Mohon tunggu...
Daniel Pasedan
Daniel Pasedan Mohon Tunggu... Guru - Berkeluarga, dua anak

Iklas, Jujur, Sederhana, Rajin, Peduli, Suka Berbagi, Cerdas, Berani, Tahu Diri, ... adalah Pondasi Pemimpin yang Dirindukan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru: Integritas untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan

15 Juni 2019   17:54 Diperbarui: 15 Juni 2019   17:56 322
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
image source : https://www.danmartell.com/hierarchy-of-entrepreneurial-needs/ 

Suatu waktu seorang siswa bertanya : Pak... apasih enaknya jadi Guru? Saya kurang paham apa yang kamu maksud... kan begini Pak, menghadapi siswa seperti kami ini kan sangat repot, ada yang cepat mengerti, ada yang lamban. Belum lagi kalau siswa bermasalah! Kok Bapak/ Ibu Guru tidak bosen, nggak capek tu? Belum lagi katanya saya dengar gaji Guru kecil. Itumi mengapa saya bertanya pak, apasih enaknya jadi Guru, karena yang saya lihat susah memang tong kiq jadi Guru.

Ohhhh... kalau pendapat saya sih sederhana. Saya sangat bangga kalau siswa itu sopan, jujur, rajin, peduli dengan lingkungan dan sesama... trus kalau suatu waktu bertemu atau mendengar siswa yang pernah dibimbing sukses dalam hidupnya... wow rasanya amazing... nilainya tak terukur duit lho... bangga banget.

Pak... jangan kommi marah lee... (bapak jangan marah ya...) mau komi kah (bapak maukah)  kukenalkan dengan mama saya? &%&%*&^%^%$%@^^^^*^%*&^% (anak tunggal, mamanya cerai saat dia bayi)

***

Seorang Guru yang saya kenal lain lagi dengan budaya guru lainnya.

Kemarin saya dengar bahwa beberapa siswa bimbingannya sukses memperoleh nilai sempurna pada mata pelajaran yang diampuhnya saat ujian nasional berbasis komputer.

Selang beberapa minggu, bersama beberapa rekan Guru yang lain, memprakarsai kegiatan pembimbingan, pelatihan guru-guru SMP dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran bahasa inggris. Pada sesi peserta cofee break, saya sempat berbincang dengan salah seorang peserta Emak yang sesungguhnya sudah level expert namun kenyataannya beliau tetap setia bahkan haus untuk terus belajar. Hari berikutnya dalam minggu yang sama, mengikuti seminar di Jakarta dan setahu saya, hari berikutnya adalah mengikuti event lomba robotics di Singapura bersama 2 orang siswa.

Sebenarnya, apasih yang dicari, diincar oleh Ibu Guru yang satu ini? Sumber tenaga apa sih yang digunakan sehingga seolah tiada capek baginya?

***

Setiap individu termotivasi, tergerak, bertindak melakukan sesuatu oleh karena alasan kebutuhan bahkan termasuk sesama kita yang dalam kondisi gila, abnormal. Juga termasuk segala jenis mahkluk hidup dalam galaxy bimasakti tergerak oleh karena faktor kebutuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun