Mohon tunggu...
Anwar Effendi
Anwar Effendi Mohon Tunggu... Jurnalis - Mencari ujung langit

Sepi bukan berarti mati

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Yang Sedang Pacaran, Hati-Hati Memasuki Gua Ini

17 Maret 2020   14:33 Diperbarui: 17 Maret 2020   19:01 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
wisatawan berfoto di latar muka Goa Sunyaragi | dokpri

Mendengar kata gua (goa), pikiran kita pasti membayangkan hal-hal yang seram. Memasuki entah goa yang terbentuk dari alam atau gua buatan, selalu saja ada rasa berdebar.

Wajar mengalami hal tersebut. Biasanya, kondisi gua selalu gelap. Pengunjung yang masuk harus membawa lampu penerangan. Biasanya, pemandu wisatawan menyewakan lampu senter, sebagai bekal menelusuri gua.

Tapi jauhkan dulu kesan menakutkan, kalau kita berkunjung ke Gua Sunyaragi Kota Cirebon. Wajah baru Gua Sunyaragi sekarang lebih familier. Penataan secara menyeluruh, membuat pengunjung betah berlama-lama di kawasan Gua Sunyaragi.

Dulu Gua Sunyaragi, namanya sempat menasional, dengan seringnya digelar pentas tari kolosal. Itu berkat dukungan sejumlah tokoh nasional, yang ingin seni tradisional di kawasan Cirebon dan sekitarnya terangkat ke level internasional.

Salah satu upaya penataan Gua Sunyaragi, yakni dengan dibangun panggung budaya. Panggung tersebut dimaksudkan untuk mewadahi kegiatan para seniman lokal.

Tribun (tempat duduk) penonton untuk menikmati sendratari di panggung budaya Sunyaragi | dokpri
Tribun (tempat duduk) penonton untuk menikmati sendratari di panggung budaya Sunyaragi | dokpri
Bahkan untuk mendukung kemegahan Gua Sunyaragi, dibangun pula fasilitas Pusat Jajan Segala Ana (Pujagalana). Di tempat itu, pengunjung bisa menikmati segala macam makanan dan minuman khas Cirebon.

Namun seiring waktu, pengelolaan Gua Sunyaragi seperti tidak terurus. Fasilitas di panggung budaya banyak yang rusak. Area sekitar panggung budaya lebih banyak ditumbuhi ilalang.

Lebih parah lagi, Pujagalana yang sempat jadi tempat tongkrongan warga Cirebon hingga larut malam, lambat laun jadi sepi. Lama kelamaan, para pedagang di sana memilih cabut, tidak melanjutkan usaha.

Pujagalana jadi tempat yang tidak bertuan. Lokasi tersebut jadi tempat yang menyeramkan. Setelah rata dengan tanah, tumbuhlah pohon-pohon liar. Pengunjung pun jadi agak malas untuk datang ke sana.

Kini Gua Sunyaragi menampilkan wajah baru. Panggung budaya Gua Sunyaragi, asyik untuk nongkrong-nongkrong lagi. Dari situlah pintu masuk bagi wisatawan. Loket pembelian tiket masuk ada di sisi kiri.

Pada hari-hari biasa, pengunjung dikenakan harga tiket senilai Rp 10.000,00. Harga akan berubah di akhir pekan, menjadi Rp 20.000. Rombongan wisatawan juga bisa menggunakan jasa pemandu, dengan biaya Rp 50.000,00.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun