Mohon tunggu...
padma malikahani
padma malikahani Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance Content Writer

Hidup Seperti Larry

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

7 Hal Yang Harus Dilakukan Pada Hari Pertama Kerja

12 September 2024   08:54 Diperbarui: 12 September 2024   11:04 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Freepik.com/newemployee

Hari pertama kerja selalu menjadi momen paling dinanti bagi para pejuang karir. Waktu seringkali berlalu sangat cepat seakan tak sabar untuk berjumpa, namun bagi sebagian orang hari pertama kerja bisa jadi momen menakutkan terutama bagi para fresh graduate yang belum pernah mengenal dunia kerja.

Fikiran seringkali berkecamuk di kepala, perasaan asing seakan menghantui sebelum menanti hari pertama kerja, apalagi mengatasi rasa gugup, grogi, dan gelisah, hingga ketakutan akan tampil kikuk dan mati gaya di antara para rekan kerja.

Pasalnya hari pertama kerja dapat membentuk reputasi kamu kedepannya di perusahaan  dan memberi dampak penting untuk menempuh perjalanan karir kedepannya. Maka kesan pertama akan sangat berarti dalam perjalanan karir kamu kedepannya, sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan matang sebelum menyambut hari esok.

Kamu bisa mulai dengan mencari tahu banyak hal terkait tempat kerjamu sebelum memulai hari pertama kerja. Seperti mempelajari tugas dan tanggung jawab dalam divisi serta mengenal budaya kantor, mengetahui hal tersebut dapat membantumu menempatkan sikap saat menjalani kerja dan mendukung percepatan karirmu di perusahaan kelak.

Selain itu terdapat 7 hal yang harus dilakukan pada hari pertama kerja, diantaranya:

1. Datang tepat waktu dan tidak terlambat

Datang tepat waktu akan memberimu kesan disiplin ketika menjalani hari pertama kerja, dan mencerminkan bahwa kamu semangat serta siap untuk bekerja. Maka dari itu untuk menghindari keterlambatan kerja kamu bisa tidur lebih awal dan tidak begadang pada malam sebelumnya, sehingga kamu akan tampak lebih segar di pagi hari dan memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri dengan matang. Bangun lebih awal juga bisa memberimu rasa nyaman dalam bekerja dan tidak tergesa-gesa, sehingga produktivitas kerjamu akan meningkat.

2. Selalu bersikap ramah 

Bersikap ramah dapat membantumu untuk mencairkan suasana dan menghindari rasa gugup serta tegang dalam menjalani hari pertama kerja, selain itu ramah juga memberi anggapan bahwa kamu pribadi yang asyik dan menyenangkan. Dengan bersikap ramah rekan kerjamu akan beropini bahwa kamu mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja, selain itu memberikan kesan bahwa kamu merasa senang bisa diterima di lingkungan kerjamu. Dengan menunjukkan sikap ramah bisa membuat nyaman bagi sekitar, dan kolegamu akan merasa senang hati memberikan tawaran untuk membantumu.

3. Kenakan pakaian rapi dan tepat

Kamu mungkin akan bingung untuk menentukan pakaian apa yang akan dikenakan pada hari pertama kerja, alangkah baiknya jika kamu bertanya kepada HRD perusahaanmu satu hari sebelumnya. Pakaian yang kamu kenakan pada hari pertama dapat memberikan impresi akan dirimu kedepannya, maka sebaiknya kamu mempersiapkan pakaian terbaik dan tidak mencolok. Pakaian yang rapih dan tepat memberikan citra positif bahwa kamu sopan, kompeten, tenang dan professional saat bekerja.

4. Menghafal nama rekan kerja

Pada hari pertama kerja, kamu pasti akan menjalani sesi onboarding untuk memperkenalkan diri, dan mengenal budaya kantor. Sebaiknya kamu menghafalkan nama rekan kerjamu satu persatu, karena lingkungan kantormu yang luas sangat memungkinkanmu akan saling bertemu dan bertegur sapa. Kamu juga perlu untuk mengakrabkan diri agar bisa saling berkenalan lebih dalam, saling bertukar cerita dan berdiskusi.

Menghafal nama rekan kerja membantumu untuk menyesuaikan diri dan mudah berbaur dengan kolegamu sehingga kamu akan mendapatkan informasi lebih banyak terkait perusahaan. Jangan sampai kamu bersikap antisosial pada hari pertama kerjamu, sehingga kamu terkesan buruk, tidak hormat dan tidak menjaga etika antar sesama kolegamu.

5. Tunjukkan inisiatif bertanya

Banyaknya informasi yang kamu dapatkan pada hari pertama kerja memungkinkan kamu untuk lupa terkait beberapa hal, maka penting bagi kamu untuk rajin mencatat dan mengingat banyak hal. Sehingga efisiensi kerjamu meningkat dan kamu tidak perlu meminta penjelasan ulang, hal ini memberi tanggapan bahwa kamu tidak memperhatikan. Selain itu jangan malu untuk menunjukkan inisiatif bertanya, agar kamu tidak salah arah dan terkesan memiliki inisiatif yang tinggi.

6. Tetap fokus dan tidak bergosip

Alexander Graham Bell pernah berkata bahwa "Konsentrasilah pada apa yang anda lakukan, apapun tidak akan berjalan lancar tanpa fokus". Pada hari pertama kerja mungkin kamu sekilas akan mendengar kabar burung terkait lingkungan kerjamu, yang perlu kamu lakukan adalah jangan mudah terdistraksi dan biarkan hal tersebut berlalu seperti angin lewat. Dan jangan sampai kamu bergosip sehingga terkesan banyak drama dan hobi menjelek-jelekan orang lain, bergosip juga dapat memutus relasi antar rekan kerjamu.

7. Mencari mentor dan minta bimbingan pada senior

Sebagai karyawan yang baru memulai hari pertama kerja, jangan sungkan untuk minta bimbingan pada senior di kantormu. Sering-seringlah mendengarkan dan mereview kembali ucapan seniormu, jangan sampai kamu berlagak sok tahu dan bersikap menggurui. Kamu juga bisa aktif dalam forum diskusi dan selalu melaporkan hasil kerjamu kepada atasan untuk memastikan pekerjaanmu sudah tuntas, sehingga memberi kesan bahwa kamu pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab ketika bekerja.

Berikut 7 hal yang harus dilakukan pada hari pertama kerja, pastikan kamu merasa nyaman dan menjalani pekerjaanmu dengan penuh suka cita. Jika kamu berhasil melalui hari pertamamu dengan baik, pastikan minggu hingga bulan berikutnya menjadi momen yang cukup menantang bagimu. Dan yang terpenting biasakan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan pekerjaanmu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun