar di bawah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun