Dalam setiap perusahaan ada suatu Departemen/Bagian yang bertugas untuk mengawasi dan mengelola karyawan. Ada yang disebut Personalia,HRD,Human Capital, bahkan yang saat ini ada namanya Industrial Relations. Sekilas tugasnya sama,tetapi sebenarnya tugas Bagian tersebut sangat berbeda, untuk itu perlu diperjelas satu per satu.
PERSONALIA
Personalia merupakan bagian dari suatu perusahaan yang berfungsi untuk merekrut,menempatkan,pengembangan dan kompensasi bagi karyawan.
Biasanya tugas Personalia berhubungan dengan yang bersifat administratif, seperti penggajian,absensi,dokumentasi karyawan dan lain-lain,serta sosialisasi dan koordinasi dengan departemen atau bagian lain.Â
Dalam Manajemen Personalia, tugas Personalia adalah Perencanaan Karyawan, Pengorganisasian,Pengarahan Karyawan, Pengawasan Karyawan, Pengadaaan Karyawan, Pengembangan Karyawan. Personalia berfokus kepada administratif pengelolaan karyawan,agar karyawan dapat bekerja untuk mendukung tujuan perusahaan.
Human Resources Development ( HRD )
HRD merupakan singkatan dari Human Resources Development atau Departemen yang membidangi Pengembangan Sumber Daya Manusia pada sebuah perusahaan.Â
Biasanya HRD lebih menekankan,bahwa karyawan itu merupakan aset perusahaan. HRD mengelola karyawan,mulai dari perekrutan,pelatihan,evaluasi dan kompensasi bagi karyawan. Secara umum tugas HRD adalah merekrut, memelihara dan pengembangan karyawan.Â
Biaya-biaya merekrut,pelatihan dan biaya-biaya lain yang terkait dengan ketenagakerjaan merupakan biaya-biaya yang dianggap sebagai biaya-biaya perusahaan. Untuk itu,semua karyawan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang baik dan profit bagi perusahaan.Â
HRD menilai karyawan berdasarkan  hasil pekerjaan, dimana jika karyawan menghasilkan pekerjaan yang baik dan bernilai tinggi,maka akan mendapatkan rewards bisa berupa bonus,kenaikan gaji,promosi jabatan dan lain-lain. HRD berfokus kepada optimalisasi kinerja karyawan untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan menghasilkan profit.
HUMAN CAPITAL ( HC )