Siapa yang kadang merasa terganggu dengan penawaran agen asuransi? Mulai dari penawaran produk, peningkatan premi, atau bahkan tawaran untuk pindah ke produk perusahaan asuransi sebelah?
Namun yang lebih menyusahkan lagi, apabila si agen sulit untuk dihubungi. Padahal seyogyanya, nasabah perlu respon yang cepat, realtime kapan pun dimana pun.Â
Nah, di era perkembangan teknologi digital saat ini, industri asuransi harus mulai berbenah diri. Jangan sampai ketinggalan zaman seperti perusahaan lainnya yang mulai khawatir dengan keberadaan teknologi finansial (financial technologi/fintech).
"Industri asuransi mulai menyadari ini. Industri asuransi jiwa mulai mempelajari untuk masuk teknologi digital ini dalam menyampaikan produknya ke pasar," katanya di Jakarta, Rabu (24/1).
Mengutip data "Digital in 2017: Southeast Asia" dari We Are Social dan Hootsuite (2017), sekitar 132,7 juta jiwa dari 262 juta populasi di Indonesia merupakan pengguna internet. Sekitar 106 juta jiwa pengguna aktif media sosial dan 92 juta jiwa pengguna aktif media sosial melalui aplikasi bergerak (mobile).
Menurut Hendrisman, masyarakat butuh informasi dan respons langsung yang cepat dan tepat dalam mendapatkan kemudahan akses dan layanan, di manapun dan kapanpun.
"Sekarang pasar sudah di depan mata kita. Jarak (industri asuransi) dengan pasar sudah tidak ada. Teknologi digital sudah memperkecil jarak tersebut sehingga kita harus bekerja lebih efisien," ujarnya.
Untuk mengantisipasi perkembangan teknologi, AAJI akan menggelar serangkaian kegiatan Digital and Risk Management in Insurance (DRiM).Â
Inisiatif ini bertujuan merespon cepatnya perkembangan teknologi digital, khususnya hubungan perusahaan dengan konsumen, percepatan ragam proses bisnis dan penyebaran informasi, sekaligus membantu meningkatkan dan memajukan penetrasi asuransi jiwa di negeri ini.
Ketua Panitia DRiM Christine Setyabudi mengatakan, AAJI bekerja sama dengan Purwadhika Start-Up and Coding School, untuk menggelar hackathon start-up competition yang diikuti sekitar 100 orang generasi muda.