Salah satu alat tempur bagi content writer adalah memahami dan mengoptimalkan SEO & SEM, sehingga menghasilkan high quality konten atau tulisan digital dan juga berpengaruh pada banyaknya visitors / reader.
If you don't have the type of content your audience is looking for, you are not going to get found online. -nsmarrelli
Dalam menerbitkan tulisan digital, seorang penulis tentunya perlu memiliki pemahaman dan kemampuan dasar terkait SEO & SEM.Â
Bagi kamu yang sudah tidak asing dengan dua konsep tersebut, namun masih belum paham cara mengoptimalkannya. Atau bahkan ada yang masih awam dengan SEO & SEM?
Well, artikel ini hadir untuk membantumu dalam memahami SEO & SEM dan bagaimana cara mengoptimalkannya. So, tunggu apa lagi? Yuk kita masuk ke penjelasannya!
Apa itu SEO?Â
Brent Chaters dalam bukunya yang berjudul "Mastering Search Analytics" menyatakan Search Engine Optimization (SEO) berkaitan tentang meningkatkan traffic pada situs web yang kita miliki, dan kemudian memberikan hasil positif dari audiens.Â
Proses mengoptimalkan situs web dengan mengarahkan traffic dari audiens ke halaman web melalui sistem rank tertinggi pada hasil pencarian di Google misalnya.Â
Komponen Utama SEO
SEO terdiri dari dua komponen utama: optimasi on-site dan optimasi off-site, atau disebut juga sebagai on-page dan off-page. Perlu diketahui bahwa strategi dibawah ini akan menjadikan situs web kamu sebagai sumber terpercaya pada search engine.
Taktik pengoptimalan on-page:
- Penggabungan Keywords (ke dalam titles, headers, meta descriptions, content).
- Membuat postingan pada blog dengan kualitas tinggi.
- Mengoptimalkan kecepatan memuat halaman dengan mengubah ukuran foto yang dimasukkan pada situs atau blog.
- Membuat format URL yang tepat.