Sampai saat ini, kebiasaan  membaca masih sangat diperlukan hampir dalam segala hal. Siswa di sekolah harus membaca banyak materi pelajaran agar dapat lulus dengan baik. Demikian pula para profesional perlu membaca sekedar untuk memahami dokumen kerja atau menambah keahliannya. Namun masalahnya tidak semua orang suka membaca dan butuh waktu yang tidak singkat untuk membangun kebiasaan ini.
Meskipun banyak orang menganggap bahwa membaca tidak lagi sepenting dahulu sebelum banyaknya media visual bermunculan, namun bagaimanapun sampai sekarang membaca tetaplah sarana terbaik untuk menambah pengetahuan, dan pengetahuan itu sendiri adalah prasyarat bagi pemahaman. Oleh karena itu, membaca adalah sebuah aktivitas penting yang harus terus dikembangkan sampai tingkat tertentu (Adler, 1972).
Umumnya hampir semua orang mengetahui manfaat positif dari kebiasaan membaca. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa banyak juga yang  menganggap membaca adalah kegiatan yang sangat membosankan. Oleh karena itu, perlu usaha untuk mencoba berbagai metode yang efektif untuk mengembangkan kebiasaan membaca terutama dimulai dari masa anak-anak. Namun apakah sebuah perilaku yang awalnya sulit akhirnya dapat dibentuk menjadi sebuah pola atau kebiasaan menyenangkan yang baru?
Salah satu metode yang sering dipakai dalam metode pembelajaran terutama yang berkaitan dengan perilaku adalah operant conditioning. Teori ini sering juga disebut instrumental conditioning atau teori skinner karena teori ini banyak dikembangkan oleh B.F Skinner.
Menurut Encyclopedia of Psychotherapy (Vol 1, 2002), Â operant conditioning adalah suatu jenis pembelajaran dimana perilaku dipengaruhi terutama oleh konsekuensi yang mengikutinya. Probabilitas perilaku operan ditentukan berdasarkan konsekuensi yang mereka hasilkan.Â
Dalam pengertian yang lebih sederhana, konsekuensi dari suatu perilaku yang dilakukan menentukan apakah perilaku tersebut akan diulangi lagi atau justru dihentikan. Suatu perilaku yang menghasilkan konsekuensi menyenangkan cenderung akan diulangi terus-menerus. Sebaliknya jika suatu perilaku mendapatkan konsekuensi yang tidak menyenangkan, pada umumnya akan dikurangi atau dihentikan. Di dalam teori operant conditioning, konsekuensi yang menyenangkan disebut sebagai reinforcement sedangkan pemberian hukuman dikenal sebagai punishment. Reinforcement akan dikondisikan untuk mendorong suatu perilaku agar terus-menerus diulang bahkan dikembangkan, sedangkan punishment akan melemahkan dorongan untuk melakukan perilaku tersebut.
Ide teori ini sebenarnya sudah pernah dikemukakan oleh penemuan-penemuan sebelumnya, namun takhirnya menjadi populer berawal pada tahun 1948, Â ketika Skinner mempelajari operant conditioning dengan menempatkan seekor tikus yang sudah terkondisikan lapar dalam sebuah kotak "Skinner box".
Kotak tersebut dirancang dengan berbagai fitur untuk melatih perilaku tikus. Di dalam kotak tersebut terdapat sebuah tuas yang jika ditekan akan menghasilkan makanan. Tentu saja awalnya tikus tidak mengerti fungsi tuas tersebut. Tikus yang lapar hanya secara acak bergerak dalam kotak, hingga suatu kali tikus tersebut secara kebetulan menekan tuas dan keluarlah makanan. Setelah beberapa kali perulangan, tikus makin terkondisikan bahwa dengan menekan tuas akan ada makanan. Dalam hal ini, menekan tuas dapat disebut sebagai 'perilaku' sedangkan pemberian makanan disebut sebagai reward atau lebih tepatnya disebut positive reinforcement.
Dalam percobaan yang lain, tikus diberi stimulus berupa sengatan listrik. Awalnya tikus bergerak secara acak, namun ketika tidak sengaja menekan tuas, sengatan listrik akan segera berhenti. Dengan pola perulangan, tikus terlatih untuk menekan tuas setiap kali diberikan sengatan listrik. Mekanisme ini disebut sebagai negative reinforcement. Namun negative reinforcement berbeda dengan punishment. Negative reinforcement adalah menghilangkan sesuatu yang tidak disukai dengan tujuan untuk mendorong perilaku tersebut dilakukan terus-menerus. Sedangkan positive punishment adalah pemberian atau penambahan konsekuensi yang tidak menyenangkan agar perilaku tidak diulangi lagi. Dalam penelitian skinner box, mekanisme ini dilakukan dengan memberi kondisi jika tikus menekan tuas, sengatan listrik akan diberikan.Â
Melalui penelitian ini secara sederhana dapat dikatakan bahwa perilaku dapat dikontrol dengan memanipulasi lingkungan. Jika perilaku tersebut adalah sesuatu yang ingin dikembangkan maka perlu diberi reinforcement baik secara positif maupun negatif. Sedangkan jika perilaku tersebut ingin dikurangi atau dihentikan maka perlu diberi punishment baik secara positif maupun negatif. Perlu diperhatikan bahwa istilah positif atau negatif tidak mengacu kepada suatu moralitas namun diasosiasikan dengan penambahan ataupun pengurangan hal-hal yang disenangi atau tidak disenangi tergantung pada tujuannya apakah sebagai reinforcement atau punishment.Â
Lalu bagaimana teori ini dapat diaplikasikan pada perilaku atau kebiasaan membaca buku pada anak?Â