Di era digital saat ini, banyak hal yang bisa dijalankan dengan lebih fleksibel, termasuk urusan bisnis. Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis online telah menjadi trend yang berkembang di segala lapisan masyarakat. Berbisnis menjadi jauh lebih mudah dan fleksibel, dan bahkan orang dengan mobilitas terbatas pun dapat melakukannya. Anggapan bahwa pekerjaan harus dilakukan di kantor saat ini sudah menjadi suatu hal yang tidak harus lagi.
Menjalankan toko online memang terlihat mudah dilakukan. Namun, bukan berarti untuk menjalankannya merupakan suatu hal yang mudah, banyak tantangan yang seringkali belum dipahami orang awam sehingga menjadi batu sandungan dalam menjalankan bisnis online. Pebisnis yang baik, terutama pemula, juga harus memahami risiko tersebut untuk menghindari kerugian di kemudian hari. Berikut 7 hal yang harus dihindari untuk memulai bisnis online:
Rencana bisnis dan pemahaman yang kurang tentang bisnis online
Ketidakmatangan rencana bisnis sering menjadi sumber kegagalan bagi pengusaha. Dalam bisnis online khususnya sering disamakan dengan bisnis tradisional sehingga produsen kurang jeli dan persiapan. Untuk bisnis online mandiri atau yang tidak membutuhkan permintaan dana dari investor, sebenarnya tidak perlu membuat rencana bisnis formal 10 halaman. Misalnya, rencana bisnis utama yang harus direncanakan terlebih dahulu biasanya seperti siapa target pelanggan, hubungan bagaimana yang ingin anda bangun, apa sumber utama pendapatan dan pengeluaran, apakah butuh partner untuk menjalankan bisnis, merencanakan anggaran, berapa lama anda dapat memperoleh BEP, Â target jangka pendek dan panjang, hingga risiko dan penanganannya.Â
Terlalu Fokus Menyiapkan Hal-Hal Detail
Pemasar baru seringkali terlalu sibuk untuk memikirkan detail seperti logo, desain merek, dll. Hal-hal tersebut juga penting, namun bukan berarti Anda harus terlalu fokus pada hal tersebut karena menghabiskan waktu untuk memikirkan hal-hal penting lainnya.
Jika Anda memiliki mitra atau modal, lebih baik serahkan informasi itu kepada ahlinya. Luangkan lebih banyak waktu untuk melakukan riset dan belajar bisnis online kepada mereka yang sudah berpengalaman.Â
Perhitungan rekrut karyawan yang kurang tepat
Ketika pertama kali memulai bisnis tentu semangat dan kepercayaan diri akan menggebu-gebu. Dalam hal ini jangan membuat kesalahan saat merekrut orang baik dari kualitas hingga kuantitas. Ingatlah bahwa ini adalah bisnis online yang mungkin tidak membutuhkan banyak karyawan dan mungkin tidak membutuhkannya sama sekali.
Jangan biarkan karyawan menjadi beban karena begitu mereka dipekerjakan, mereka akan lebih sulit untuk dipecat. Pertimbangkan kebutuhan karyawan dan untuk membatasinya, ada baiknya membuat perhitungan terlebih dahulu.
Malas mengelola media bisnis online
Bisnis online menandakan toko yang dibuka berada pada media online, baik media sosial maupun platform e-commerce. Sebagaimana toko offline yang memiliki jadwal operasional, menjaga agar tetap tertata, meng-update dan merapikan produk, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan toko pada media online, pengelola bisnis harus rajin melakukan manajemen toko baik dari pemasaran online hingga update katalog produk dan customer service agar pelanggan percaya bahwa bisnis Anda berjalan dengan baik.
Dalam prakteknya, pengelolaan media bisnis online juga dapat dijalankan dengan lebih profesional. Itu sebabnya ada pekerjaan untuk e-commerce/SEO dan Social Media Specialist. Pekerjaan ini secara khusus membantu bisnis online meningkatkan merek mereka dengan cara yang mudah dicari dan terlihat profesional. Jika memungkinkan, Anda juga dapat menggunakan opsi ini untuk meningkatkan profesionalitas toko online
Mengabaikan Uji Produk
Karena calon pembeli tidak bisa langsung melihat barang yang dijual, para pelaku bisnis online yang baru terkadang menganggap barang tersebut bagus menurut standar mereka sendiri. Faktanya, pengujian produk adalah persyaratan bagi perusahaan untuk memberi tahu produk yang akan dipasarkan sudah layak. Tes produk bisa dilakukan pada orang-orang terdekat Anda dan meminta mereka menilai secara jujur apakah produk tersebut sesuai dengan harga yang ditawarkan. Hal ini juga tentu akan meningkatkan kepuasan pelanggan berdasarkan kualitas produk yang dijual.
Mengabaikan Customer Service
Transaksi tanpa pertemuan tatap muka seringkali membuat penjual merasa tidak perlu memberikan layanan purna jual seperti customer service dan sejenisnya. Kepercayaan konsumen seringkali juga bergantung pada customer service. Mereka lebih tertarik pada tenaga penjualan yang bersedia melayani mereka setelah penjualan.
Anda bisa memilih media sosial, chat, email atau telepon sebagai sarana komunikasi. Dalam hal ini anda juga dapat memposisikan customer sebagai partner bisnis sehingga membuat mereka lebih nyaman karena toko online seringkali berada pada ranah yang lebih santai daripada perusahaan yang bergerak di media offline. Dengan merasa nyaman, mereka pasti akan membeli lagi dan merekomendasikan perusahaan Anda kepada orang-orang di sekitarnya.
Terlalu fokus pada media online saja
Internet yang merupakan jantung dari bisnis online justru bukan berarti harus sepenuhnya dijalankan secara online. Cara tradisional juga harus digunakan, seperti halnya word of mouth melalui keluarga dan teman karena adanya kepuasan dengan toko online kita. Selain itu, ketergantungan yang terlalu besar terhadap internet dikhawatirkan akan melemahkan bisnis karena akan sangat terombang-ambing gelombang yang tidak pasti dari internet itu sendiri. Untuk itu, menjalankan bisnis online bersamaan dengan media offline merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh pemilik bisnis online untuk menguatkan keberadaan bisnis tersebut.
Itulah 7 hal yang harus dihindari saat memulai bisnis online. Dengan menghindari hal tersebut, maka kemungkinan keberhasilan bisnis online akan lebih baik karena anda sudah lebih memahami hal yang harus dihindari saat memulainya. Namun, dibalik itu, teknologi saat ini juga sudah sangat membantu keberadaan bisnis online untuk dapat bertahan dengan lebih baik, salah satunya dengan Software ERP. Dengan software ERP, akan memungkinkan bagi anda dalam mengelola sumber daya perusahaan dengan lebih baik dari produk & inventori, finance & accounting, hingga human resource, semuanya dapat dilakukan oleh software ERP sehingga anda akan lebih siap dalam membuka bisnis online anda. Dalam hal ini, saya ingin merekomendasikan salah satu penyedia Software ERP terbaik di Indonesia yakni Ukirama ERP. Dengan menggunakan Ukirama ERP tentunya anda akan dapat melakukan manajemen toko dengan lebih baik karena anda dapat memperoleh semua modulnya tanpa biaya tambahan dan harga yang sangat terjangkau dengan target market UMKM sehingga memungkinkan toko online baru anda untuk menggunakan jasa ERP dari Ukirama tersebut. Yang mana jika dibandingkan dengan ERP lain, Ukirama sudah sangat unggul dari berbagai hal pada fitur hingga faktor harga. Semoga bermanfaat...
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H