Saya akan tuliskan di sini alur jika seseorang order gofood.Â
1. Customer order makanan sesuai keinginannya.
2. Orderan masuk ke merchant gofood yang dipilih (resto pakai aplikasi gobiz)
3. Merchant menerima orderan dari customer.
4. Orderan masuk ke driver.
5. Driver menuju merchant gofood, konfirmasi pin sesuai orderannya dan mengambil orderan.
6. Driver mengantar makanan kepada customer.
Dari urutan di atas kita bisa lihat bahwa sebelum driver gojek menerima orderan gofood, orderan dari customer masuk terlebih dahulu ke aplikasi gobiz milik merchant gofood (resto). Setelah resto menerima orderan, orderan tersebut akan mencari driver. Pada tampilan aplikasi hobiz resto, terlihat nama driver, nama customer dan apa saja orderan yang dipesan, dan di sana juga terdapat pin 4 angka yang harus dimasukkan oleh driver sebagai konfirmasi sudah bayar.
Jika memakai bahasa yang lebih mudah, customer beli (sudah bayar) ke warung tapi diantar oleh driver gojek. Terus maksud dari bukan lagi "bayarin dulu" apa? Kalo dulu kan bayar ke restonya pakai duit driver dulu, nanti diganti setelah makanan diterima customer, dalam bentuk cash atau gopay. Karena sistem lama sering terjadi penipuan yang merugikan driver (jika bayar cash), maka sistem tersebut diubah.Â
Saat ini, gopay dari customer otomatis langsung terpotong sesuai harga makanan dan ongkir (jika pakai gopay). Gopay tersebut nangkring dulu di gojek, dan dibayarkan ke resto langsung setelah driver memasukkan pin 4 angka sebagai syarat bahwa orderan sudah dibayar. Total Gopay dari customer juga akan dipisah antara yang masuk ke resto, ke driver, dan ke gojek sebagai komisi (20%).
Bagaimana jika customer bayar pakai cash? Sama saja alurnya, bedanya nanti cusntomer harus bayar cash ke driver sesuai dengan harga makanan dan ongkir.Â
Jadi, jika pembaca tulisan ini ingin order gofood, harus benar-benar memesan makanan yang diinginkan, beri catatan (note) langsung di bagian menu makanan, jangan lewat chat kepada driver, karena makanan akan langsung diolah begitu orderan tersebut disetujui oleh pihak resto. Misalkan, orderan ayam bagian dada atau paha, pedas atau tidak, dan lain sebagainya. Takutnya nanti pas driver sudah sampai makanan sudah dibungkus, karena saat ini resto dan driver dituntuk gercep, gerak cepat. Satu lagi, saat ini orderan gofood tidak bisa dibatalkan, diganti, menambah menu atau mengurangi menu saja tidak bisa. Bisa sih cuman agak ribet dikit.
Terimakasih.
Di atas trotoar jalan Mahendradatta selatan, Denpasar, 09 Desember 2020.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H