Mohon tunggu...
Bambang Supriyadi
Bambang Supriyadi Mohon Tunggu... -

Blogger dan Trader

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Service HP Merk Mito Sangat Lama dan Mengecewakan

24 Oktober 2013   13:35 Diperbarui: 24 Juni 2015   06:06 7351
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kenal HP android pertama kali dengan HP Mito seri A800. Kira-kira sebulan mengalami mati total. Masuk ke service center mito (surabaya) melalui toko tempat membeli HP. Dan ternyata sangat lama, perlu 1,5 bulan lamanya.

Seiring penggunaan, HP malah menjadi cepat panas padahal tidak ada 10 menit sejak memulai browsing dengan jaringan 3G, demikian juga saat memainkan game PES 2012 atau bahkan seringan sudoku-pun, juga panas banget kurang dari 10 menitan bermainnya.

Dan akibat panas tadi, touchscreen di sekitar area kamera belakang tidak berfungsi / error. Lama kelamaan kamera belakang mengalami kerusakan hardware. Dan masuk lagi ke service center yang sama.

Pas saat genap 1 bulan penantian, saya tanyakan ke pihak toko penjual (sebagai perantara penghubung dengan service center surabaya). Informasinya spare part belum datang … keren khan?

Lalu setelah penantian 1,5 bulan kembali saya tanyakan ke pihak toko dan pihak toko memberi jawaban hanya suruh menunggu sampai selesai nanti akan dikabari tanpa tau kapan selesainya (bisa jadi sampe garansi habis, padahal garansi sampe April 2014).

Berikut ini nota service-nya :

Adapun Hp Mito A800 saya serial numbernya : 866857019091244

UPDATE 6 NOVEMBER 2013

Tanggal 5 Nov 2013, saya mendapat sms dari pihak toko bahwa HH punya saya sudah selesai service dan bisa diambil (artinya masa service = 53 hari).

Setelah saya cek, ternyata makin parah : Touchscreen di area yang sama (dekat kamera belakang / dibawah status bar) masih error tanpa harus overheat. Dalam kondisi dingin / standby, touchscreennya normal, tapi setelah digunakan kisaran 1 menit sudah error / lag di area tadi (padahal masuk service center waktu itu krn 15 menitan sudah overheat dan touchscreen error di area itu), dan kejadian itu polanya berulang-ulang (kalo distandbykan dulu agak lama, maka touchscreen normal, kembali error jika digunakan 1 menitan) oleh karena itu "rawat inap" lagi ke Mito Service Center Surabaya, berikut ini Nota Servicenya :

13837166051962628728
13837166051962628728

Dan saya sertakan catatan ke pihak toko untuk memberikan link youtube ini (silakan di klik link tersebut untuk mengetahui visualisasi errornya).

Dari kejadian ini, menurut pendapat saya :

1. Bisa jadi Pihak Service Center Mito sengaja melakukan "request" penambahan waktu 60 hari lagi untuk menservice touchscreen HH A800 saya ini, karena 53 hari yg sudah diambilnya adalah waktu yang dirasa oleh mereka terlalu singkat untuk mengganti kamera belakang sekaligus menservice touchscreen. Berikut statement masa 60 hari masa service yang tertuang di kartu servicenya :

1383718815125936756
1383718815125936756

2. Penantian sparepart kamera datang selama 1 bulan saja tidak cukup (silakan baca uraian di paragraf bagian atas) ... jikalau touchscreen ini perlu penggantian sparepart, maka prediksi maksimal 60 hari sejak 6 november baru akan selesai service (atau bisa jadi diniatkan selesai service sebagai sarana untuk minta penambahan waktu 60 hari selanjutnya).

3. Atau parahnya, sama sekali tidak mengerti apa yang saya komplainkan, padahal sudah jelas tertulis di selotip kertas di bagian cover belakang HH ini, berikut ini penampakannya :

13837182081904233320
13837182081904233320

4. Atau sebuah Trik, agar problem terus berlarut-larut tanpa harus rela mengorbankan 1 unit Mito A800 baru untuk mengganti unit saya yang rusak tadi, yang bisa juga mereka tidak tau bagaimana cara menyembuhkan touchscreen yang error tadi.

5. Tidak adanya system check realibility test, padahal jelas tertulis 15 menit internetan overheat dan touchscreen di area tersebut error. Sedangkan yang dinyatakan selesai service kondisinya hanya dipake 1 menit sudah error di area yang sama tanpa harus overheat (makin mengherankan buat saya)

6. Pihak Mito tidak peduli dengan konsumennya.

Saya sudah rugi tenaga, waktu dan uang. Sejak saya beli, HH Mito A800 ini malah lebih lama ditangan service center daripada di tangan saya.

Kepada service center Mito Surabaya atau pihak yang punya kewenangan untuk menanggapi, saya nantikan tulisan anda di komentar dibawah ini disertai bukti. (Dua minggu sejak artikel dibuat, yang sudah dibaca 300-an publik, tidak ada 1 pun pihak yang terkait yang berani memberikan pernyataan / berkomentar).

Update 21 Desember 2013

Tanggal 21 Desember 2013 ini, HH Mito A800 dinyatakan selesai service, setelah saya cek ternyata tidak ada perubahan sedikitpun alias (bisa dikatakan) tidak diapa-apakan oleh Service Center MITO Surabaya (Kecewa Berat dengan produk ini).

Setelah diskusi penyelesaian akhir masalah ini, akhirnya pihak Toko "Madju Hardware" Madiun, mengambil resiko kerugian dengan mengganti dengan Unit yang Baru, sehubungan Produk tersebut sudah tidak ada stocknya di toko tersebut, pihak Toko memberikan unit baru LENOVO A390 termasuk garansi selama 12 bulan terhitung dari tanggal 21 Des 2013 ini. Pihak MITO sama sekali tidak menyelesaikan masalah.

Berikut ini Foto bukti Ganti Unit baru beserta Nota penggantian baru (yang digunakan sebagai bukti penggantian unit dan mulainya kartu garansi selama 1 tahun penuh) :

13876419921279009886
13876419921279009886

Kepada Pihak Toko Madju Hardware Madiun, "Saya ucapkan terima kasih atas kepedulian terhadap masalah konsumen", karena tahun 2012 saya membeli Laptop HP 430 juga di toko ini dan alhamdulillah tidak ada masalah apapun dengan laptop tersebut.

Kepada Pihak MITO, saya sangat kecewa berat dan amat sangat menyesal mengenal produk anda.

Dan dengan Penambahan Update ini, maka saya nyatakan kasus saya ini SELESAI (walau tidak diselesaikan oleh pihak MITO).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun