Ekonomi Indonesia tiba-tiba mengalami goncangan akibat pandemi covid-19. Tidak sedikit usaha terpaksa harus menutup usahanya karena krisis ekonomi yang terjadi. Pandemi ini merupakan pandemi dunia yang menyebabkan berubahnya perilaku konsumen dan kosnsumen sangat berhati-hati untuk melakukan konsumsi.
Dari mulai usaha kecil hingga usaha besar terkena dampak dari pandemi covid-19. Karena kondisi ini berdampak pada daya beli masyarakat, hal inilah yang menyebabkan penjualan mengalami penurunan dan akhirnya banyak usaha yang harus gulung tikar.
Jika sudah seperti ini, para pelaku usaha harus selalu siap sedia dan mencari cara untuk mengantisipasi agar usaha mereka tetap berjalan walaupun di masa pandemi. Kebijakan social distancing mengakibatkan kerugian dalam sebuah bisnis dan menghambat kegiatan jual beli secara langsung karena kita semakin sulit berinteraksi dengan pelanggan maupun calon pelaanggan dan acara promosi pun makin sulit dilakukan secara offline.
Saat ini sudah banyak pengguna social media maupun orang-orang yang berbelanja secara daring. Dalam situasi seperti ini akan lebih mudah menjangkau pelanggan melalui internet atau social media, apalagi semenjak diberlakukannya kebijakan bekerja dari rumah atau work from home, maka orang-orang pun akan lebih memilih melakukan semuanya dari rumah, termasuk melakukan konsumsi atau belanja.
Banyak yang bisa kita lakukan selaku pemilik usaha untuk mempertahankan penjualan selama pandemi, salah satunya dengan melakukan “digital marketing”. Apa itu digital marketing? Digital marketing atau pemasaran secara digital adalah usaha untuk memasarkan produk atau jasa melalui internet atau perangkat elektronik dimana kita bisa berkomukasi dengan pelanggan atau calon pelanggan lewat media digital.
Ada banyak sekali akses untuk para pelaku usaha kepada konsumen atau calon konsumen. Begitupula konsumen dan calon konsumen, mereka dapat dengan mudah menemukan dan melihat penawaran anda seperti melalui Blog, Social Media, Website, dan lain sebagainya.
Mengapa digital marketing sangat penting? Karena digital marketing dapat menjangkau pasar yang lebih luas, lebih akurat dan lebih efisien. Terlebih lagi jika pandemi ini belum berakhir akan sulit untuk memasarkan produk secara offline. Ada banyak media yang bisa anda pilih untuk menjangkau para konsumen dan calon konsumen. Berikut ini adalah beberapa pilihan untuk anda memasarkan barang atau jasa anda.
Social Media
Kini sudah banyak media sosial yang digunakan masyarakat. Bahkan tak jarang bahwa satu individu memiliki beberapa akun media sosial. Media sosial sudah sangat menyebar di Indonesia, dari yang muda hingga yang tua menggunakannya. Maka dari itu, media sosial merupakan wadah yang tepat untuk memasarkan atau mempromosikan suatu usaha.
Karena bisa mengjangkau orang dengan sangat luas. Dengan konten dan promosi yang menarik maka orang akan tertarik dengan produk atau barang dagangan yang kita tawarkan. Karena konten dan promosi yang bagus dan unik dapat menarik calon pelanggan untuk membeli produk kita.
Kini siapa saja dapat dengan mudah berjualan atau membuka usaha dan mempromosikannya lewat media sosial karena selain caranya yang mudah, cara ini juga sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha jika ia berhasil menarik pelanggan lewat media sosial. Jadi, tunggu apalagi? Karena media sosial ini mudah diakses, maka penggunanya sangat banyak dan apa yang kita iklankan di media sosial akan mudah dilihat oleh siapa saja.
Online Shopping Platform
Tidak sedikit orang yang menggunakan dan gemar belanja melalui online shopping platform. Selain mudah di akses, dengan berbelanja secara daring kita dapat dengan mudah memilih produk yang kita sukai karena sangat banyak produk serupa dari toko yang berbeda.
Kita bisa mempertimbangkan untuk membeli suatu produk dengan melihat produk serupa tersebut dari toko-toko yang lain tanpa harus berkeliling seperti kita berbelanja secara offline. Jadi dua pihak diuntungkan dalam transaksi ini.
Para pengusaha yang membuka toko di online shopping platform ini juga dapat dengan mudah memasarkan produknya. Denga strategi marketing dan pelayanan yang baik seperti dengan memberikan diskon atau promo, maka akan lebih mudah lagi bagi toko untuk mendapatkan pelanggan. Apalagi saat kita berada di masa seperti ini, sejak pemerintah memberlakukan kebijakan social distancing dan work from home akan lebih banyak lagi orang yang memilih belanja atau melakukan konsumsi secara daring daripada sebelumnya.
Mereka tinggal mencari barang yang mereka inginkan kemudian memilih barang atau produk yang mereka sukai, memesannya lalu tinggal menunggu barang tersebut dikirimkan dan sampai di rumah masing-masing.
Dalam kenormalan yang baru ini tentunya masyarakat sudah cukup beradaptasi dengan segala sessuatu yang dilakukan secara online atau daring. Dari mulai bekerja, sekolah, hingga berbelanja. Maka tidak ada salahnya untuk memulai usaha secara daring demi menjangkau konsumen yang lebih luas lagi. Apalagi pada online shopping platform yang sudah menyediakan tempat untuk kita menaruh produk kita di platform tersebut. Dengan berbagai kemudahan yang diberikan bagi konsumen dan pelaku usaha maka cara ini cukup efektif.
Search Engine Optimization (SEO)
Jika kamu membuka web untuk bisnis kamu maka ada baiknya untuk mempelajari search engine optimization karena selain melaui media sosial dan online shopping platform, dengan cara ini kamu juga dapat menjangkau dengan luas para calon pelanggan. Ini memungkinkan website kita ditampilkan di posisi teratas hasil penacarian sehingga lebih mudah ditemukan oleh pelanggan. Kita bisa menggunakan pendekatan terbaru sehingga optimasi SEO ini bisa bekerja dengan semaksimal mungkin. Ada dua kategori SEO yang bisa kita pelajari, Onsite dan Offsite.
Dengan digital marketing, para pelaku usaha dapat dengan mudah menemukan pelanggannya karena cakupan internet yang sangat luas. Maka tidak ada alasan untuk tidak melakukan pemasaran dengan digital marketing karena kemudahan dan keuntungan yang diberikan.
Jika kita hanya mengandalkan promosi dan penjualan secara offlline saja, dalam keadaan pandemi seperti ini cara itu sudah tidak terlalu efektif. Maka untuk meminimalisir kerugian, digital marketing ini layak dicoba oleh para pelaku usaha. Karena kita tidak bisa hanya berdiam diri menunggu pandemi ini usai tanpa adanya usaha yang dilakukan. Karena akan lebih sulit bagi kita jika hanya menunggu konsumen atau pelanggan berdatangan. Maka pemasaran secara daring merupakan cara paling efektif di saat pandemi seperti ini.
Kita bisa memilih dari salah satu pilihan diatas untuk memasarkan produk atau barang dagangan kita secara online. Dengan begitu bisnis atau usaha kita saat ini dapat tetap bertahan. Karena dengan banyaknya pesaing yang juga berlomba-lomba memasarkanproduknya ke pasar yang lebih luas akan lebih sulit lagi jika kita tidak mengembangkan bisnis atau usaha yang sedang kita jalani.
Apapun media yang anda pilih untuk memasarkan usaha, bisnis, produk, atau jasa anda, jika memililki strategi pemasaran yang baik maka akan mudah untuk mendapatkan pelanggan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H