Proram tersebut melibatkan seluruh pedagang yang tersebar di delapan pasar tradisional Kota Cirebon. Pada praktiknya, Pasar Rakyat Online tersebut mengarahkan pembeli tetap diam di rumah saja, tanpa harus berkunjung ke lokasi pasar.
Adapun kebutuhan pembeli nanti akan dikirim langsung ke rumah. Di masing-masing pasar sudah menyediakan saluran hotline. Dimana pembeli bisa menghubungi saluran hotline pasar yang dituju, dan bisa menyampaikan bahan apa saja yang diperlukan, serta biasa membeli di kios milik siapa.
Pasar tradisonal yang sudah menyiapkan saluran hotline, yakni Pasar Kramat (08522041866), Pasar Pagi (08122328026), Pasar Gunungsari (081564626684), Pasar Kanoman (082316460006), Pasar Drajat (082121145552), Pasar Harjamukti (081388067573), Pasar Jagasatru (081320475866), dan Pasar Perumnas (082139718100). Masyarakat tinggal menghubungi pasar yang terdekat dari lokasi rumah.
Masyarakat tidak perlu bingung, sebaliknya pedagang pun jangan khawatir. Transaksi jual beli seperti biasa. Pembeli dan pedagang yang sudah saling berlangganan tetap terhubung. Pembeli tinggal pesan barang apa saja, biasa beli di kios siapa, serta sebutkan jumlah besaran yang akan dibeli
Bedanya, sebelum ada kebijakan physical distancing, pembeli harus mendatangi langsung langganannya di pasar. Saat ini, pembeli tinggal kontak dari rumah ke saluran hotline, pesanannya akan disampaikan ke pedagang, dan barangnya akan dikirim ke rumah.
Mungkin di awal-awal pelaksanaan, baik pembeli dan pedagang agak bingung karena belum terbiasa. Namun program Pasar Rakyat Online ini dimaksudkan, sebagai dukungan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona. Di mana lokasi pasar termasuk rawan penyebaran virus corona karena sering terjadi kerumunan massa dalam jumlah besar.
"Kalau benar-benar jalan, program Pasar Rakyat Online ini memang meringankan pembeli. Saya jadi tidak perlu capek-capek datang ke pasar. Tinggal bilang beli beras 5kg, biasa di warung si A. Cuma saya belum tahu, apakah harganya nanti berbeda? Tapi kayanya pasti beda ditambah dengan ongkos kirim," ujar Ibu Denok yang biasa belanja di Pasar Perumnas.
Ibu Susi yang biasa belanja di Pasar Gunungsari mengaku masih ragu dengan pelaksanaan Pasar Rakyat Online. Pembeli yang ke pasar jumlahnya banyak, terus kalau pesan lewat hotline, apakah bisa terlayani dengan cepat.