POST 1
Sory Kalo huruf2nya blepetan, krn murni tulisan jari, bukan copas-an :D :D
Dan Masih ane update terus,
Â
Into basa basi dulu deh pengenalan Exhaust System :)
https://ordexhaust.com/news-article/
Â
Knalpot pada kendaraan bermesin secara umum dibagi dari :
[B]
Â
Â
[/B]
Dan keseluruhan bagian tersebut dihubungkan oleh Piping.
Â
Pada kebanyakan mobil modern, ditambahkan Catalytic Converter (cc), untuk meredam emisi gas buang agar tidak terlepas secara bebas ke atmosfir. Tujuannya demi terjaganya kebersihan udara yang dihirup makhluk hidup. Biasa ditempatkan setelah header, downpipe atau manifold.
Â
Â
Â
Â
Catalytic Converter
Â
[img]http://static.summitracing.com/global/images/prod/large/flo-12512400_w.jpg[/img]
Â
Â
Â
Â
- Header , ialah bagian. pertama dari exhaust yang berhubungan langsung dengan mesin. Fungsinya ialah menerima pembuangan pertama dari tiap silinder untuk disalurkan menjadi satu kepada bagian selanjutnya. Bila mesin memiliki 4 silinder, maka jumlah pipa header akan berjumlah 4 pipa, yang akhirnya akan menjadi 1 sebelum masuk ke bagian selanjutnya, yaitu resonator ataupun catalytic converter.
Â
Yang tentunya dihubungkan oleh piping.
Â
Â
Â
Â
Â
- Resonator, ialah bagian yang berada setelah header ataupun catalytic converter, yang berfungsi sesuai namanya, meresonansi suara dari gas buang yang Cumiakan telinga karena berbenturan dengan atmosfir.
Â
 Resonator
Â
- Muffler, ialah bagian yang meneruskan fungsi resonator dalam meredam suara. Sesuai namanya, Muffler atau peredam
[img]http://ordexhaust.com/wp-content/uploads/2014/02/muffler-desing.jpg[/img]
Â
Â
Â
Â
 [B][I]
Â
Penjelasan mengenai detail tiap bagiannya akan dilanjutkan pada post selanjutnya[/I][/B]
Â
RACE PROVEN EXHAUST SYSTEM
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H