Komunikasi, kata yang tidak akan pernah terlepas dari manusia sebagai makhluk sosial. Saat ini, kita berada pada masa digital dimana semua pekerjaan dimudahkan dengan adanya kecerdasan buatan. Namun, hal tersebut bukanlah alasan kemampuan komunikasi dapat tersingkirkan. Komunikasi merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap orang, sederhananya dalam kehidupan sehari hari pun kita memerlukan kemampuan ini.Â
Menyadari hal tersebut Fedi Haikal mahasiswa komunikasi President University yang tergabung dalam President University Major Association of Communication atau PUMA Communication menjadikannya sebuah tema dalam kegiatan yang ia pimpin yaitu Communication Creativity Week (CommCrew). Tema yang diusung yaitu The Power of Communication.Â
CommCrew merupakan kegiatan tahunan yang diadakan PUMA Communication dan tahun ini merupakan tahun pertama diadakannya kegiatan ini."This year is the first year of Communication Creativity Week being conducted. Communication Creativity Week is an annual event provided by Student Activity PUMA Communications. With the theme of "THE POWER OF COMMUNICATIONS" we hope that the young generation of communication practitioners will be more ready to survive and grow in real life. All generations of communication practitioners have to be more "POWERFUL" and you guys are already becoming a part of this movement." Fedi Haikal selaku ketua kegiatan Communication Creativity Week 2021 dalam sambutannya.
Kegiatan ini berupa perlombaan yang diadakan bagi siswa SMA dan Mahasiswa seluruh Indonesia. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, The Power of Communication juga diambil dari banyaknya isu-isu tenaga kerja yang pekerjaannya digantikan oleh kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan yang semula bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia tapi berujung mengambil peran manusia itu sendiri. Dengan jenis perlombaan yang dapat mengasah kemampuan soft skill maupun hard skill, seluruh panitia berharap kegiatan ini dapat  berkontribusi untuk mempersiapkan praktisi komunikasi selanjutnya yang bisa bertahan dan bersaing di dalam dunia pekerjaan.Â
Adapun jenis perlombaan yang diadakan dikategorikan dalam tiga konsentrasi yang ada pada jurusan komunikasi yaitu:
Public Relations
Pidato - untuk mahasiswa
Story Telling - untuk siswa SMA
Journalism
News Anchor -Â untuk mahasiswa
Puisi - untuk siswa SMA
Film and Television
3D Profile -Â untuk mahasiswa
Poster - untuk siswa SMA
Kegiatan ini dilaksanakan secara online, para peserta diwajibkan untuk mengirim video hasil karya ke email yang telah disediakan oleh panitia. Penyeleksian berlangsung selama kurang lebih tiga hari dan para pemenang diumumkan di akhir kegiatan ini yaitu pada acara Final Night Communication Creativity Week, 30 November 2021. Juri yang dihadirkan pada kegiatan ini merupakan orang-orang pilihan yang ahli di bidangnya dengan artian peserta yang terpilih untuk menjadi pemenang dalam kegiatan ini adalah peserta terbaik dan berbakat. Hadiah yang diberikan pada pemenang adalah berupa uang tunai ratusan ribu, sertifikat, dan beasiswa bagi siswa SMA untuk melanjutkan studinya di President University. Kegiatan ini merupakan peluang besar bagi siswa SMA se-Indonesia untuk mendapatkan beasiswa President University. Selain pengumuman dan pembagian hadiah, kegiatan ini juga menghadirkan beberapa penampilan dari mahasiswa komunikasi President University untuk memeriahkan Final Night.
Berada dalam keterbatasan ruang pandemi ini tidak menjadikan semangat dan antusias para panitia juga peserta hilang. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tujuan diadakannya kegiatan Communication Creativity Week 2021 ini tersampaikan dengan baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H