1.4.a.4.4. Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas
PAGE 1
Salam dan Bahagia Bapak dan Ibu Guru penggerak
Pada kesempatan kali ini saya akan menjabarkan modul 1.4 sub judul 1.4.a.4.4 mengenai "Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas. Adapan tujuan pembelajaran modul ini adalah : Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas, CGP di harapkan sesuai dengan Tujuan Pembelajaran Khusus sbb; Tujuan Pembelajaran Khusus CGP dapat menjelaskan kebutuhan dasar yang menjadi motif dari tindakan manusia baik murid maupun guru CGP dapat menganalisis dampak tidak terpenuhinya kebutuhan dasar terhadap pelanggaran peraturan dan tindakan yang tidak sesuai dengan nilai kebajikan CGP dapat mengidentifikasi peran dan sekolah guru dalam upayanya menciptakan lingkungan belajar dan pemenuhan kebutuhan anak yang beragam
PAGE 2
5 Kebutuhan Dasar Manusia menurut Dr. William Glasser dalam "Choice Theory"
Pertanyaan Pemantik:
Ibu Ambar, guru wali kelas kelas 2A di SD Pelita Hati, sedang bingung menghadapi ulah salah satu murid di kelasnya, Doni. Beberapa anak di kelas 2A telah datang padanya dan mengeluhkan Doni yang seringkali meminta bekal makan siang mereka dengan paksa. Jika Anda menghadapi situasi seperti Ibu Ambar, apa yang akan anda lakukan? Menurut anda, kira-kira apa alasan Doni melakukan hal itu?
Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak,Â
Merujuk pada situasi yang sedang dihadapi Ibu Ambar di atas, dalam konteks penegakan disiplin positif, Ibu Ambar sebaiknya mencari tahu alasan Doni melakukan tindakan tersebut agar mengetahui kebutuhan mana yang sedang berusaha dipenuhi oleh Doni.
Pada modul 1.2, nilai dan peran guru penggerak, telah dibahas mengenai 5 kebutuhan dasar manusia. Di modul 1.4 ini, kita akan menghubungkan konsep tersebut dengan disiplin positif yang berdasarkan pada teori kontrol dimana dinyatakan bahwa ada suatu tujuan dibalik sebuah perilaku manusia. Kita juga percaya bahwa murid memiliki 'tujuan' dibalik perilaku mereka, salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.