Mohon tunggu...
Omjay Labschool
Omjay Labschool Mohon Tunggu... Guru - guru blogger indonesia

Blogger Handal di Era Global wa 08159155515

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kisah Omjay, Apa dan Mengapa Kita Perlu Belajar Informatika?

9 Agustus 2024   10:18 Diperbarui: 9 Agustus 2024   11:17 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa dan mengapa kita perlu belajar informatika? Inilah tema kisah Omjay kali ini. Informatika adalah mata pelajaran baru dalam kurikulum merdeka. Tahun 2013, mata pelajaran TIK dihapuskan dalam kurikulum 2013, dan alhamdulillah tahun 2023, kembali berada dalam struktur kurilum dalam kurikulum merdeka dengan nama informatika.

Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. 

Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris informatics, computing, atau computer science.

Landasan berpikir untuk belajar Informatika dinamakan berpikir komputasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. 

https://youtu.be/rB0pcNdxZS0


Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoretis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan, dan menyelesaikan persoalan. Siswa yang belajar informatika akan mendalami bagaimana suatu "sistem komputasional" berfungsi, baik yang mengandung komputer maupun tidak.

Saat ini, manusia hidup di era digital yang sering disebut Industri 4.0. Dalam Industri 4.0, banyak hal dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan mesin cerdas berbasis komputer dan internet. 

Masyarakat sekarang ini disebut Masyarakat 5.0 (Society 5.0) karena hidup di dunia fisik sekaligus didunia siber (maya) saat melakukan kegiatan daring (dalam jaringan).

Banyak kegiatan dilakukan manusia secara fisik maupun secara daring dengan pemanfaatan teknologi komputer dan internet. Jarak dan waktu kini semakin dekat dengan adanya internet.

Dunia yang seperti ini menjadi makin cepat berubah, banyak hal menjadi tidak pasti, persoalan yang dihadapi manusia makin rumit, dan beragam cara untuk melakukan hal yang sama.

Input sumber gambar dokpri
Input sumber gambar dokpri

Sebagai contoh, dahulu orang harus pergi ke toko atau ke pasar untuk berbelanja. Penjual juga harus mempunyai bangunan kios atau toko. Pemilik toko mempekerjakan pegawai untuk mengurus gudang, menjadi kasir, dan menangani berbagai pekerjaan lain. 

Pembeli juga harus membawa uang tunai untuk membayar. Sekarang, orang bisa berbelanja dari rumah, tidak harus pergi ke mana-mana walaupun tidak ada penjual keliling yang datang. 

Penjual juga bisa berjualan dari rumah tanpa perlu memiliki bangunan kios atau toko. Pembeli tidak harus mengambil uang di bank untuk membayar barang yang dibelinya, karena bisa membayar dengan menggunakan uang digital. Nah, situasi seperti contoh di atas memudahkan orang untuk melakukan kegiatan berbelanja, belajar, dan sebagainya. 

Namun, coba anda pikirkan, bagaimana nasib para pekerja yang semula bekerja sebagai kasir, pegawai gudang, pegawai yang melakukan pengepakan barang di pabrik, teller di bank, dan sebagainya? 

Ada banyak orang yang kehilangan pekerjaan, karena teknologi mengambil alih hal-hal yang biasa mereka kerjakan. Di masa depan, pasti akan lebih banyak lagi peran teknologi dalam kegiatan manusia. 

Mungkin juga akan makin banyak jenis pekerjaan yang hilang. Sebaliknya, pencipta teknologi itulah yang makin dibutuhkan. Oleh karena untuk itulah, kita akan belajar mata pelajaran informatika di sekolah.

Input sumber gambar dokpri
Input sumber gambar dokpri

Apa yang akan dipelajari dalam mata Pelajaran informatika?

Informatika mencakup aspek teoretis dan praktis, mendorong kalian untuk mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk menghasilkan penemuan (invention) terkait komputer dan sistem komputasi. 

Kalian diharapkan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmiah yang dipelajarinya untuk memahami dunia nyata, kemudian menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak yang memudahkan kehidupan. 

Dengan mengombinasikan prinsip, praktik, dan penemuan (principles, practice, and invention), kalian akan menjadi kreatif dan merasakan manfaatnya. 

Karena tidak hanya teoretis, penerapan informatika akan memberikan "surprise", baik karena akan berefek bahwa produk menghasilkan sesuatu yang dapat diamati dan berfungsi dengan baik secara intelektual, bahkan dapat memunculkan seni keindahan.

Kalian akan mempelajari bidang-bidang pengetahuan informatika, yang dikelompokkan menjadi:

  • Berpikir Komputasional (BK), 
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), 
  • Sistem Komputer (SK), 
  • Jaringan Komputer dan Internet (JKI), 
  • Analisis Data (AD), 
  • Algoritma dan Pemrograman (AP), 
  • Dampak Sosial Informatika (DSI), dan 
  • Praktika Lintas Bidang (PLB). 

Dalam bahasa Inggris, bidang itu disebut: Computational Thinking (CT), Information and Communication Technology (ICT), Computing System (CE), Computer Network (NW), Data Analysis (DA), Algorithms & Programming (AP), Social Impact of Informatics (SOC), Computing Practices (CP).

Dalam capaian pembelajaran terbaru, belajar informatika, kalian akan mempelajari:

  • Berpikir Komputasional: dalam materi ini, kalian akan belajar menyelesaikan persoalan-persoalan sehari-hari yang di baliknya mengandung berbagai macam konsep keilmuan seperti informatika, matematika, sains, atau ilmu sosial.
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi: dalam bagian ini, kalian akan belajar cara membuat karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan peramban untuk mencari informasi, serta mengelola file dalam folder.
  • Sistem Komputer: dalam materi ini, kalian akan belajar mengenai definisi komputer, Komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung.
  • Analisis Data: dalam bagian ini, kalian akan belajar tentang pengelolaan dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu.
  • Algoritma dan Pemrograman: dalam materi ini, kalian akan belajar membuat program dengan menggunakan blok visual untuk menghasilkan suatu karya kreatif.
  • Dampak Sosial Informatika: dalam materi ini, kalian akan belajar mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari hari
  • Praktika Lintas Bidang: selain mempelajari materi-materi di atas, kalian juga akan belajar bekerja sama dengan teman-teman kalian untuk membuat karya dan mencoba memenyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian dapatkan di atas.

Informatika dan profil pendidik pancasila

Informatika dan Profil Pelajar Pancasila Untuk menyiapkan diri menghadapi masa depan di era digital, kalian juga perlu membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang menumbuhkan karakter yang baik pula. 

Bagi pelajar Indonesia, karakter yang baik ini dirumuskan sebagai Profil Pelajar Pancasila, yang memiliki ciri-ciri berikut ini.

https://youtu.be/8YM4oUYPQCs

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

2. Berkebinekaan global

3. Mandiri

4. Bergotong Royong

5. Bernalar kritis

6. Kreatif


Pengantar keterampilan generic

Dalam konsep kurikulum informatika, dikenal adanya 7 aspek praktika lintas bidang, di mana 2 di antaranya bersifat umum dan akan dipraktikkan di mana-mana. Tentunya, tidak semuanya harus dipraktikkan sekaligus pada satu aktivitas.

Tujuh aspek praktika informatika itu adalah seperti berikut:

  • Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
  • Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema Komputasi.
  • Mengenali dan mendefinisikan persoalan yang penyelesaiannya dapat didukung dengan sistem komputasi
  • Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.
  • Mengembangkan artefak komputasi.
  • Mengembangkan rencana pengujian, menguji, dan mendokumentasikan hasil uji artefak  komputasi.
  • Mengomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan, dan memperhatikan hak kekayaan intelektual.

Input sumber gambar dokpri
Input sumber gambar dokpri

Bekerja dalam kelompok akan melibatkan berbagai aspek termasuk presentasi lisan, poster, dan komunikasi visual. Komunikasi grafis memainkan peran penting dalam menyampaikan informasi secara efektif di era digital. 

Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk berlatih berkomunikasi secara lisan, tertulis, dan visual. Kemampuan mengomunikasikan ide dengan baik dalam bahasa merupakan keterampilan yang penting dalam dunia informatika. Praktikkan keterampilan yang dipelajari dari mata pelajaran bahasa untuk sukses dalam bekerja dalam kelompok.

Demikianlah kisah omjay tentang Apa dan Mengapa Kita Perlu Belajar Informatika? Semoga bermanfaat buat pembaca kompasiana tercinta. Ayo kita belajar informatika!

Salam Blogger Persahabatan

Omjay/Kakek Jay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com/about

Input sumber gambar dokpri
Input sumber gambar dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun