Mohon tunggu...
Panjirangi P.
Panjirangi P. Mohon Tunggu... Freelancer - Berusaha menulis

Meluangkan waktu dengan apa yang terpikirkan.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

"Introduction to Multimedia": Kombinasi dan Kemudahan

9 Februari 2018   01:11 Diperbarui: 9 Februari 2018   15:26 732
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://kelasdesain.com/dasar-desain-grafis/

Dewasa ini mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan namanya multimedia. Dunia digital dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang menjadi lahan untuk multimedia mendekatkan diri dengan kehidupan kita sehari-hari. Multimedia jaman dulu dan saat ini memiliki beberapa perbedaan, dimana dulu multimedia bisa kita temui dalam bentuk-bentuk komunikasi massa seperti koran, radio, dan televisi. 

Sedangkan saat ini multimedia lebih mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, contohnya adalah ponsel pintar yang memiliki segudang fitur dan aplikasi dalam satu perangkat yang menawarkan kemudahan bagi para penggunanya.

Hal tersebut bisa dikatakan berhasil, dimana generasi Z saat ini lebih menyukai media yang memiliki kemudahan akses tertentu, seperti hasil riset dari Tirto.id  karena salah satu keuntungan dari multimedia adalah menawarkan kemudahan akses informasi.

https://tirto.id
https://tirto.id

Multimedia sendiri berasal dari kata multi dan media. Dimana multi memiliki arti banyak dan bisa kita maknai sebagai kombinasi atau gabungan, sedangkan media adalah suatu alat perantara yang digunakan untuk menghasilkan teks, audio, animasi, gambar, grafis, video, dan bertujuan untuk menyampaikan suatu informasi. Kemudian dapat kita temukan bahwa multimedia adalah kombinasi atau gabungan teks, audio, animasi, gambar, video, dan grafis dalan proses pembuatan informasi.

Kategori Multimedia

1. Linear

Konten yang terdapat dalam multimedia linear mampu menuntun user secara tersistematis. Namun user seolah terbelenggu dalam konten tersebut karena tidak bisa bebas dalam mengakses konten tersebut, atau singkata kata user hanya mengikuti bagaimana sistem yang terdapat di multimedia linear ini. Contoh sederhananya adalah buku novel, dimana tidak mungkin user langsung membaca bagian tengah tanpa membaca bagian awalnya terlebih dahulu.

2. Non Linear

Kategori ini mampu membebaskan pilihan kepada user-nya dalam mengakses informasi tanpa harus mengikuti struktur konten yang ada. Sederhananya adalah ketika user mengakses google.com untuk mencari tau sesuatu (googling) google.com akan memberikan berbagai macam pilihan sesuai dengan hal yang dicari oleh sang user tanpa harus memaksakan user untuk memilih pilihan pertama.

Elemen Multimedia

1. Teks

Teks menjadi salah satu elemen penting atau mendasar dalam multimedia. Teks mampu menjadi penghubung antara userdengan fitur-fitur yang disediakan, dan dapat menyampaikan pesan tertentu kepada usermelalui kata-kata. 

2.  Audio

Audio atau suara menjadi elemen yang bertujuan untuk memanjakan indra pendengaran user. Hal ini dapat membantu user untuk merasakan suasana yang lebih hidup ketika sedang mengakses suatu konten. Contohnya adalah backsound, efek suara, musik, dan lain-lain.

3. Animasi

Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan. 

https://www.galena.co.id/q/dimana-saya-bisa-menemukan-tutorial-unity-untuk-membuat-animasi-bergerak
https://www.galena.co.id/q/dimana-saya-bisa-menemukan-tutorial-unity-untuk-membuat-animasi-bergerak

Animasi ini digunakan untuk dapat memanjakan indra penglihatan user dengan tujuan  menghilangkan rasa kejenuhan ketika mengakses suatu konten dan bisa membuat user lebih menangkap informasi yang ada.

4.  Gambar atau Grafis

Gambar adalah suatu metode yang digunakan seseorang untuk menyampaikan pesan  dalam proses komunikasi yang memiliki tujuan agar penyampaian informasi dapat sampai dengan benar dan mudah dipahami. Terkadang dalam proses komunikasi gambar dapat berbicara lebih banyak ketimbang kata-kata.

https://kelasdesain.com/dasar-desain-grafis/
https://kelasdesain.com/dasar-desain-grafis/

Sedangkan grafis adalah bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi koordinat titik-titik dan garis sebagai media untuk menyampaikan informasi secara efektif. Umumnya orang menyebut istilah grafis dengan gambar. Grafis atau gambar dapat menjadi fungsional dan sebagai seni artistik dengan menginformasikan, menggambarkan keadaan atau kepentingan tertentu melalui rancangan, proses dan hasil produksi.

5. Video

Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Gambar bergerak nantinya akan menjadi video yang  memiliki suatu pesan tertentu kepada user.


Keuntungan Dari Multimedia

Keuntungan dari multimedia ada pada kemudahan dalam mengakses bagi para user, dimana dalam satu perangkat dapat memiliki beragam fitur dan aplikasi. Dewasa ini kita bisa mengakses radio dan televisi melalui ponsel pintar kita, atau menulis berita dan mengerjakan tugas-tugas kuliah bisa melalui aplikasi WPS melalui ponsel pintar kita. Hal ini yang membuat ponsel pintar menjadi salah satu multimedia yang banyak digunakan oleh masyarakat. 

Selain itu keuntungan multimedia adalah banyaknya media yang bisa di kombinasikan dan tidak melulu dikemas secara serius namun bisa dihadirkan hal-hal yang menghibur para user-nya dengan elemen-elemen yang ada dikemas sekreatif mungkin.

Multimedia Memuaskan Indra Penggunannya

Multimedia mampu menyediakan kemasan informasi yang menarik bagi indra kita. Dimana kombinasi media yang beragam membuat indra penglihatan dan pendengaran terlayani dengan baik. Sehingga terlihat wajar ketika buku, koran, majalah ditinggalkan oleh generasi Z yang hanya mampu menghadirkan teks saja. 

Apabila dulu informasi lebih fokus kepada akurasi atau validasi informasi, saat ini informasi berkembang menjadi sesuatu yang harus memiliki kemasan informasi yang (lebih) menghibur dan interaktif. Entah para pembaca merasakan atau tidak, informasi yang ada saat ini dikuasi oleh perusahaan-perusahaan media massa yang menggunakan multimedia sebagai sarana utama distribusi informasi mereka, ketimbang mereka yang tidak (belum) menerapkan multimedia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun