Mohon tunggu...
Pamela Pusung
Pamela Pusung Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

enjoy your reading

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Ayo Kenalan Sama SEO dan SEM!

5 Oktober 2021   22:42 Diperbarui: 15 Desember 2021   10:52 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SEO dan SEM merupakan konsep dari search engine atau mesin pencari yang bertujuan untuk memberikan konten yang tepat untuk orang yang tepat di tempat yang tepat dan waktu yang tepat. Teknik ini banyak digunakan oleh pelaku usaha di digital marketing.

Mungkin sebagian orang masih asing dengan kata SEO dan SEM, termasuk kamu. Maka, artikel ini akan membantu kamu untuk mengetahui mengenai SEO dan SEM. Tobias Ebner dan Levin Granitza pada bukunya "The SEO Book" menjelaskan:

Google memiliki berbagai sistem peringkat yang mencari beberapa miliar website dalam beberapa detik untuk memberikan jawaban paling relevan kepada pengguna atas permintaan pencarian mereka. Sehingga, SEO dan SEM berperan dalam hal ini untuk membantu mendapatkan jawaban yang tepat.

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau biasa disingkat menjadi SEO merupakan upaya untuk mengoptimalkan website dan meningkatkan peringkat teratas pada hasil pencarian mesin informasi. 

SEO melakukan pengoptimalan dengan melakukan perubahan kecil pada bagian-bagian tertentu di web. Walaupun hanya sedikit peningkatan tetapi berdampak besar pada pencarian Google.

SEO bertujuan untuk menaikkan traffic visitor sesuai dengan keyword yang telah ditentukan. Semakin tinggi peringkat website dengan keyword tertentu di search engine, maka akan semakin tinggi juga pengunjung di website tersebut.

Selain, keyword ada hal lain yang penting juga dalam SEO yaitu konten yang terstruktur. 

Keyword merupakan dasar dari SEO, maka harus dilakukan riset keyword sebelum menentukannya. Dalam menentukan keyword tentu banyak persaingan, untuk mengetahui seberapa besar persaingan tersebut dapat dilakukan:

  • Masukkan URL, metrik domain, dan cek backlink.
  • Kontrol Optimasi ON-Page
  • Periksa hasil pencarian masing-masing di halaman tanya jawab atau di forum
  • Periksa kualitas konten lebih dekat

Search Engine Marketing

Search Engine Marketing atau yang disingkat menjadi SEM merupakan gabungan dari dua hal yaitu search engine optimization (SEO) dan search engine advertising (SEA). SEM bertujuan untuk mengoptimasi website agar muncul di mesin pencari dengan memanfaatkan iklan. 

Perbedaan antara SEO dan SEM adalah pada segi biaya. 

SEM mengiklankan website menggunakan berbagai cara salah satunya adalah Pay Per Click (PPC). Cara ini sangat sukses dan menguntungkan bagi pihak pelaku usaha atau perusahaan. Terutama di dunia yang serba digital sekarang dan harus bertahan untuk mencari pasar. 

Pada tampilannya website yang menggunakan SEM akan terlihat tanda "ad" atau "iklan". Kecepatan hasil yang diberikan oleh SEM lebih cepat dibandingkan SEO, walaupun keduanya membutuhkan waktu untuk menempati halaman pertama.

SEO dan SEM tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kita dapat memilih untuk menggunakan yang mana sesuai target audiens yang kita inginkan. Juga pertimbangan-pertimbangan lainnya seperti dana dan waktu yang diinginkan untuk website berada di peringkat atas. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun