Mohon tunggu...
amelia sesa
amelia sesa Mohon Tunggu... Programmer - tentang saya

Penggunaan strategi content marketing itu memiliki tujuan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan dengan cara konsisten membuat, dan mengurasi konten-konten bernilai dan relevan dengan maksud mengubah atau memperbaiki perilaku konsumen. http://panduanmarketing.id/

Selanjutnya

Tutup

Money

Cara Membuat Content Marketing untuk Bisnis

6 Agustus 2020   10:48 Diperbarui: 6 Agustus 2020   10:54 266
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: ChubbyRawit

Strategy digital marketing atau social media marketing yang kamu kerjakan mengalami stagnant . Segala cara sudah dilakukan , melakukan upload berbagai content . Namun hasil nya tetap saja nihil ?

Jika kasus ini lah yang sobat alami , maka wajib bagi kamu buat men check ulang strategy konten kamu gunakan saat ini .

Banyak sekali pertanyaan yang saya temui entah itu di sosmed maupun forum forum bisnis , seputar problema ini . Kok bisa hal seperti ini terjadi ? sebegitu sulit kah digital marketing itu sehingga banyak yang mengalami stagnan seperti ini ?

Setelah saya lakukan pengecekan berdasarkan cerita dari threadment threatment yang telah mereka kerjakan . Ternyata mayoritas mereka melakukan hal  berikut  ini :

Di tampilan social media / di timeline nya , semua konten yang berada di sana hanya berisi jualan saja . Padahal yang nama nya audience atau calon buyer itu enggan jika langsung di tawari promosi . Karena pada dasarnya nama nya digital marketing itu tidak akan lepas dari namanya content marketing. 

Kalau setiap hari hanya upload produk dan jualan , maka dapat di pastikan penjualan nya akan sedikit , kecuali ketika kasus teman teman sudah mempunyai social media yang besar , maka boleh lah kalopun setiap hari kamu nya upload produk terus .

Namun apabila sobat baru memulai, atau akun social media nya masih kecil lalu setiap hari isi nya hanya jualan pasti ditnggal kan oleh audiencee dari teman teman .

Maka yang bisa kita kerjakan adalah membuat promosi dengan lebih baik lagi , kemas lah promosi mu dengan sedemikian rupa sehingga promo kita , iklan kita , jualan kita tidak terkesan langsung berjualan .

3 konsep digital marketing untuk bisnis

Lalu bagaimana kah cara nya ? 

Dalam ilmu konten marketing , kita mengenal yang namanya strategy piramida conten . Dimana yang namanya content marketing itu ada 3 tingkatan :

1. Konten hero 

Kalau teman teman banyangkan piramida , maka bagian atas itu adalah konten utama / konten hero , tujuan nya untuk menyampaikan pesan utama dari brand , biasa nya di publish dalam skala besar .

Konten hero ini fungsi nya langsung dipakai buat berjualan / hard selling 

2. Konten penghubung 

Dibawah konten hero ada yang nama nya konten penghubung atau juga dikenal sebagai konten hard . Di konten ini tidak langsung berjualan , namun kamu bisa menggunakan latar cerita dari bisnis yang sedang dikerjakan .

Fungsi inti dari konten penghubung adalah untuk membuat target market ingat dan kembali secara rutin , bisa juga dibuat secara ber seri setiap minggu nya .

3. Konten hyginie atau konten rutin 

Dibagian bawah dari konsep marketing piramid terdapat 1 skema lagi nama nya konten hyginie. Konsep nya adalah tidak langsung jualan, teapi sobat bisa menggali konten yang lebih umum tapi masih berkaitan dengan produk yang hendak dipasarkan .

Contoh :

Misal sobat jualan celana dalam , maka konten hero nya kamu bisa langsung berjualan dengan menyertakan poto produk nya , caption serta harga nya . Hard selling disini .

Untuk konten penghubung nya , kamu bisa memberikan cerita mungkin tentang iritasi kulit kelamin atau mungkin case lain yang berhubungan dengan celana dalam tadi .

Sedangkan untuk conten hygenie , kamu bisa menyuguhkan konten yang isi nya seperti tips memilih celana dalam , tips mencegah iritasi kulit dsb .

Nah, dalam komposisi piramida konten ini , kunci nya seperti ini :

Semakin keatas , semakin itu konten utama maka komposisi nya adalah semakin sedikit . Dan semakin kebawah ( konten hyginie ) maka komposisi nya semakin banyak .

Misal , dalam sehari kamu upload 3 konten , maka yang konten utama untuk langsung jualan itu hanya satu saja . Sedangkan sisa nya konten lain .

Kenapa harus seperti ini ?

Sebetul nya simple , jika teman teman ingin berjualan atau membidik konsumen untuk membeli produk kita , maka jadikan lah social media dari produk kita itu bermanfaat serta dibutuhkan oleh mereka . 

Jika social media mu itu bermanfaat , maka apa yang kita jual pasti akan dibeli .

Namun sebalik nya , jika konten kamu sama sekali tidak bermanfaat maka tentu mereka akan mengabaikan social media mu .

Panduan mengexplore konten dalam strategy digital marketing

Dalam meng explore konten , kamu juga bisa menggunakan strategy konten yang bermanfaat bagi audience . Contoh nya : how to ( bagaimana cara ? ) dan konten edukasi , konten menghibur , humor , konten yang berisi informasi terkait dengan detail produk , bahan baku , proses dan sebagai nya . 

Atau bisa juga kamu memakai konten review , misal kamu khusus meriview produk tertentu .

Namun dalam case ini , upayakan masih berkaitan dengan bisnis yang sedang dikerjakan . Kunci nya tindakan ini bertujuan untuk membuat social media kita itu bermanfaat bagi audience .

Untuk case media apa yang dipakai untuk mepromosikan produk anda , sebelum menentukan hal tersebut anda harus pahami dulu fungsi dari media social tersebut .

Misal : jika sobat berencana memsarkan produk via isntagram , maka media yang tepat adalah dengan menggunakan poto dan video sebagai media nya .

Jikapun kamu tidak memiliki skill dalam hal pembuatan video , jangan lah hal tersebut dijadikan sebagai alasan untuk mundur . Sebab , di internet sendiri sangat banyak terdapat jasa pembuatan video marketing semacam yukvideoin , tinggal kamu pilah pilah saja mana yang menurut mu  terbaik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun