Mohon tunggu...
Peggy Kartika Sari
Peggy Kartika Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan Mahasiswa Universitas Airlangga Semester 1

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Layanan Kesehatan di Klinik: Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas kenyamanan pasien

8 Januari 2025   11:44 Diperbarui: 8 Januari 2025   11:35 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Dalam sistem kesehatan masyarakat, pelayanan di klinik sangat penting karena sering menjadi tempat pertama pasien untuk perawatan medis baik untuk pemeriksaan rutin, pengobatan ringan, maupun konsultasi dengan dokter. Oleh karena itu, kualitas pelayanan di klinik harus dijaga dan ditingkatkan, agar pasien merasa nyaman dan puas. Pengalaman positif di klinik dapat membangun kepercayaan pasien terhadap tenaga medis dan meningkatkan kepatuhan mereka terhadap pengobatan, yang akhirnya berkontribusi pada hasil kesehatan yang lebih baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan di klinik ,yaitu:

1. Ketersediaan tenaga medis yang berkualitas.

Untuk berinteraksi dengan pasien secara profesional, dokter, perawat, dan staf medis lainnya harus memiliki kompetensi yang baik serta keterampilan komunikasi yang efektif. Keahlian ini sangat penting untuk memberikan diagnosa yang akurat dan meresepkan pengobatan yang tepat.

2. Ketersediaan dan kualitas peralatan medis:

Klinik yang memiliki peralatan medis yang canggih dan terawat dengan baik lebih cenderung menyediakan layanan yang lebih baik dan efektif. Alat yang tepat dapat mempercepat diagnosis dan perawatan.

3. Manajemen dan prosedur administratif:

Pengalaman pasien sangat dipengaruhi oleh sistem manajemen yang baik, yang mencakup manajemen jadwal pasien, pengaturan antrian, dan prosedur administrasi yang lancar. Proses yang efisien mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kepuasan pasien.

4. Kebersihan dan kenyamanan lingkungan klinik:

Kebersihan di ruang perawatan, ruang tunggu, dan fasilitas klinik sangat penting untuk menciptakan suasana yang nyaman bagi pasien. Suasana yang bersih akan meningkatkan kepercayaan pasien terhadap kualitas layanan.

5. Ketersediaan obat dan fasilitas pendukung lainnya:

Ketersediaan obat-obatan yang dibutuhkan dan fasilitas pendukung seperti laboratorium, apotek, serta radiologi juga mempengaruhi kelancaran pelayanan medis yang diberikan kepada pasien.

6. Waktu tunggu:

Waktu tunggu yang lama dapat menurunkan kualitas layanan, pasien cenderung lebih puas jika layanan diberikan dengan cepat dan tepat waktu. Klinik yang memiliki sistem untuk meminimlkan waktu tunggu pasien akan memiliki pengalaman pasien yang lebih baik.

7. Harga layanan dan aksesibilitas:

Persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan dapat dipengaruhi oleh harga yang wajar dan transparan. Faktor lain yang penting adalah jam operasional yang fleksibel dan lokasi klinik yang mudah dijangkau.

8. Sistem pencatatan dan dokumentasi:

Pelayanan yang lebih cepat dan akurat dapat diberikan melalui penggunaan sistem pencatatan medis yang baik dan terstruktur. Rekam medis pasien dapat disesuaikan dengan perawatan jika tenaga medis memiliki dokumentasi yang baik.

Untuk terus meningkatkan kualitas dan kenyamanan, klinik perlu melakukan evaluasi berkala terhadap layanan yang diberikan. Feedback dari pasien, baik dalam bentuk survei kepuasan atau melalui media sosial, dapat menjadi bahan pertimbangan untuk perbaikan. Dengan demikian, klinik dapat terus berkembang dan memberikan pelayanan terbaik bagi pasien. Secara keseluruhan, pelayanan kesehatan di klinik yang berkualitas dan nyaman akan menciptakan hubungan yang harmonis antara pasien dan penyedia layanan kesehatan. Pasien yang merasa dihargai dan diperhatikan dengan baik cenderung lebih patuh terhadap saran medis, yang pada gilirannya akan meningkatkan tingkat kesembuhan dan kesehatan mereka. Oleh karena itu, meningkatkan kualitas dan kenyamanan pelayanan di klinik adalah langkah penting dalam mewujudkan sistem kesehatan yang lebih baik.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun