Mohon tunggu...
Ade  Mahniar
Ade Mahniar Mohon Tunggu... Freelancer - Pecahan Biasa

Penikmat sastra dan aroma pensil warna. Sedang dekat dengan mate[MATI]ka. Enthusiast in Educational Technology.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teknologi untuk Pendidikan

7 Januari 2021   01:41 Diperbarui: 7 Januari 2021   01:46 346
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber buku dari Besmart UNY/dokpri

Judul: Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan

Penulis: Prof Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D.

Penerbit: UNY Press

Tebal: viii+95

Terbit: Edisi Pertama, Oktober 2017

ISBN:978-602-5566-11-0

Abad 21 ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi. Teknologi yang mudah diakses membuat pembelajaran tidak lagi terkungkung dalam ruangan kelas, melainkan bisa diakses lewat jaringan menggunakan perangkat komputer atau ponsel. 

Pendidikan sebagai bagian dalam perkembangan teknologi berupaya menghadapi tantangan zaman dengan menghadirkan terobosan-terobosan baru, khususnya untuk menghasilkan media yang dapat memberikan pengalaman belajar interaktif. Pembelajaran seperti pada platform ruang guru dan zenius, hingga berbagai aplikasi edukasi yang sering kita lihat adalah beberapa contoh penggunaan teknologi untuk pendidikan.

Buku Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan karya Prof. Herman Dwi Surjono adalah salah satu buku yang juga membahas penggunaan multimedia untuk pembelajaran. Sesuai dengan tujuan ditulisnya buku ini, akan sangat berguna bagi tenaga pendidik sebagai acuan dalam merancang multimedia pembelajaran interaktif (selanjutnya disingkat MPI).

Buku ini terdiri dari lima bab dengan pokok bahasan yang berbeda. Materi pada buku ini berangkat dengan penjelasan awal tentang konsep multimedia yang meliputi pengertian, elemen-elemen, penyajian, alat hingga distribusi dan pemanfaatan multimedia. Pada Bab 2 buku ini membahas prinsip-prinsip multimedia pembelajaran yang meliputi dasar teori, prinsip dan aspek multimedia pembelajaran. 

Jika pada Bab 1 dan 2 buku ini menjelaskan seputar konsep dan prinsip multimedia, di Bab selanjutnya akan dijelaskan lebih mendalam terkait pengertian MPI, level interaktivitas, strategi penyajian, cara meningkatkan motivasi dalam MPI, serta komponen yang ada dalam MPI. Selanjutnya pada Bab ke 4 membahas tentang model pengembangan MPI, sedangkan di Bab 5 telah masuk pada bahasan evaluasi multimedia yang meliputi  kriteria kualitas MPI, evaluasi formatif, dan evaluasi sumatif..

Dijelaskan secara runut dengan bahasa yang mudah dipahami serta terdapat ringkasan di setiap Bab, sangat membantu para pembaca pemula yang tertarik dengan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Hanya saja memang tidak bisa dipungkiri terdapat bagian yang kurang detail penjabarannya seperti pada Bab 1 terkait alat dalam multimedia, perlu dijelaskan fitur-fiturnya sekilas agar pembaca bisa memahami penggunaan fitur tersebut dengan sekali baca. 

Pada Bab 3 juga akan lebih baik jika penulis menambahkan detail contoh berupa gambar dari setiap elemen. Begitu juga di Bab 4, jika mengacu pada teori desain pesan pembelajaran, penulis bisa menambahkan tabel sebagai pelengkap yang bisa membandingkan secara jelas model-model yang disebutkan sehingga pembaca bisa dengan mudah memahami perbedaan langkah antar model pengembangan.

Secara garis besar, materi pada buku ini dari segi penguatan konsep sudah jelas. Namun ada satu hal yang paling terlihat, menandakan bahwa buku ini sudah lumayan lama yaitu contoh alat-alat yang dijabarkan dalam membuat multimedia. Terdapat salah satu tools yang sudah expired penggunaannya yaitu Adobe Flash. 

Seperti yang dilansir di halaman convesia.com bahwa Adobe tidak lagi memberikan dukungan untuk Flash Player setelah 31 Desember 2020, dan pengguna disarankan untuk menghapus program tersebut dari komputer untuk mengamankan sistem sebelum pemblokiran 12 Januari 2021. Hal ini tentu sangat mengagetkan karena tools yang banyak disarankan dalam pembuatan MPI adalah Adobe Flash. Barangkali perlu dilakukan pembaharuan lagi terkait penjabaran authoring tools dengan menambahkan contoh tools yang sesuai dengan perkembangan tahun terbaru, karena teknologi berkembang sangat cepat akan melahirkan tools yang lebih mutakhir dan menenggelamkan tools yang lama.

- Ade Mahniar (Mahasiswa Pascasarjana UNY 2020)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun