Mohon tunggu...
Ozy V. Alandika
Ozy V. Alandika Mohon Tunggu... Guru - Guru, Blogger

Seorang Guru. Ingin menebar kebaikan kepada seluruh alam. Singgah ke: Gurupenyemangat.com

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi: Perempuan Tua yang Sedang Bersolek

29 Desember 2020   23:06 Diperbarui: 29 Desember 2020   23:30 386
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Perempuan Tua. Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay 

Di depanku tampak ada perempuan tua yang sedang bersolek. Rambutnya terbentang indah menutup gersangnya tanah. Aku takjub.

Bibirnya pun begitu. Sebentar kemarau, sebentar hujan. Tapi rona lipstik menepis gundah bahwa pemandangan itu sebenarnya tidak pancaroba.

Perempuan tua itu masih bersolek. Keriput di sekujur wajah ia poleskan dengan bedak yang tebal, menutupi bercak dan kerut-kerut kezaliman.

"Itu hanyalah sebuah fenomena. Cukup refleksikan saja!"

Tutur dari pita suara yang telah renta seakan membuat dirinya jadi semakin gadis. Penuh cinta, padahal rimpuh. Bebas komedo, padahal sepuh.

Lagi-lagi perempuan tua itu masih tampak sedang bersolek. Ia melihat gunung meletus, tsunami, tanah longsor, orang mati, orang korupsi, lalu kemudian senyum lagi.

Aduhai! Cantikmu membutakan. Seakan tidak ada yang salah dari dirinya.

Aku heran. Perempuan itu seperti sebuah misteri. Sudah tua, tapi tidak pernah bosan berdandan lagi. Sebelum ikut merasa tua, Ibuku menjelaskannya.

"Iya, Nak. Dunia sudah tua, tapi dia tetap ingin menampakkan dirinya muda."

Curup, 29 Desember 2020

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun