Tingginya kebutuhan jurnalisme di Indonesia mendorong media-media massa hadir dan bertumbuh di dunia jurnalistik Nusantara, dan menjadi jembatan informasi bagi masyarakat.
Mengikuti perkembangan zaman, masyarakat berevolusi dan berkembang ke arah modern. Hadirnya teknologi membantu berbagai aspek kehidupan, khususnya jurnalisme.
Mau tidak mau, jurnalisme di Indonesia juga turu merasakan dampak teknologi. Jurnalisme pelan-pelan berkembang dan merambat ke arah digital.
Kondisi masyarakat menjadi pertimbangan utama atas pelebaran sayap media massa menuju ranah digital, termasuk dengan hadirnya media online sebagai cabangnya.
Â
Sepak Terjang CNN Indonesia
Kolaborasi antara Trans Media dengan Turner International menghadirkan stasiun televisi dan situs berita yang memberikan informasi lingkup nasional dan internasional, yang dinamakan CNN Indonesia.
Cable News Network (CNN) Indonesia pertama kali merilis tayangan televisi pertamanya pada Senin, 17 Agustus 2015. Sedangkan situs berita cnnindonesia.com diluncurkan pada 20 Oktober 2014.
Tayangan CNN menggunakan bahasa Indonesia, dan hingga saat ini pada tahun 2022, CNN hadir selama 24 jam setiap hari memberikan informasi faktual dan terkini.
Penonton dapat mengakses tayangan CNN melalui saluran televisi berbayar, antena biasa, hingga live streaming melalui platform online.Â
Saluran yang dapat digunakan untuk mengakses tayangan CNN Indonesia ialah saluran berbayar Transvision dan UseeTV, live streaming di cnnindonesia.com, dan antenna biasa yakni Trans TV dan Trans 7.
CNN Indonesia dan CNN Internasional merupakan dua organisasi berbeda, tetapi saling terkoneksi. Jaringan CNN meliputi berbagai negara sehingga informasi yang disampaikan bersifat global.
Tidak hanya sekedar dengan kata-kata, berita rilisan CNN Indonesia mengoptimalkan media miliknya, termasuk menggunakan elemen grafis, foto hingga video untuk media bercerita.
Seperti kebanyakan media, CNN Indonesia menjadikan berita berkonteks konflik sebagai fokus utama pemberitaan isu marginalitas.
Berdasarkan data yang dirilis Indeks Media Inklusif 2020, lebih dari setengah berita isu marginalitas CNN Indonesia mencapai 51,2%.
Adapun CNN Indonesia memiliki keunggulan dalam pemberitaan gaya thematic sebesar 54,7%, serta aksesibilitas situsnya bagi pembaca tunanetra (peringkat 2).
Walau dirilis tahun 2014 namun sejatinya, konsep CNN Indonesia sudah dirancang sejak 2009 dikarenakan kerjasama antara Trans Media dengan CNN Internasional.
Titik awal lahirnya CNN ialah adanya pandangan akan masa depan jurnalisme yang serba digital, sehingga konsep CNN Indonesia ialah serba digital.
Mulanya CNN Indonesia difokuskan untuk portal berita online saja, namun setahun setelahnya siaran televisi pertamanya resmi diluncurkan.
Hadirnya CNN Indonesia turut mewarnai arus jurnalisme di Indonesia. Tayangan yang disusun CNN hadir dalam 24 jam dan memiliki berbagai segmen menarik.
Kolaborasi Media dalam Era Digital
Seperti asal mula terbentuknya, CNN Indonesia muncul dari kolaborasi jurnalisme multimedia dan online, yang juga merupakan media massa kolaborasi di era digitalisasi.
Kolaborasi tersebut menghadirkan konsep baru jurnalisme dalam CNN Indonesia, yang mengoptimalkan penggunaan media dalam penyajian berita.
Dalam melakukan siaran televisi, CNN Indonesia turut menghadirkan live streaming sebagai opsi untuk masyarakat mengakses siaran televisi melalui internet.
Artikel yang dirilis CNN Indonesia juga memberikan elemen grafis lainnya seperti gambar dan video untuk memudahkan masyarakat memahami visual berita.
Hal ini merupakan bentuk perkembangan jurnalisme multimedia dan online, karena CNN Indonesia sendiri hadir dalam era digital sehingga mengikuti perkembangan zaman.
Sejak berdiri, CNN Indonesia sudah berfokus dan mengembangkan kiprah jurnalismenya dengan online, namun juga mengutakan jurnalisme multimedia sebagai hasil kolaborasi.
Masyarakat juga dapat mengakses CNN Indonesia secara televisi maupun website berita dengan mudah, sehingga CNN Indonesia dapat diandalkan sebagai media utama.
Ini dibuktikan dengan peringkat website cnnindonesia.com yang masuk 10 besar media digital pada tahun 2017, 3 tahun setelah hadir dan menyapa masyarakat (versi Comscore).
Semangat ''News We Can Trust'' menjadi landasan CNN Indonesia untuk terus menghidupkan jurnalistik yang faktual dan akurat.
Format teks tidak hanya satu-satunya cara bagi mereka untuk menyampaikan informasi, namun senjata lain seperti infografis, foto dan video memiliki peran utama dalam ruang redaksi.
Era digital dan dunia maya yang berkembang juga memprakasai media digital CNN Indonesia untuk berkembang, dan menyinari dunia jurnalisme online di Indonesia.
Melihat hadirnya CNN Indonesia dalam ranah media massa menjadi titik perkembangan jurnalisme multimedia dan jurnalisme online di Indonesia, yang bergerak dalam digital. Â
Simak infografis perkembangan CNN Indonesia disini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H