Pemerintah sering menargetkan sekian juta wisatawan, kemudian mengambil perbandingan dari negara jiran, seperti Malaysia dan Singapura. Kawasan mereka lebih kecil, namun mampu menampung jauh lebih banyak wisatawan daripada Indonesia. Tujuan wisata sebenarnya sangat tidak berbanding jauhnya dengan Indonesia, makanan, budaya, tempat, dan aneka pilihan berkunjung bisa ditemui di Indonesia. Tidak heran Malaysia karena tidak memilikinya, mengambil begitu saja apa yang Indoneisa miliki.
Sudahkah kita memberikan keramahan yang semestinya bagi wisatawan?
1.Aneka tiket dan retribusi
Tiket dan pembayaran yang banyak, tiket masuk, parkir kendaaraan, belum lagi kalau harus ke WC umum, masih harus bayar. Perlu pemikiran penyederhanaan sistem pembayaran sehingga tidak terlalu banyak pengeluaran yang tidak berguna. Salah satunya adalah WC umum sebagai sarana umum, tidak perlu membayar. Parkir kendaraan yang mahal sedangkan tidak ada fasilitas, keamanan, pengatur, dan kadang jauh, jelek lagi.
2.Penjual/asongan yang memaksa
Penjual biasanya memang masyarakat setempat bisa dibina agar sopan, bahkan menjadi pioner untuk promosi, bukan dibiarkan yang kadang mengganggu. Memang sudah banyak kawasan yang melarang mereka berjaualan, namun ini juga tidak bijak ketika masyarakat sekitar hanya menjadi penonton kemewahan yang ada di depan matanya sendiri.
3.Sampah yang dominan daripada keindahan
Hampir semua tempat banyak seklai sampah, sampah di darat, dari bekas bungkus dari pengunjung, sampah udara di mana banyaknya iklan yang tidak tertata dengan baik, apalagi kalau itu pantai, tidak perlu disebut lagi, kekotorannya.
4.Minim petugas
Petugas sangat penting baik untuk membantu memberikan penjelasan, pengamanan, pengawasan. Sering ada petugas minta bayar lagi. Petugas resmi yang tidak memungut upeti menjadi bagian penting pariwisata modern tentunya.
5.Minim fasilitas modern
Internet seolah telah menjadi dewa manusia modern, berlibur dan berbagi tentu menjadi satu kesatuan manusia zaman ini, saluran internet mendedak untuk mempromosikan wisata secara langsung, melalui media sosial oleh para pelancong.
6.Persaingan usaha yang perlu pembinaan
Soal warung makan yang menaikan harga dengan semena-mena, menu basi, dan pemaksaan, serta rendahnya keramahan. Pembinaan penting bagi peningkatan daya saing dan meningkatkan pendapatan tanpa merugikan. Demikian juga harga-harga kerjainan khas yang dijual, bukan harga asal saja, namun harga bersaing, alangkah lebih baik ada keseragaman harga dengan barang yang sama.
Perbaikan demi perbaikan tentu akan membawa wisata Indonesia menjadi tujuan utama, bukan untuk narkobanya saja.
Salam Damai
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H