[caption id="attachment_416044" align="aligncenter" width="630" caption="Naik Gunung Lebih Aman Dengan Produk Asuransi Jagadiri"][/caption]
Luar biasa!!! begitulah gambaran saya tentang produk Asuransi JAGADIRI yang diluncurkan oleh PT Central Asia Financial pada awal tahun ini. Di tengah maraknya persaingan industri asuransi di tanah air dan ditambah dengan beberapa program baru pemerintah seperti BPJS, produk Asuransi JAGADIRI tampil istimewa dan berbeda menjawab kebutuhan konsumen.
Sudah lama saya ikut program asuransi yang dikelola oleh perusahaan asuransi swasta baik asing maupun dalam negeri. Sejak lulus kuliah dan bekerja saya berusaha mengasuransikan diri saya. Awalnya memang saya ragu dan berat untuk ikut asuransi. Namun demikian karena faktor pekerjaan yang menuntut saya harus sering berpindah tempat dan kebanyakan mengunakan sistem kontrak mau tidak mau saya harus berpikir cerdas dalam merencanakan masa depan saya.
Berasuransi adalah salah satu jawaban dari hal tersebut. Setidaknya saat ini saya punya empat produk asuransi (pendidikan, jiwa, kesehatan, dan unit link) dari tiga perusahaan asuransi yang berbeda. Walaupun jumlah nominalnya tidak besar dan sampai saat ini saya belum dapat menikmati hasil dari semua produk asuransi tersebut, setidaknya saya sudah merasa sangat aman apabila sesuatu hal terjadi dengan diri saya secara tiba-tiba.
Suka dan duka selama 14 tahun berasuransi tentunya ada. Bagi saya sendiri faktor dikejar-kejar agen untuk membayar atau sulitnya klaim asuransi bukan hal yang utama. Saat ini informasi yang jelas, akses langsung ke asuransi saya tanpa melalui agen atau call center, dan cepatnya pelayanan adalah hal yang lebih penting. Hal ini selain karena faktor mobilitas juga ternyata saya tidak pernah menggunakan asuransi tersebut misalnya untuk pergi ke rumah sakit.
Seperti halnya internet banking, saya ingin dapat mengecheck semua informasi asuransi saya dengan mudah dan bersifat personal. Berdasarkan pengamatan hampir semua produk asuransi yang saya punyai saat ini masih bersifat manual. Saya hanya mendapatkan informasi tagihan pembayaran melalui agen, potong langsung lewat kartu kredit, dan tagihan yang dikirim secara manual. Jika saya perlu informasi saya harus menghubungi pihak asuransi lewat agen dan call center.
Punya asuransi pada dasarnya adalah untuk berjaga-jaga. Tidak ada orang yang ingin sakit dan sebisa mungkin kita harus mencegahnya. Kita akan total bekerja dan melakukan aktifitas tanpa merasa khawatir tentang resiko yang diakibatkannya karena kita punya perlindungan. Sejak saat itu saya lebih melihat bahwa asuransi lebih bersifat investasi untuk masa depan. Seperti halnya menabung, anggap saja uang yang kita bayarkan untuk asuransi adalah tabungan masa depan kita.
Dijaman berteknologi ini, proses secara manual membutuhkan banyak waktu, sangat ribet dan tidak praktis. Seharusnya pihak penjual produk asuransi dapat berinovasi untuk membuat hal tersebut menjadi lebih cepat, mudah, dan praktis. Hal tersebut ternyata dapat saya temukan dari produk Asuransi JAGADIRI yang dikelola oleh PT Central Asia Financial sebagai salah satu perusahaan keuangan yang terbesar dan terpercaya.
Terobosan Baru dalam Berasuransi
Sayang sekali saya tidak dapat ikut dalam acara Nankring bersama yang diadakan oleh Kompasiana dan Asuransi JAGADIRI. Namun demikian hal ini tidak berarti bahwa saya tidak dapat informasi yang jelas mengenai produk Asuransi JAGADIRI. Lewat materi yang diunggah oleh pihak Kompasiana membuat saya “melongo”. Dengan jelas sekali saya dapat membedakan antara produk Asuransi JAGADIRI dengan produk asuransi lainnya.
Secara umum produk Asuransi JAGADIRI telah berinovasi dengan memanfaatkan informasi dan teknologi. Hal ini tentunya sangat baik terutama bagi mereka yang sangat aktif dan mobile. Dengan sistem online, smart phone dan aplikasi yang sudah ada konsumen akan dibuat lebih nyaman untuk melakukan kegiatan tidak hanya ketika membeli produk tetapi juga saat mau membayar premi atau mengklaim biaya rumah sakit.
Dari berbagai jenis produk Asuransi JAGADIRI saya melihat sebagian besar produknya hampir sama dengan produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi lain. Hanya saja ada satu jenis produk yang menurut saya yang sangat inovatif dan dapat memenuhi kebutuhan saya sendiri. Bahkan saya percaya dalam beberapa tahun ke depan akan banyak perusahaan asuransi yang beralih ke produk seperti ini.
Jenis produk tersebut adalah Jaga Aman Instan yang memberikan waktu perlindungan dari tiga jam sampai satu tahun. Walaupun saya sudah ada asuransi kesehatan, dengan adanya produk ini saya merasa beban lebih berkurang lagi dan bahkan mungkin sudah tidak ada lagi. Sedangkan bagi yang belum punya asuransi produk ini sangat tepat untuk dibeli karena benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan.
Setiap pagi saya harus mengunakan jasa angkutan umum yang sangat beresiko tinggi. Tentunya harga karcis kereta api yang saya bayar sudah ada asuransinya. Hanya saja akan lebih baik jika kita juga mengasuransikan diri dengan membeli membeli paket selama tiga jam misalnya. Saya akan mendapatkan proteksi penuh tanpa harus takut terjadi apa-apa selama saya berada di perjalanan. Harganya yang masuk akal dari Rp. 5.000 setiap tiga jam adalah tawaran yang sangat menarik.
Contoh lain adalah setiap akhir minggu saya berolahraga tenis dan akan lebih baik jika saya juga membeli asuransi dengan masa perlindungan minimal selama tiga jam jika sewaktu-waktu saya mengalami cedera. Dengan hanya membeli produk Jaga Aman Instan sebesar Rp. 5.000 maka saya pun akan merasa terlindungi. Harga asuransi yang saya beli lebih murah dari pada harga sewa lapangan dan bola tenis.
Selain itu hampir setiap bulan biasanya saya melakukan perjalanan baik naik gunung maupun pergi ke pulau. Resikonya memang sangat besar karena kita berhadapan langsung dengan alam. Faktor keselamatan menjadi sangat penting di sini. Dua bulan yang lalu dalam perjalanan ke Kepulauan Seribu saya sempat memutuskan membatalkan keliling beberapa pulau karena di perahu saya tidak ada pelampung.
Tentu saja hal ini adalah tanggung jawab pengelola kapal dan agen perjalanan. Namun setidaknya jika ada produk asuransi seperti Jaga Aman Instan maka beban kita setidaknya akan lebih berkurang. Biasanya semakin kita sering berhadapan dengan maut kita akan lebih menghargai keselamatan diri kita sendiri. Hal yang kadang-kadang masih kurang kita perhatikan. Dari hal di atas terlihat jelas bahwa produk Asuransi Jaga Aman Instan menjadi pilihan yang terbaik bagi saya karena berdasarkan kebutuhan. Saya akan mendapatkan perlindungan langsung, kepastian klaim karena semuanya tercatat dengan sistem komputer, dan juga harga yang bersaing.
Jika hal ini dikenalkan kepada siapa saja secara terus menerus maka saya yakin bahwa akan banyak orang yang lebih ‘melek’ asuransi. Asuransi bukan menjadi beban lagi. Selamat berasuransi dan pastikan bahwa produk asuransi yang Anda beli adalah sesuai dengan kebutuhan Anda.
(Jakarta, 8 Mei 2015, FB Travel with Ony Jamhari, Instagram @ojamhari)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H