Pemasaran atau yang biasa dikenal dengan marketing adalah kegiatan kelangsungan aliran barang-barang atau jasa dari produsen kepada konsumen atau pengguna.
      Philip kolter mendefinisikan pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.
Manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengelolaan, pengorganisasian yang bertujuan untuk memanage kinerja dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Jadi, manajemen pemasaran merupakan suatu proses perencanaan, pengelolaan suatu kegiatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menciptakan barang atau jasa yang diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat sekitar.
Dalam proses pemasaran sebuah perusahaan memerlukan sebuah hubungan yang erat kepada masyarakat atau calon konsumen barunya, karena hal ini sangat diperlukan untuk mempermudah seorang produsen memasarkan barang/jasa yang dikelolanya.
Yang perlu diperhatikan dalam sebuah pemasaran yaitu produk, harga, promosi, kegiatan distribusi dan orang (person), hal ini dapat disebut juga dengan bauran pemasaran.Â
- Produk
Produk yang dihasilkan sebuah perusahaan dan yang akan dipasarkan harus tampil dalam keadaan baik/bermutu dan mampu memenuhi atau mewakili selera konsumen. Dalam hal ini produk ditunjukan untuk konsumen pada golongan sosial ekonomi mana? Apakah masyarakat bawah, menengah atau atas. Dengan kata lain, produk mempunyai tingkat bonifiditas tertentu, sehingga konsumen meyakininya sebagai produk yang baik dan bermutu.
- Price
Tinggi rendahnya harga suatu produk, antaralain dipengaruhi 3 hal utama, yaitu biaya produksi, mutu produk, dan situasi segmen pasar. Di samping itu, ada faktor-faktor penting lainnya yaitu pesaing, daya beli konsumen, dan kecenderungan-kecenderungan selera konsumen.
- Place
Untuk pendistribusian suatu produk diperlukan kejelian untuk memilih tempat-tempat strategis yang memiliki peluang bagus untuk pemasaran produk. Tempat-tempat yang biasa digunakan perusahaan untuk pemasaran produk-produknya biasanya di supermarket, minimarket, toko besar, toko ritel seperti Alfamart dan Indomart atau pasar tradisional.
- Promotion
Kegiatan ini sangat penting untuk mengenalkan citra produk kepada konsumen. Kegiatan promosi direncanakan dari jauh sebelum waktu pelaksanaan promosi agar dapat mencapai sasaran yang diharapkan. Bentuk-bentuk promosi yang dilakukan selain memanfaatkan media cetak maupun elektronik atau dengan menyelenggarakan peragaan atau kegiatan seminar didaerah target atau tujuan.
- Person
Sebuah perusahaan harus memiliki petugas khusus untuk pelaksanaan pemasarana yang benar-benar mengusai bidang tersebut.
Dalam sebuah manajemen pemasaran pasti dibutuhkan para kinerja yang sesuai dengan bidangnya masing-masing tidak bisa asal merekrut karyawan. Terus bagaimana sih cara kita mengukur kinerja perusahaan dan monitor kinerja perencaan para karyawan? Apa tahapan-tahapan yang harus diambil untuk memastikan bahwa tujuan pemasaran tercapai?
Satu kunci sukses perencanaan strategis adalah apresiasi di pasar. Proses identifikasi pasar menurut Hisrich (2005) perlu menganalisis data melalui enam area berikut:
Karakteristik pasar
- Ukuran pasar dan tingkat pertumbuhan
- Tingkat pengembangan
- Tingkat siklus hidup produk dan tingkat kejenuhan
- Karakteristik perilaku konsumen
- Faktor-faktor sosial dan budaya
- Lingkungan fisik
Institusi marketing
- Sistem distribusi
- Media komunikasi
- Pelayanan marketing (riset dan iklan)
Kondisi industry
- Ukuran persaingan dan praktik
- Pengembangan teknikal
Dengan ini, manajemen sangatlah berperan penting dalam sebuah pemasaran karena dengan manajemen sebuah pemasaran perusahaan akan dengan efesien dan efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H