Permainan adalah aktivitas menyenangkan yang dilakukan untuk bersenang-senang. Games adalah aktivitas yang dilakukan demi kesenangan dan memiliki peraturan. Santrock (2007: 216-217). Permainan sangat banyak jenisnya dan beragam modifikasi permainan dapat di adopsi ke dalam lingkup pembelajaran PJOK. Dengan permainan-permainan sederhana yang di sesuaikan dengan materi dan karakteristik peserta didik diharapkan mampu menggugah semangat belajar siswa untuk menerima materi inti yang akan di ajarkan.
Motivasi siswa dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor (Dimyati dan Mudjiono, 2009:97). Faktor-faktor tersebut antara lain cita- cita atau aspirasi siswa, kemampuan siswa, kondisi siswa, kondisi lingkungan siswa, unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran serta upaya guru membelajarkan siswa. Sebagai guru kita harus selalu kreatif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Perlu adanya tips dan trik agar peserta didik tertarik dan termotivasi untuk mengikuti alur pembelajaran.Â
Permainan sederhana merupakan salah satu bentuk inovasi dan kreativitas yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar. Permainan bisa berupa ice breaking atau permainan berkelompok yang menekankan pada keaktifan peserta didik. Berikut salah satu contoh permainan sederhana yang bisa di gunakan dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
PERMAINAN BEREBUT CONE/CORONG
Permainan ini sangat mudah dan asik di lakukan. siswa akan di ajak untuk berjalan dan berlari dengan mengikuti alunan musik yang di putar. Alat dan Bahan yang perlu di siapkan adalah sebagai berikut :
a. Cone/corong atau benda lain yang jumlahnya menyesuaikan dengan jumlah siswa.Â
b. Speaker aktif untuk memutar laguÂ
c. Lagu yang up to date agar siswa lebih tertarik mengikuti permainan.Â
Setelah semua alat dan bahan telah siap maka permainan bisa segera dimulai. Â Cara bermainya adalah sebagai berikut :
a. Peserta didik di bagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok maksimal 15 Anak
b. Peserta didik membentuk lingkaran besar pada kelompoknya masing-masing
c. Bagikan cone kepada peserta didik, dan instruksikan untuk meletakkanya di depan mereka sekitar satu langkah
d. Ambil salah satu cone dari tiap kelompok agar jumlah cone berkurang 1 dari jumlah pesertaÂ
e. Nyalakan Musiknya dan instruksikan kepada peserta didik untuk berjalan/berlari/melompat memutar cone dengan arah berlawanan jarum jam.Â
f. Ketika anak mulai berjalan/berlari/melompat beberapa saat matikan musik dan instruksikan kepada peserta didik untuk berebut  cone yang terdekat dengan peserta didik
g. Jika ada siswa yang tidak mendapat cone maka siswa tersebut keluar dari permainan
h. Siswa yang keluar membawa keluar satu cone dalam kelompoknya.
i. Ulangi lagi untuk menyalakan musik hingga tersisa beberapa anak dalam satu kelompok
MANFAAT PERMAINAN SEDERHANA BEREBUT CONE/CORONG
1. Pembelajaran PJOK menjadi lebih menyenangkan
2. Melatih konsentrasi peserta didik sebelum mengikuti materi inti
3. Melatih kejujuran dan sportifitas peserta didik
4. Meningkatkan imunitas tubuh karena bergerak dan bergembira
5. Meningkatnya motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran PJOK
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H