Anda tidak akan pernah kemana-mana, jika Anda sendiri tidak pernah tahu mau kemana.
Memiliki tujuan yang jelas di awal-awal Public Speaking Anda, akan sangat membantu Anda dalam menyusun body presentasi Anda. Seorang motivator pun harus membuat body presentasinya. Terdapat tiga tujuan sebuah presentasi :
- Memberikan informasi
![informasi-59c4b5c26c139e293308ef12.jpg](https://assets.kompasiana.com/items/album/2017/09/22/informasi-59c4b5c26c139e293308ef12.jpg?t=o&v=770)
- Meyakinkan
![meyakinkan-59c4b63d981827282c0796b2.jpg](https://assets.kompasiana.com/items/album/2017/09/22/meyakinkan-59c4b63d981827282c0796b2.jpg?t=o&v=770)
- Mengubah keyakinan
![mengubah-keyakinan-59c4b6c6da14f901896432a3.jpg](https://assets.kompasiana.com/items/album/2017/09/22/mengubah-keyakinan-59c4b6c6da14f901896432a3.jpg?t=o&v=770)
Anda dapat menceritakan kelebihan dan kelemahan produk pesaing dibandingkan dengan kelebihan dan kelemahan produk Anda.
Akan tetapi jika audiens tidak memiliki informasi mengenai produk pesaing Anda, maka hindari untuk membahas kelebihan dan kelemahan pesaing.
Â
Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery
Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id
Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking atau trainer preneur ke :
Mr. Fachri 0812-4950-909 (WA only)
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI