Tentu banyak orang yang akan setuju jika Instagram dikatakan sebagai media sosial dengan pengguna aktif terbanyak, terutama di Indonesia. Dengan latar belakang itu, beberapa tahun terakhir Instagram berkembang dengan penggunaannya sebagai platform berbisnis. Hal ini didukung dengan munculnya fitur business account dan fitur shop langsung di dalam aplikasi ini. Â
Di Instagram, semua berkaitan dengan daya tarik visual. Nah, jika bicara soal business account di Instagram, apa yang membuat suatu brand berhasil mendapatkan  atensi publik dapat dipengaruhi salah satunya dari bagaimana brand tersebut mengelola konten yang disajikan melalui akun Instagram-nya.Â
Selalu dikatakan bahwa, konten yang menarik akan menghasilkan awareness yang tinggi dari target market suatu brand. 'It's about what you want to display on your business page and who's your market'.
Jika, suatu brand dapat mengelola akun media sosialnya, khususnya dalam hal ini yaitu akun Instagram dengan baik tentunya brand tersebut telah memenuhi beberapa kriteria, yaitu:
Memiliki keunikan, ciri khas, yang secara tidak langsung menggambarkan brand tersebut.
Menarik secara visual dengan kualitas gambar yang baik, pallete warna yang sesuai, dsb.
Konten yang informatif dan interaktif dengan followers-nya
Konsisten, kesesuaian waktu dan konten dengan momen yang ada, dan juga keteraturan pola pada feeds
Okay, penjelasan singkatnya sudah tersampaikan. Selanjutnya, sesuai dengan judul artikel ini, kita akan melihat bagaimana SYCA Official sebagai salah satu contoh  brand kosmetik lokal Indonesia mengelola akun Instagramnya (@syca.official).Â
Jika dikaitkan dengan kriteria yang telah disebutkan sebelumnya, @syca.official telah memenuhi kriteria tersebut dengan mengimplementasikan dalam pengelolaan akun Instagramnya. Hal ini dilakukan SYCA dengan beberapa hal berikut, seperti yang terlihat dari akun Instagramnya.
Keunikan dan ciri khas, sebagai salah satu brand kosmetik dengan fokus pada kecantikan natural perempuan, SYCA melalui Instagramnya memiliki konsep konten yang minimalist dan dengan intensitas yang cukup tinggi @syca.official mengunggah foto perempuan-perempuan dengan penggunaan make up yang natural. Ciri khas SYCA disini juga diperlihatkan melalui penggunaan hastag tagline dari SYCA, yaitu #everydaywithsyca.Â
SYCA dengan konsep minimalisnya menggunakan tone warna yang simpel, cerah, dan elegan dengan bernuansa nude. Dilihat dari kualitas gambar yang dipublikasikan juga semuanya memiliki kualitas desain visual yang baik dan menarik untuk dilihat, konten yang disajikan @syca.official cukup menarik khususnya bagi perempuan-perempuan yang merupakan target market dari SYCA.
SYCA memiliki komitmen untuk tidak hanya menjadi brand kosmetik yang menjual produk make up, melainkan menjadi tempat yang nyaman bagi komunitasnya untuk bergerak bersama SYCA dengan campaign "To embrace their natural beauty". Berkaitan dengan hal itu, SYCA mengelola akun Instagramnya dengan tidak hanya menjual produk melainkan memberikan konten informatif dan secara konsisten menjalin interaksi dengan followers atau komunitasnya.Â
SYCA melakukan interaksi bersama followers-nya dengan menyediakan kesempatan untuk berbagi cerita dan pengalaman dari followersnya. Mereka juga kerap melakukan Q&A untuk tetap dekat dengan pengikutnya. Selain itu, di akhir caption pada setiap postingan selalu ada unsur Call-to-Action dan ajakan interaktif. Seperti, "Fill the blank or simply just check our shopee out now", "What topics would you like for us to talk about next?", "which one is your fav?", dan lainnya.Â
Nah, analisis konten pada akun Instagram @syca.official dan bagaimana mereka mengelola akun media sosialnya terlihat sudah cukup baik. Didukung dengan desain visual, konten yang informatif, interaksi yang dijalin dengan followersnya, serta caption pendukung yang sangat menunjukan value dari brand SYCA.Â
Brand value telah tersampaikan dengan baik melalui pengelolaan akun Instagram @syca.official. Secara konsisten mereka menunjukan komitmennya untuk terus bergerak bersama komunitas SYCA. Terlihat dari pengelolaan Instagramnya yang memang menjadikan itu sebagia sebuah platform bagi komunitas SYCA merasa nyaman. Dalam hal ini SYCA dirasa telah berhasil menunjukan ciri khas melalui implementasi nilai SYCA kedalam pengelolaan akun Instagramnya.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H