SEO dan SEM merupakan konsep dari search engine atau mesin pencari yang bertujuan untuk memberikan konten yang tepat untuk orang yang tepat di tempat yang tepat dan waktu yang tepat. Teknik ini banyak digunakan oleh pelaku usaha di digital marketing.
Mungkin sebagian orang masih asing dengan kata SEO dan SEM, termasuk kamu. Maka, artikel ini akan membantu kamu untuk mengetahui mengenai SEO dan SEM. Tobias Ebner dan Levin Granitza pada bukunya "The SEO Book" menjelaskan:
Google memiliki berbagai sistem peringkat yang mencari beberapa miliar website dalam beberapa detik untuk memberikan jawaban paling relevan kepada pengguna atas permintaan pencarian mereka. Sehingga, SEO dan SEM berperan dalam hal ini untuk membantu mendapatkan jawaban yang tepat.
Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization atau biasa disingkat menjadi SEO merupakan upaya untuk mengoptimalkan website dan meningkatkan peringkat teratas pada hasil pencarian mesin informasi.Â
SEO melakukan pengoptimalan dengan melakukan perubahan kecil pada bagian-bagian tertentu di web. Walaupun hanya sedikit peningkatan tetapi berdampak besar pada pencarian Google.
SEO bertujuan untuk menaikkan traffic visitor sesuai dengan keyword yang telah ditentukan. Semakin tinggi peringkat website dengan keyword tertentu di search engine, maka akan semakin tinggi juga pengunjung di website tersebut.
Selain, keyword ada hal lain yang penting juga dalam SEO yaitu konten yang terstruktur.Â
Keyword merupakan dasar dari SEO, maka harus dilakukan riset keyword sebelum menentukannya. Dalam menentukan keyword tentu banyak persaingan, untuk mengetahui seberapa besar persaingan tersebut dapat dilakukan:
- Masukkan URL, metrik domain, dan cek backlink.
- Kontrol Optimasi ON-Page
- Periksa hasil pencarian masing-masing di halaman tanya jawab atau di forum
- Periksa kualitas konten lebih dekat
Search Engine Marketing