Mohon tunggu...
pandan WangiSumunar
pandan WangiSumunar Mohon Tunggu... Mahasiswa - .

hai hallo annyeong

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Promo Tanggal Istimewa

7 Januari 2022   18:28 Diperbarui: 7 Januari 2022   19:50 1582
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Promo Puncak 11.11 Big Sale

Shopee merupakan situs layanan belanja online yang lebih fokus pada platform mobile yang menjual berbagai macam barang, mulai dari barang elektronik, pakaian, peralatan dapur, perkakas, peralatan sekolah, makanan dan lain-lain, karena menggunakan platform mobile tentunya akan mempermudah orang-orang untuk mencari barang yang diinginkan, berbelanja, bahkan berjualan hanya dengan menggunakan handphone saja.

Shopee merupakan situs layanan belanja online yang banyak digemari berbagai kalangan usia dan gender dari remaja hingga orang tua, Karena situs belanja online ini mencakupi berbagai kebutuhan yang melekat pada kehidupan sehari-hari. Kebutuhan yang dicari hampir semua bisa dikatakan ada di e-commerece ini oleh karena itu aplikasi belanja online ini banyak diminati oleh masyarakat. Namun tidak hanya karena kelengkapan barangnya saja, layanan dan promo-promo yang diberikan pun menjadi daya tarik tersendiri mengapa aplikasi ini banyak di minati sebagai situs belanja online. 

Pada awal tahun 2020 lalu pandemi membuat masyarakat terpaksa harus melakukan segala aktivitasnya dirumah saja, karena imbauan pemerintah mengenai lockdown sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Dengan adanya imbauan tersebut tentunya sangat berdampak bagi keseharian masyarakat seperti membatasi aktivitas masyarakat untuk bekerja di luar rumah guna memenuhi kebutuhan sehari--hari, belanja untuk kebutuhan dapur, belanja baju dan lain sebagainya.

Dengan adanya permasalahan itu shopee justru makin gencar untuk membuat promo--promo karena shopee beranggapan, sebelum terjadi pandemi covid-19 budaya untuk belanja online sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, masyarakat sudah terbiasa dengan aktivitas belanja online, karena dinilai lebih mudah, menghemat waktu dan praktis pastinya. Dengan adanya pandemi covid-19 yang membuat masyarakat terbatas ketika ingin melakukan aktivitas berbelanja, sebagaian masyarakat mengambil solusi dengan cara belanja online melewati shopee untuk memenuhi kebutuhan sehari -hari masyarakat tersebut, hal ini membuat masyarakat makin terbiasa dengan berbelanja online.

Sebagai situs layanan belanja online terbesar di Indonesia, shopee memberikan berbagai promo menarik yang dapat menarik hati penggunanya untuk membeli produk menggunkan jasanya. Promosi yang dilakukanya yaitu layanan diskon besar yang dilakukan setiap bulannya yang bertepatan dengan tanggal yang cantik atau promo tanggal-tanggal istimewa, contohnya tanggal 9 bulan ke 9. Program diskon ini diberi nama yang sudah disesuaikan dengan waktu dan barang yang dipromosikan, seperti 2.2 Men Sale, 3.3 Fashion Sale, 11.11 Big Sale hingga yang akan datang. Penawaran dsikon akan semakin besar jika mendekati akhir tahun, seperti pada bulan november di tanggal ke 11 yang diselenggarakan dengan nama 11.11 Big Sale.

Ketika promo sedang berlangsung masyarakat merlomba-lomba untuk mendapat penawaran diskon yang berlaku di semua jenis barang yang ada di aplikasi belanja online, tidak hanya itu setiap diskon bulanan ini dilakukan layanan dari shopee memberikan gratis ongkir namun gratis ongkir dan diskon hanya berlaku dengan batas waktu yang sudah ditentukan dengan pihak shopee. Dengan diadakanya program promo ini tentunya akan menambah minat dan ketertarikan pengguna untuk membeli dengan skala yang besar.

Resepon masyarakatpun dalam menanggapi fenomena promo ini tentunya sangat antusias seperti pengguna yang bernama Tania Nahwa yang merasa sangat diuntungkan degan adanya promo-promo yang diberikan shopee "Adanya promo ini itu sangat menguntungkan sekali buat aku, terlebih aku mahasiwa kan ya, barang yang aku beli bisa turun sampai setengah harga udah gitu gratis ongkir lagi, bisa lebih menghemat lah jadinya" ujarnya. Dilansir dari Katadata.co.id. "Banyaknya program promosi itu mendongkrak omzet atau gros merchandise value (GMV) hingga 109,9% yoy menjadi US$ 8 miliar atau Rp 118,8 triliun di delapan negara. Transaksi ini berdasarkan operasional Shopee di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Taiwan, dan Brazil".

Dampak promo tanggal cantik juga menjadi hal yang perlu di sorot saat ini, karena dengan adanya promo tanggal cantik ini tentunya dapat memunculkan berbagai dampak dan perilaku masyarakat, mulai dari yang positif maupun negatif. Dampaknya diantaranya ada perubahan gaya hidup, perilaku sosial dan pola pikir yang konsumtif.

Adanya promo tanggal cantik ini membuat masyarakat sangat tertarik untuk berbelanja walaupun tidak diperlukan. Membeli hanya karena spontan, hal ini terjadi karena pembeli melihat adanya diskon suatu barang yang di inginkan sedang ada potongan harga yang membuat pembeli tanpa berpikir panjang untuk membelinya tanpa terencana. masyarkat akan muncul pola hidup yang konsumtif yang akan menjadi budaya baru, masyarakat akan cenderung bertindak boros. Membeli barang bukan menjadi kebutuhan lagi namun menjadi keinginan karena mengikuti trend yang sedang berlangsung seperti trend botol minum tumblr sebagian mereka akan mengikutinya, membeli sesuatu yang berlebihan atau membeli dengan tidak terencana dan membelinya walaupun sedang tidak membutuhkan. Namun dengan adanya promo ini masyarakat bisa mengambil sebagai manfaat dan kesempatan untuk menghemat pengeluaran, masyarakat dapat memenuhi kebuthan kesehariannya dengan harga yang lebih murah, dengan adnya diskom pembeli memiliki kesempatan untuk membeli atau mengonsumsi produk lain yang cenderung lebih mahal namun tetap sesuai dengan kebutuhan, seperti pengguna yang bernama Tania Nahwa yang merasakan pengaruh dari promo tanggal cantik tersebut " promo tanggal cantik ini emang menguntungkan, tapi jadi apa-apa dibeli gitu"ujarnya.

Dari pengaruh dan dampak promo tanggal cantik di atas, sebagai pengguna aplikasi e-commerce yang bijak kita seharusnya dapat mengontrol ketika menggunakan kesempatan promo tersebut sehingga dapat optimal, sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan dan tidak hanya berdasarkan keinginan saja, sehingga pengeluaran yang kita harus keluarkan lebih bermanfaat dan tidak terbuang secara percuma.

Refrensi

Shafinaz, N. 2020. Pengaruh Promo Shopee "Tanggal-tanggal Istimewa" Terhadap Minat Beli Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. Diakses pada 29 Desember 2021 melalui

https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/27899/150904104.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Aditya, P.P, Moehammad, G,Y. Pengaruh Diskon 9.9 Super Shopping Day Shopee terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Shopee

https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/10127

Katadata, 11 November 2020. 11.11 dan Promo Rutin Tanggal Cantik, Strategi Shopee Dominasi Pasar

https://katadata.co.id/pingitaria/digital/5faa3b9049e9a/1111-dan-promo-rutin-tanggal-cantik-strategi-shopee-dominasi-pasar

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun