TUGAS AKHIR
MATA KULIAH PENGGANGGARAN DAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN
PROFIL DAN PROSES BISNIS UMKM BOBBATIME
KELOMPOK 1
Asih Purwo Kentari2019017033
Angelina Elda       2019017055
Isa Rahmawati Andini 2019017056
Paulina A Banul     2019017071
BAB I
HASIL WAWANCARA
Profil UMKM Bobbatime
Website : Â https://www.bobatimeindonesia.com/
Industri : Jasa Penyedia Makanan dan Minuman
Ukuran perusahaan : 201-500 karyawan
Kantor Pusat : Pesanggrahan, Jakarta
Jenis : Perseroan Tertutup
Tahun Pendirian : 2019
Spesialisasi : Food & Beverages, Drink, Food
Produk Bobbatime memiliki tekstur boba yang kenyal dengan paduan rasa spesial, menghasilkan pengalaman ngeboba yang membuat ketagihan. Bobbatime berkomitmen menyediakan produk minuman yang berkualitas premium dengan memberikan pelayanan yang baik dan profesional untuk para pecinta minuman boba. Pilihan bahan baku terbaik akan menjadikan Bobbatime memiliki produk yang unggul dengan rasa yang nikmat bagi penikmat minuman boba.
Bobbatime melakukan riset mengenai produk minuman boba yang disukai banyak orang. Komitmen produk minuman Bobbatime adalah menjadi produk yang disukai banyak orang, akhirnya Bobbatime membuka Kemitraan Minuman Boba dengan tujuan memberikan kesempatan kepada calon mitra untuk berwirausaha dengan minuman boba. Saat ini Outlet Bobbatime sudah mencapai 80 gerai.
Proses Bisnis
Bentuk usaha
Minuman boba di Indonesia sangat digemari sejak lama oleh banyak orang  mulai  dari  anak--anak, remaja hingga orang tua. Mereka menyukai minuman boba karena selain rasanya yang enak dan minuman ini juga relatif ramah dikantong. Hal ini membuat segmen market bisnis minuman boba sangat luas dan permintaan masyarakat juga terus meningkat. Dapat dikatakan, peluang ini menjadi salah satu bisnis yang bagus untuk dijadikan investasi jangka panjang yang menguntungkan.
Bobbatime membuka peluang usaha kemitraan dengan tujuan mempermudah orang dalam berinvestasi dan menjalankan bisnis minuman boba kekinian. Bobbatime menghadirkan konsep marketing yang jelas, produk--produk favorit, dukungan bisnis terbaik dan inovasi yang berkelanjutan. Merek Bobbatime juga merupakan pelopor sekaligus satu--satunya brand boba yang mengkampanyekan jam boba nasional yaitu pukul 2 siang hingga 3 sore. Tentu, kampanye itu akan membuat mitra Bobbatime menjadi lebih mudah untuk menjalankan bisnis yang profitable.
Produk
Produk terpopuler yang ada di Bobbatime Indonesia:
Premium Choco Boba Milk.
Brown Sugar Boba Milk.
Ovaltine Boba Milk.
Dalgona Milo.
Cookies & Cream Boba Milk.
Selain beberapa minuman ini Bobbatime juga menyediakan beberapa topping yang populer di The Bobbatime Indonesia seperti :
Topping Cheese Foam.
Topping Boba Pearl
Topping Oreo Crumb.
Topping Egg Pudding.
Topping Popping Yoghurt.
Strategi
Boba atau bubble biasanya dijadikan topping untuk minuman kekinian seperti milk tea, thai tea, coklat, dan minuman berbahan dasar susu lainnya. Minuman boba saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi kaum muda di manapun berada. Bobbatime menyajikan minuman boba dengan harga yang relatif terjangkau. Pemilik dari Bobbatime, Rian, mengatakan satu alasan kenapa dia berani menjual minuman boba dengan harga yang sangat terjangkau. Menurutnya, di tengah maraknya produk serupa, Bobbatime ingin menjadi alternatif minuman yang bisa dinikmati semua kalangan tanpa harus membayar mahal tapi dengan kualitas dan rasa yang enak. Seperti yang sudah disebutkan, Bobbatime memiliki banyak varian yang ditawarkan, mulai dari milk tea base, sampai terdapat menu andalan Brown Sugar Boba Milk Tea tea yang cukup menjadi favorit.
Minuman yang terdiri dari susu segar dengan selai coklat yang menggugah selera, dilengkapi boba kenyal khas Bobbatime ini pun bisa langsung diminum hanya dengan membayar Rp15.000 saja. Saat ini Bobbatime sudah memiliki 80 gerai yang kini berdiri untuk menawarkan menu-menu andalan mereka. Penambahan gerai itu ternyata membuat penjualan dari minuman Bobbatime terus meningkat. "Boba Time sekarang ada 80 toko, sehari sekitar 40.000 sd 50.000 cup yang laku".ujar Rian sang pemilik Bobbatime.Dikutip dari Suarakarya.id; yang di tulis oleh Gungde Ariwangsa SH.
BAB II
LATAR BELAKANG MASALAH
Seiring berjalannya waktu banyak sekali perubahan gaya hidup pada masyarakat Indonesia. Saat ini kita sering menikmati sajian minuman dengan beragam varian rasa dengan tambahan topping yang menjadikan minuman tersebut nikmat sekaligus menarik. Minuman populer ini biasa disebut dengan bubble drink (minuman boba). Minuman   boba   merupakan   salah satu   jenis   minuman   kekinian   yang   banyak bermunculan  di  tengah masyarakat Indonesia sejak beberapa tahun  terakhir. Minuman boba pertama kali ditemukan pada tahun 1980 di Taiwan berupa zhen zhu nai cha, bahan dasar untuk membuat minuman ini adalah teh, susu, maupun jus yang mempunyai cita rasa yang manis. Bubble drink biasa disajikan dengan kondisi dingin dengan topping Bubble pearls yang mengendap di bagian dasar gelas. Bubble pearls atau yang biasa disebut Boba ini terbuat dari tepung tapioka dan biasanya berwarna hitam atau cokelat.
Boba yang biasa dijadikan topping untuk minuman seperti milk tea, thai tea, coklat, dan lain-lain menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang, terutama kaum milenial. Muda-mudi pun rela antre demi merasakan racikan khas Taiwan ini. Permintaan akan minuman kekinian ini pun kian meningkat. Melihat permintaan dan pasar yang masih cukup tinggi, The Bobbatime Indonesia, yang notabene didirikan anak bangsa serta mendobrak kualitas dan harga pasaran di Indonesia, mencoba memanfaatkan hal tersebut dengan memperluas pasar melalui kerja sama kemitraan.
Awalnya Bobbatime hadir dari kecintaan terhadap minuman boba yang sudah popular di negaranya yaitu Taiwan sebelum masuk ke Indonesia. Bobbatime sendiri memiliki dua arti pada kata Bobbatime yaitu Boba sebagai nama brand dan Time sebagai waktunya minum boba. Bobbatime sendiri berdiri sejak tahun 2019 dan sejak itu banyak orang yang tahu mengenai produk minuman Bobbatime. Produk minuman Bobbatime memiliki tekstur boba yang kenyal dengan paduan rasa minuman nikmat akan menghasilkan pengalaman ngeboba yang nagih. Â Bobbatime merupakan Brand yang mempopulerkan Jam Ngeboba Nasional mulai pukul 2 hingga 3 sore.
Bobbatime juga berkomitmen dalam menyediakan produk minuman boba yang berkualitas premium dengan memberikan pelayanan yang baik dan profesional untuk para pecinta minuman boba. Bahan baku yang terbaik dengan beraneka ragam pilihan akan menjadikan Bobbatime memiliki produk yang unggul dengan rasa yang nikmat bagi penikmat minuman boba. Bobbatime melakukan riset mengenai produk minuman boba yang disukai oleh orang banyak. Setelah hasil riset didapatkan Bobbatime memformulasikan Boba yang punya tekstur kekenyalan pas, susu segar pilihan, juga bahan--bahan lain yang membuat pengalaman Ngeboba bisa menjadi lebih nikmat .
Karena produk minuman Bobatime disukai banyak orang khususnya penikmat boba, akhirnya Bobbatime membuka Kemitraan Minuman Boba dengan tujuan memberikan kesempatan kepada calon mitra untuk berwirausaha dengan minuman boba. Saat ini Outlet Bobbatime sudah tersebar di Indonesia dengan konsep outlet yang beragam mulai dari konsep Booth, Island, dan Outlet
BAB III
ANALISIS
Dari hasil wawancara menunjukkan Bobbatime sangat banyak diminati masyarakat Yogyakarta khususnya kaum milenial. Kebanyakan alasan membeli minuman boba adalah karena mereka sangat menyukai minuman manis, karena rasa minumannya, menghilangkan rasa bosan. Selain itu harga minuman ini sangat terjangkau sehingga cocok untuk semua kalangan.
Permintaan akan minuman Bobbatime ini meningkat seiring berjalannya waktu. Sehingga menyebabkan banyak pelaku usaha yang berminat untuk membuka usaha minuman kekinian ini dengan banyak varian Bobbatime. The Bobbatime Indonesia yang notabene didirikan anak bangsa serta mendobrak kualitas dan harga pasaran di Indonesia.
Dalam mengembangkan  bisnis kemitraan The Bobbatime  Indonesia memiliki banyak  paket  yang  ditawarkan.  Pelaku  usaha  yang  berminat  untuk membuka  gerai  Bobbatime  terdapat  beberapa  syarat  yang  diberikan  untuk calon mitra mulai dari lokasi hingga kondisi daerah.
BAB IV
Sebuah kesinambungan dalam ajaran Tamansiswa antara lain mengenal sebagian yang telah berproses  melalui lingkungan dan berbagai sistem dalam naungan yang mempunyai berbagai kesatuan.
Susunan masyarakat dimulai dari sistem pengendalian terkecil dalam suatu manajemen pasar dan UMKM yang sangat berpengaruh pada masyarakat tentunya dimana setiap kepemilikan usaha memiliki penganggaran dan sistem pengendalian manajemen. Kami selaku mahasiswa berpedoman atau mempunyai saran yang diintregeritaskan dengan ajaran Tamansiswa yaitu Tri Sakti Jiwa -- Cipta, Rasa, dan Karsa.
Usaha Mikro, Kecil, Menengah atau UMKM dalam perekonomian khususnya di Yogyakarta sangat bervariasi mulai dari kebutuhan pokok dan non pokok. Usaha ini membuktikan tahan terhadap goncangan krisis ekonomi yang berperan penting bagi masyarakat. Hal ini penting dengan ajaran Tamansiswa Tri Sakti Jiwa Cipta , Rasa , dan Karsa.
Cipta atau kekuatan yaitu  untuk mengolah serta memunculkan gagasan atau pikiran yang ada di dalam jiwa serta pikiran manusia melalui pengenalan, pemahaman,  mengingat,  dan  menyimpulkan  objek  dan  fenomena  di  sekitar. Rasa adalah sesuatu hal yang bisa dikenali jika terjadi perubahan dalam hati yang terkadang tidak tersampaikan. Karsa atau kehendak yaitu pola irama tubuh atau pikiran yang tersinkronisasi untuk melalukan realisasi pemikiran.
Bobbatime di bawah naungan PT. Tirta Sukses Indomakmur merilis desain tampilan dan atribut baru agar dapat lebih sesuai dengan keinginan pasar dalam hal ini merupakan implementasi Ajaran Tamansiswa Tri Sakti Jiwa terkhusus Cipta.
Bobbatime mencoba menampilkan produk "Rasa premium, Harga kekinian"dalam hal ini sesuai dengan Ajaran Tamansiswa Tri Sakti Jiwa (Rasa). Bobbatime akan mentargetkan sampai akhir tahun 2022 mencapai kurang lebih 100 Outlet di berbagai daerah di Seluruh Indonesia. Bobbatime akan segera menjual franchise dengan harga yang terjangkau
PENUTUP
KESIMPULAN
Bobbatime hadir dari kecintaan terhadap minuman boba yang sudah popular di negaranya  yaitu  Taiwan  sebelum  masuk  ke  Indonesia.  Bobbatime  sendiri memiliki dua arti pada kata Bobbatime yaitu Bobba sebagai nama brand dan Time sebagai waktunya minum boba. Bobbatime sendiri berdiri sejak tahun 2019 dan sejak itu banyak orang yang tahu mengenai produk minuman Bobbatime. Bobbatime sangat banyak diminati masyarakat  Yogyakarta khususnya kaum milenial. Sebagian besar alasan membeli minuman boba adalah karena memang menyukai minuman manis tersebut; sisanya dikarenakan rasa dari minuman, menghilangkan  rasa  bosan,  dan  tertarik  untuk  mencoba  minuman tersebut. Selain dari ini harga minuman tersebut sangat terjangkau sehingga sangat cocok di kalangan manapun.
Dalam mengembangkan bisnis kemitraan, The Bobbatime Indonesia menawarkan cukup banyak paket. Pelaku usaha yang berminat membuka gerai Bobbatime memiliki beberapa syarat yang diberikan kepada calon mitra, mulai dari lokasi hingga kondisi daerah.
SARAN
Saran kami untuk BobbaTime, semoga bisa menciptakan cita rasa Boba yang berbeda dengan tempat lain, atau dengan kata lain semoga Bobbatime memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan tempat lain. Ajaran Tamansiswa yang dapat kami rekomendasikan adalah menekankan pada pengalaman-pengalaman yang disusun dengan menggunakan ajaran Tri Sakti Jiwa Cipta, Rasa, dan Karsa.
REFERENSI
https://www.tribunnews.com/bisnis/2020/10/03/banyak-rival-strategi-minuman-boba-garap-pasar-dengan-harga-terjangkau
https://www.publikasimedia.com/franchise-boba-time https://www.bobatimeindonesia.com/menu-terpopuler-di-bobatime- indonesia/amp/
https://www.guruberbagi.net/2022/07/merdeka-belajar-melalui-tiga- kekuatan.html?m=1
https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/sistem-pengendalian-manajemen/ https://www.jurnal.id/id/blog/apa-itu-arti-yang-dimaksud-pengertian-umkm-artinya adalah/
LAMPIRAN DOKUMENTASI DAN HASIL PUBLIKASI
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H