Mohon tunggu...
Rival Pahrijal
Rival Pahrijal Mohon Tunggu... Lainnya - Masih Pelajar

Long life learning

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pengalaman Masuk dan Lolos Pelatihannya OPPO

28 Juni 2021   10:20 Diperbarui: 28 Juni 2021   10:26 18765
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Sebulan yang lalu aku mengikuti seleksi masuk untuk menjadi promotor di salah satu brand HP terkenal di Indonesia. OPPO. Siapa sih yang tidak tahu brand HP satu ini?

Jika kita jalan-jalan ke toko HP untuk sekedar melihat-lihat atau untuk upgrade HP lama kita dengan HP keluaran terbaru, kita pasti dilayani oleh petugas yang mengenakan pakaian dengan logo atau merk salah satu brand HP yang dijual di toko itu. Entah itu Vivo, Samsung, Oppo, Xiaomi, atau brand HP lain yang ada di toko itu.

Meski memang tidak semua toko HP memiliki petugas khusus tiap brandnya, selanjutnya aku sebut petugas itu promotor. Secara umum, toko-toko yang sudah memenuhi syarat saja yang akan dipinjami promotor. Sedangkan untuk toko-toko yang tidak memenuhi syarat (penjualan per bulannya masih minim) tidak akan dipinjami promotor oleh perusahaan dimana owner toko membeli ponsel tersebut.

Promotor adalah orang yang telah dibekali berbagai macam pengetahuan tentang produk (product knowledge) dan teknik-teknik selling oleh perusahaan HP. Ia bertugas mendobrak penjualan di toko yang bermitra dengan perusahaan. Jika penjualan di lapangan meningkat, otomatis owner toko akan membeli produk lagi ke perusahaan. Sehingga perusahaan untung.

Nah, kebetulan aku punya saudara yang bekerja sebagai promotor di brand OPPO. Katanya, setiap bulan OPPO selalu membuka lowongan pekerjaan untuk posisi promotor ini. Aku yang tengah ingin untuk mencoba bekerja saat itu tertarik dan meminta agar ia memberitahu jikalau OPPO membuka kembali loker tersebut.

Akhir bulan Mei lalu aku diberi informasi loker tersebut. Di sana terpampang syarat-syarat untuk mengikuti seleksi dan juga kontak-kontak yang harus calon pelamar hubungi jiak ia tertarik dengan lowongan itu.

Untuk daerah regional Sukabumi, ada empat area yang mana masing-masing area dipimpin oleh seorang trainer. Saat itu aku belum tahu istilah-istilah ini :D

Aku menghubungi salah satu kontak yang sesuai dengan daerah tempat tinggalku. Responnya cepat sekali! Lantas aku diarahkan untuk mengirimkan berkas lamaranku via email.

Beberapa hari kemudian, sebuah email balasan dari OPPO aku terima. Sebuah undangan untuk menghadiri tes tahap pertama. Psikotes dan interview.

Aku hadir di lokasi yang telah disebutkan di email pagi-pagi betul. Di jadwal tertera bahwa tes akan dimulai pukul 10 pagi. Sedangkan aku sudah tiba di lokasi pukul delapan pagi. Bayangkan dua jam menunggu! Lagi-lagi, bagiku itu tak masalah, kesan pertama harus selalu baik.

Psikotes berupa tes kepemimpinan aku ikuti bersama dengan puluhan peserta lainnya. Hasil tes langsung diumumkan di hari yang sama dan aku mendapatkan nilai sangat kurang. Satu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun