Mohon tunggu...
parluhutan sihombing
parluhutan sihombing Mohon Tunggu... Guru - Guru IPA SMP

Guru IPA yang terus berupaya mengembangkan diri

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Soal Try Out IPA UP PPG dalam Jabatan 2021 Dibahas PPG Daljab Tahun 2022

29 Agustus 2022   20:49 Diperbarui: 29 Agustus 2022   20:57 2491
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

1. Perhatikan tujuan pembelajaran berikut ini! (1) Membuat model struktur sel tumbuhan (2) Mengidentifikasi berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman (3) Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda (4) Mendeskripsikan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan (5) Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah Berdasarkan tujuan pembelajaran di atas, maka tujuan yang paling membutuhkan jenis pengetahuan prosedural adalah ....

 A. (1) dan (2) B. (1) dan (3)* C. (2) dan (3) D. (3) dan (4) E. (4) dan (5) 

2. Indikator yang sesuai untuk aspek berpikir tingkat tinggi dari rumusan KD “Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan adalah... . 

A. menjelaskan perpindahan kalor secara radiasi 

B. menyebutkan penerapan konsep pemuaian benda padat dalam kehidupan sehari-hari 

C. menjelaskan perbedaan suhu dan kalor 

D. menganalisis mekanisme pengaturan suhu tubuh yang menggigil karena kedinginan* 

E. mendefinisikan prinsip azas Black 

3. Analisis kebutuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi campuran dan larutan harus diarahkan agar siswa aktif berpikir kreatif, berkomunikasi, mencari dan mengolah data, dan akhirnya menyimpulkan. Model pembelajaran yang tepat sesuai kebutuhan tersebut adalah... . 

A. Collaborative B. self directed 

C. project based D. cooperative E. problem based* 

4. Suatu sekolah SMP memiliki lingkungan sekolah yang cukup luas dengan keragaman taman, kebun dengan beragam tanaman akan membelajarkan materi IPA klasifikasi tumbuhan yang memiliki kharakteristik faktual. Model dan penilaian yang sesuai dengan keadaan sekolah tersebut adalah... . 

A. Pembelajaran discovery dengan penilaian tes pilihan ganda 

B. Pembelajaran berbasis masalah dengan penilaian kinerja 

C. Pembelajaran berbasis proyek dengan penilaian portofolio 

D. Pembelajaran discovery dengan penilaian unjuk kerja* 

E. Pembelajaran saintifik dengan penilaian angket sikap 

5. Materi esensial IPA di bawah ini yang tepat untuk dibelajarkan pada siswa SMP adalah .... 

A. pembelahan sel: mitosis dan meiosis            B. keseimbangan lingkungan: kerusakan lingkungan 

C. ciri-ciri virus: struktur dan ciri          D. energi dalam sistem kehidupan: transformasi energi*     E. kingdom monera: pengecatan gram 

6. Analisislah kompetensi dasar di bawah ini! Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka jenis media pembelajaran yang paling tepat untuk kompetensi dasar tersebut, adalah.... 

A. modul dan lembar kerja peserta didik 

B. specimen, media grafis dan power point 

C. film animasi dan lembar kerja peserta didik* 

D. specimen, buku ajar dan power point 

7. Dalam belajar IPA, siswa menemukan kesulitan untuk memahami konsep yang abstrak, seperti unsur dan senyawa, media yang tepat untuk membelajarkan materi yang bersifat abstrak, seperti unsur dan senyawa adalah.... 

A. Media Visual          B. Media gambar            C. Media simulasi* 

D. Media cetak           E. Media lingkungan 

8. Perhatikan tujuan pembelajaran IPA berikut ini! Memahami konsep energi dan daya listrik pada rangkaian seri dan paralel. Langkah pembelajaran IPA yang paling sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa SMP/MTs untuk tujuan pembelajaran di atas adalah... . 

A. Guru menyajikan gambar rangkaian seri dan paralel yang memiliki sumber tegangan, kabel konduktor, hambatan, lampu bohlam, voltmeter dan ampere meter dan meminta siswa bertanya tentang perbedaan dan persamaannya. Selanjutnya guru mengarahkan siswa untuk mengusulkan upaya untuk menghemat energi dan daya listrik di rumahnya masing-masing. Siswa mendiskusikan tentang upaya menghasilkan energi alternatif tersebut dan mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas. 

B. Guru menyiapkan rangkaian litrik yang memiliki sumber tegangan, kabel konduktor, hambatan, lampu bohlam, voltmeter dan ampere meter. Selanjutnya guru meminta siswa dalam kelompok melakukan percobaan mengukur daya listrik dengan menggunakan rangkaian seri dan paralel. Selanjutnya siswa diminta mencatat data dalam tabel, menganalisis data, mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kesimpulannnya.* 

C. Siswa diajak mengunjungi halaman website yang membahas tentang rangkaian seri dan paralel yang memiliki sumber tegangan, kabel konduktor, hambatan, lampu bohlam, voltmeter dan ampere meter. Kemudian siswa diminta melakukan perbandingan energi dan daya listrik antara rangkaian seri dan paralel, mendiskusikan, menyimpulkan kelebihan dan kekurangannya dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas. 

D. Siswa diminta untuk mencari referensi tentang rangkaian seri dan paralel yang memiliki sumber tegangan, kabel konduktor, hambatan, lampu bohlam, voltmeter dan ampere meter. Kemudian siswa mendiskusikan dan mencatat hasilnya. Selanjutnya siswa diminta mempresentasikan hasilnya di depan kelas. 

E. Guru menyajikan gambar rangkaian seri dan paralel yang memiliki sumber tegangan, kabel konduktor, hambatan, lampu bohlam, voltmeter dan ampere meter. Guru meminta siswa bertanya dan berpendapat. Selanjutnya siswa diminta untuk mengidentifikasi berbagai peralatan yang menggunakan energi listrik dan daya listrik di rumahnya masing-masing. Di akhir kegiatan pembelajan, siswa mendiskusikan dan mempresentasikan hasilnya. 

9. Reproduksi seksual pada tumbuhan Gymnospermae, khususnya strobilus atau runjung melalui penyerbukan dan pembuahan tepat dikonsepkan menggunakan… . 

A. film animasi persilangan ganda mulai jatuhnya serbuksari ke kepala putik hingga terjadi peleburan sel gamet 

B. pembelajaran langsung tentang penyerbukan dan pembuahan pada tanaman strobilus 

C. bermain peran sebagai ayah (strobilus jantan) dan ibu (strobilus betina), serta anak (individu baru) 

D. video tentang mikrospora sampai ke megasporangium hingga pembuahannya* 

E. gali pengalaman dari seorang petani dalam memperbanyak tanaman strobilus 

10. Seorang gur IPA akan membelajarkan KD tentang zat adiktif (narkotika, psikotropika, dan ganja) dan dampaknya bagi kesehatan tubuh manusia. Agar pembelajaran memunculkan rasa ingin tahu siswa, maka guru tersebut melaksanakan kegiatan apersepsi yang sesuai dengan cara... . 

A. Mengajukan pertanyaan tentang definisi masing masing jenis zat adiktif 

B. Menceriterakan jumlah korban pengguna narkotika di Indonesia 

C. Memutar video tentang kondisi rumah sakit pusat rehabilitasi para pecandu narkotika* 

D. Menyajikan gambar-gambar berbagai jenis zat adiktif dengan bantuan media LCD 

E. Mendatangkan petugas kepolisian untuk memberi penjelasan terkait narkotika 

11. Perhatikan langkah-langkah pembelajaran di bawah ini! 

(1) Membimbing pelatihan (2) Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa (3) Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik (4) Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan (5) Mendemonstrasikan keterampilan (pengetahuan prosedural) atau mempresentasikan pengetahuan (deklaratif) Prosedur yang paling tepat untuk dilaksanakan dalam pembelajaran menggunakan model direct learning/instruction, adalah... . 

A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5) 

B. (2)-(3)-(5)-(4)-(2) 

C. (2)-(5)-(1)-(3)-(4)* 

D. (3)-(1)-(2)-(5)-(4) 

E. (4)-(1)-(2)-(3)-(5) 

12. Proses pembelajaran IPA materi bunyi dan alat pendengaran pada manusia dilakukan oleh guru dengan menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach). 1. Siswa diminta mengajukan permasalahan 2. Siswa secara berkelompok melakukan percobaan sederhana tentang bagaimana bunyi bisa didengar oleh telinga manusia 3. 

Siswa mendengarkan bunyi ketukan meja yang sama pada jarak yang berbeda beda (semakin menjauh) 4. Siswa secara berkelompok menyusun laporan hasil percobaan sederhana yang telah dilakukan 5. Siswa saling berdiskusi dalam kelompok untuk menyusun kesimpulan hasil percobaan mereka Prosedur yang tepat untuk melaksanakan pembelajaran adalah... . 

A. (3), (1), (2), (5) dan (4)*

 B. (1), (2), (3), (4) dan (5)

 C. (2), (1), (5), (3) dan (4) 

D. (1), (5), (2), (3) dan (4) 

E. (3), (2), (4), (1) dan (5) 

13. Sebagian siswa merasa kurang memahami materi hereditas terutama tentang persilangan hukum Mendel. Metode yang dapat dilakukan guru untuk lebih meningkatkan pemahaman siswa yaitu .... 

A. memberikan siswa penugasan 

B. meminta siswa melakukan diskusi 

C. mengadakan kuis berupa tes 

D. menjelaskan dengan lebih jelas 

E. melakukan praktikum sederhana*

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun