Di digital marketing beda bisnis beda angka KPInya jika sifatnya konversi atau penjualan. Namun untuk sekedar reach atau menjangkau sebanyak mungkin dan semurah mungkin target market mungkin secara angka KPI kurang lebih sama.Â
Tapi jangan salah kaprah orang atau perusahaan bayar agency atau seorang digital marketer hanya untuk dia spend iklan berapa terus sekonyong-konyong KPInya langsung salesnya brapa?
Gak salah juga sih.. asal udah ketahuan benchmark dalam beriklan. Sebelum baca lebih lanjut ada baiknya baca tulisan saya sebelumnya mengenai mindset yang penting sebelum menggunakan jasa digital marketing disini.
Oke langsung sharing pengalaman saya dalam beriklan kali ini di platform Facebook Ads
Untuk Facebook berikut beberapa campaign yang sering saya gunakan ada video views, trafik, leads, dan konversi (click atau cost per landing page). Angka dibawah ini saya anggap cukup bagus dalam menjalankan suatu iklan.
- Video views biasanya yang bagus dibawah < Rp 50 perak dengan CTR > 1%
- Trafik click < Rp 500 perak dengan CTR > 1%
- Trafik cost per landing page < Rp 1,500 / cost per landing page CTR > 1%Â
- Untuk cost per leads ini setiap bisnis beda-beda jadi harus di test dengan konten dengan min CTR 1%.Â
 Pengalaman saya untuk suatu tiket masuk bisa < Rp 10,000 per leads. Untuk suatu produk software orang mengisi leads form bisa Rp 40,000- 100,000 per leads.
Untuk kursus online bisa < Rp 10,000
Jadi tergantung bisnis dan konten iklannya yang menyebabkan iklan itu optimal
- Untuk cost per konveri lebih-lebih akan memakan waktu 1-3 bulan untuk menentukan split testing baik konten iklan, audience/target market, dan terpenting landing page yang secara UX/UI bagus atau jika lari ke whatsApp maka customer service yang mesti responsive dan luwes dalam follow up incoming wa yang masuk sampai hingga closing. Yang berujung nanti bisa dihitung cost per conversionnya.
Tips lain untuk konversi adalah pembuatan konten baik image atau video amatlah penting jangan bosen-bosen buat konten dari beberapa angle. Jika melihat iklan bagus dalam arti kata informatif, jelas, dan keren secara visual jangan lupa save di instagram.
Faktor penting yang lain dalam beriklan di Facebook adalah membuat custom audience . Dimana step awal kita beriklan di Facebook dengan interest yang berbeda-beda dan buatlah adset min 5 ads set dan min 2 konten ads  yang berbeda-beda untuk mengumpulkan data ataupun penonton iklan kita. Yang mana ujungnya nanti akan dibuat look a like audience (LAA) agar iklan yang kita buat lebih optimal.
Tips terakhir sebelum beriklan di Facebook adalah landing page yang secara UX/UI bagus dan loading websitenya cepat. Namun jika ketika iklan di klik akan masuk ke WA maka pastikan sumber daya CS (customer service ) paham benar tentang produk/jasa yang dijual dan teknik closing di WA.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI