Membership Loyalty Program
Biasanya kaum hawa yang mengingatkan supaya menjadi membership di setiap pembelanjaan perdana dalam suatu transaksi di tenant atau counter yang tersebar di mall.
Keuntungan dari sisi pelanggan yang akan didapat ketika menjadi membership dari suatu produk diantaranya perolehan poin yang nantinya setelah terkumpul dengan jumlah tertentu dapat ditukarkan, voucher khusus, discount yang lebih menarik dibandingkan dengan konsumen biasa, reward tertentu yang disesuaikan dengan level keanggotaannya seperti platinum, gold dan silver. Â
Membership program dari suatu produk yang dikeluarkan perusahaan berbeda-beda disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan masing-masing konsumennya.
Beberapa membership card digratiskan, ada pula yang berbayar dengan nominal tertentu dengan jangka waktu rata-rata selama 12(duabelas) bulan serta dapat diperpanjang kembali.
Tujuan Perusahaan Mengeluarkan Membership ProgramÂ
- Menumbuhkan sense of belonging yang kuat yang dibuktikan dengan komitmen pelanggan terhadap perusahaan
- Membangun relationship lebih mendalam terhadap perusahaan
- Membantu perusahaan untuk mendapatkan profit yang pasti setiap periodenya
- Mampu meningkatkan kepuasan pelanggan
- Mempertahankan loyalitas pelanggan
- Sebagai bagian dari strategi pemasaran
Agar membership loyalty program berhasil dan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan maka perusahaan harus selalu melakukan upaya-upaya,
Menjaga Kualitas Produk dan atau Jasa,
Sering melakukan komunikasi dengan para pelanggan terutama pelanggan-pelanggan platinum & gold, yang notabene volume belanjanya mempunyai traffic yang tinggi, apakah produk dan atau jasa yang perusahaan berikan telah memenuhi harapan pelanggan atau masih diperlukan perbaikan dan peningkatan layanan.
Misalkan dengan menyebarkan google form untuk kuesioner kepuasan pelanggan.
Manfaatkan Jejaring Media SosialÂ
Sebagai sarana komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan, dengarkan keluhan pelanggan dan jadikan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan layanan agar pelanggan tidak hanya puas tetapi juga loyal
Manfaat Membership Loyalty Program
1. Mempertahankan Pelanggan Lama & Menggaet Pelanggan Baru
Dengan adanya program pemberian reward, voucher khusus, discount, potongan harga melalui loyalty program kepada pelanggan lama maupun pelanggan yang barus saja bertransaksi belanja sehingga akan membantu meningkatkan repeat order.
2. Memiliki nilai lebih di mata konsumen karena program-program yang ditawarkan merupakan program yang memperhatikan pelanggan
3. Mampu mendorong pelanggan untuk bertransaksi lebih banyak lagi
4. Menciptakan dorongan member get member atau word of mouth  sebagai bentuk referensi kepada rekan, kolega, sahabat, saudara dari para pelanggan.
Melalui membership loyalty program diharapkan loyalitas pelanggan yang tinggi mampu meningkatkan pertumbuhan perusahaan yang ditandai dengan meningkatnya keuntungan, disamping tentunya perusahaan terus melakukan inovasi produk.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H