Mohon tunggu...
Paulina Sihaloho
Paulina Sihaloho Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Aku pelajar SMA Bintang Timur, Pematang Siantar. Aku menulis untuk mengasah dan mempertajam pikiran, serta menjadikan hidupku lebih baik dari hari ke hari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Apa Yang Membuat Anak Sekolah Itu Tidak Kreatif?

28 Oktober 2024   10:48 Diperbarui: 28 Oktober 2024   11:11 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                      (https://www.youtube.com/watch?v=HgQlQgoZvL8)


Sebelum Saya Masuk Sekolah. 

Saya pun baru sadar ketika melihat foto-foto saya pada waktu kecil, usia sebelum masuk PAUD. Foto-foto itu kembali mengingatkan saya bagaimana salah satu kebiasaan saya pada masa-masa itu: Bertanya bertanya bertanya. Setiap hari, itulah salah satu pekerjaan saya: bertanya.

Apa saja saya tanyakan terutama pada mamak dan bapak. Mereka berusaha menjawab setiap pertanyaan saya. Iya, berusaha. Kadang mereka senyum atau tertawa saja karena mungkin mereka tidak bisa jawab atau mungkin pertanyaan-pertanyaan itu lucu dan aneh.

Dari foto-foto itu jelas saya bisa melihat bahwa saya memiliki ragam ekspressi mulai dari senang, sedih, menangis, antusias, penuh semangat, dst.

Setelah Saya Masuk Sekolah

Ya ampun, saya sempat merinding mengetahui betapa berbeda saya sekarang dengan ketika saya masih belum masuk sekolah. Perbedaan yang membuat saya merasa begitu adalah perbedaan sikap terhadap kehidupan.

Kenapa ketika saya kecil saya merdeka menjadi diri saya sendiri? Saya merdeka mengekspressikan diri saya. Saya merdeka mempertanyakan apa saja. Tak ada batasan dan tak ada larangan.

Orang tuam keluarga atau orang-orang di sekitar saya tak ada yang melarang saya bertanya. Mereka sedapat mungkin menjelaskan kepada saya jawaban-jawaban dari segala macam pertanyaan yang saya ajukan.

Kenapa setelah saya masuk sekolah, bahkan sejak PAUD, sejak itu sampai sekarang, saya berada di bangku SMA, saya tak lagi mempunyai kebiasaan bertanya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun