Mohon tunggu...
PempekDeHaDe.com
PempekDeHaDe.com Mohon Tunggu... Freelancer - Pempeknyo Iwak Cukuonyo Lemak

Pempek DeHaDe adalah pempek yang dibuat dengan campuran ikan tenggiri dan ikan lele.

Selanjutnya

Tutup

Money

Tips Menjual Makanan secara Online dan Melalui E-Commerce

1 September 2020   20:00 Diperbarui: 1 September 2020   19:58 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Booth Pempek DeHaDe | dokpri

Penjualan makanan online adalah sektor ecommerce yang berkembang, karena pelanggan secara bertahap menjadi lebih percaya diri dengan belanja online dan mulai mengandalkannya untuk toko mingguan mereka.

Konsumen menjadi semakin canggih dan menuntut makanan dan bahan yang tidak biasa, yang dapat diberikan oleh internet kepada mereka. Ada juga peningkatan dalam infrastruktur rantai pasokan, yang berarti lebih mudah untuk membawa makanan segar ke depan pintu rumah orang-orang. Bahkan ada pembicaraan tentang pengiriman pempek dengan pesawat drone!

Namun menjual makanan melalui internet menghadirkan serangkaian tantangan unik. Orang terbiasa melihat makanan mereka sebelum membelinya, dan mengunjungi tempat dari mana makanan itu diperoleh.

Penjual makanan online kehilangan keuntungan karena dapat menjual makanan mereka menggunakan bau, sampel, dan menampilkan makanan di kehidupan nyata. Masalah ini perlu ditangani untuk memenangkan kepercayaan pelanggan secara online.

Kabar baiknya adalah pelanggan mungkin siap membayar lebih untuk menerima makanan buatan tangan untuk mereka (seperti kue yang dipersonalisasi) atau makanan yang sangat tidak biasa atau khusus (seperti makanan laut segar).

Ini bisa berarti Anda dapat mengenakan biaya premium untuk memberikannya kepada mereka. Ingatlah bahwa menjual produk yang dapat dimakan secara online adalah bisnis yang mahal, karena mahalnya biaya pengemasan dan pengiriman cepat.

Pastikan Anda menghitung harga dengan hati-hati agar bernilai saat Anda.

Pentingnya Fotografi

Jika Anda menjual makanan secara online, sangat penting bagi Anda untuk menawarkan foto yang benar-benar bagus agar makanan tersebut terlihat menarik dan lezat.

Foto adalah hal utama yang akan menjual produk Anda, jadi pastikan Anda mendapatkan produk yang sangat menarik. Mempekerjakan seorang fotografer profesional umumnya merupakan biaya yang akan terbayar sendiri dalam jangka panjang.

Jika Anda menangani fotografi sendiri, pertimbangkan untuk berinvestasi di studio kecil, dengan pencahayaan yang bagus, karena ini benar-benar dapat membantu mempengaruhi pembeli.

Saat ini, banyak situs e-niaga menggunakan apa yang dikenal sebagai fotografi 'gaya hidup'. Ini berarti menampilkan item yang akan dijual di lingkungan umum tempat item tersebut akan digunakan, mungkin menggunakan beberapa properti yang tidak terlalu mengganggu.

Misalnya, jika Anda menjual roti panggang rumahan secara online, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memotretnya di papan tempat memotong roti, di samping pisau roti. Ini bukan hanya pilihan mode; ini sangat membantu pelanggan Anda memahami skala barang yang mereka beli.

Kepercayaan

Keyakinan adalah aspek yang sangat penting dalam hal belanja makanan online. Bagaimana Anda memberikan kepercayaan kepada pelanggan terhadap produk Anda? Ada banyak cara untuk melakukannya secara online. Berikut ini beberapa ide:

  • Transparan sepenuhnya tentang bahan dan proses persiapan
  • Tampilkan penghargaan atau sertifikasi kebersihan makanan apa pun secara mencolok di situs
  • Menjelaskan tentang proses pengiriman dan bagaimana makanan Anda dilindungi saat transit dan bagaimana harus disimpan pada saat kedatangan
  • Tambahkan testimonial pelanggan ke situs Anda dan tampilkan ulasan dengan jelas (bukan hanya yang bagus)
  • Menggunakan perusahaan pelayaran yang andal
  • Berkomunikasi dengan pelanggan Anda dengan baik dan cepat, terutama jika ada penundaan atau kekhawatiran lain tentang pesanan mereka

Kecepatan

Makanan adalah produk dengan tingkat perputaran yang tinggi dan pelanggan berharap untuk menerimanya dengan sangat cepat. Hal ini terutama berlaku untuk barang segar yang mudah rusak.

Anda perlu memilih mitra pengiriman makanan dengan sangat hati-hati dan membuat keputusan tentang siapa yang akan menangani layanan pelanggan seputar pengiriman - Anda atau mereka?

Pastikan Anda berkomunikasi dengan sangat jelas dengan pelanggan tentang pengiriman mereka. Misalnya, jika makanan tidak muat melalui kotak surat, seseorang harus masuk untuk menerimanya, jadi mereka perlu tahu kapan makanan itu akan tiba.

Jika pelanggan memesan makanan untuk acara khusus, maka mereka membutuhkannya untuk datang tepat waktu. Bersikaplah transparan tentang kapan mereka dapat mengharapkan pengiriman dan memungkinkan opsi bagi mereka untuk membayar ekstra untuk pengiriman pada waktu tertentu.

Pengemasan

Sangat penting untuk mendapatkan kemasan makanan yang benar, sehingga terlihat menarik dan mengkomunikasikan nilai merek Anda, tetapi juga agar makanan dilindungi saat transit.

Kemasan makanan Anda mungkin perlu diperbarui untuk mengatasi permintaan pengiriman, dan Anda mungkin terkejut dengan biaya yang dikeluarkan untuk ini.

Jika Anda tidak yakin bagaimana harga paket Anda di pos, maka mudah untuk mengujinya - cukup kirimkan paket ke diri Anda sendiri dan lihat statusnya. Lakukan ini beberapa kali jika Anda mengganti perusahaan pengiriman.

Tempat Menjual

Pertimbangkan di mana Anda ingin menjual makanan Anda secara online. Banyak toko mengambil pendekatan untuk membuat situs web mereka sendiri yang dapat dibeli orang.

Keuntungannya adalah Anda memiliki kendali penuh, Anda dapat mengakses semua informasi pelanggan seperti bagaimana mereka menemukan Anda secara online, dan Anda dapat mengontrol harga.

Tetapi Anda juga memiliki opsi untuk menjual melalui pasar online atau melalui platform ritel lainnya. Misalnya, Amazon.co.uk melakukan perdagangan yang berkembang dalam sereal sarapan Amerika yang dijual dengan harga premium kepada pelanggan di Inggris.

Amazon adalah merek yang sangat dipercaya pelanggan, jadi ini cara yang baik untuk mencapai kredibilitas online. Situs lain seperti Ebay dan Etsy tidak terkenal dengan penjualan makanan, meskipun ada beberapa penjual yang menjual makanan melalui pasar ini.

Mungkin ada pasar khusus lain untuk jenis produk Anda. Misalnya, situs souschef.co.uk mengambil bahan-bahan yang sulit ditemukan, seperti rempah-rempah eksotis, untuk juru masak rumahan yang canggih.

Mungkin ada baiknya Anda menjelajahi jika ada situs khusus yang serupa untuk jenis makanan yang Anda jual, karena ini akan membantu Anda mengakses khalayak luas dengan cukup cepat.

Hukum

Ada sejumlah aturan dan regulasi yang memengaruhi penjualan makanan. Di bawah peraturan UE Anda perlu mencantumkan hal-hal seperti alergen dalam daftar bahan Anda, dan memiliki tanggal penggunaan pada kemasan Anda.

Lihat undang-undang yang relevan untuk pasar Anda dan pastikan Anda mematuhi aturan. Selain mencantumkan informasi penting pada kemasan Anda, Anda juga harus mencantumkan hal-hal seperti bahan-bahan pada daftar situs web untuk produk itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun