Mohon tunggu...
Oky Wida Syahputra
Oky Wida Syahputra Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

you can reach me via my gmail or linkedin

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

5 Digital Marketing Channel dan Cara Memilihnya

23 Oktober 2022   13:22 Diperbarui: 23 Oktober 2022   13:24 291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pemasaran digital, atau pemasaran online, yaitu semua upaya pemasaran yang terjadi di internet. Perusahaan menggunakan berbagai Digital Marketing Channel untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan. Digital Channel ini dapat mencakup pemasaran konten, SEO, pemasaran email, atau lainnya.

Digital Marketing penting karena dapat mengembangkan brand untuk tidak hanya terlibat dengan audiens, tetapi juga melacak dan mengelola hasil pemasaran mereka. Merek dapat menentukan apa yang harus dibuat, di mana harus ditampilkan secara online (situs web, media sosial, dll.), kapan harus ditampilkan, siapa yang harus ditargetkan merek, dan metrik apa yang harus dilacak (yaitu, website traffic, organic traffic, ROI(Return On Investment)).

Ada banyak channel berbeda didalam digital marketing, termasuk pemasaran mesin pencari (SEM), jejaring sosial, dan banyak lagi. Saya tidak akan membahas semua channel  digital marketing. Sebagai gantinya, saya akan menjelaskan yang paling penting yang perlu Anda pertimbangkan saat membangun strategi Anda.

1. Content Marketing
Content marketing adalah perencanaan strategis, pembuatan, publikasi, dan distribusi konten berharga kepada audiens target Anda. Tidak seperti iklan, yang mengganggu individu untuk mencoba menjual sesuatu, pemasaran konten memberikan VALUE sepanjang perjalanan pelanggan.

Ada banyak manfaat dari strategi pemasaran konten yang dipikirkan dengan matang. Ini efektif di bagian atas, tengah, dan bawah funnel (corong) (TOFU, MOFU, dan BOFU).

Dengan konten yang relevan, Anda terlibat dalam komunikasi yang lebih dalam, memungkinkan Anda untuk menunjukkan kepribadian merek Anda dan memulai hubungan dengan audiens Anda. Konten itu unik karena membantu Anda membangun rasa ingin tahu, memicu emosi, dan mendorong cinta merek.

Selain itu, konten berkualitas tinggi melengkapi saluran pemasaran digital lainnya seperti SEO, pemasaran email, media sosial, dan pemasaran influencer. Hasilnya adalah pemasaran keseluruhan yang lebih kuat yang memastikan ROI lebih tinggi dari setiap konten.

Ketika tim pemasaran Anda memprioritaskan pemasaran konten, itu dapat dengan mudah menjadi salah satu pendorong pertumbuhan bisnis terbesar di antara saluran pemasaran online Anda.

2. Search Engine Optimization (SEO)
Optimisasi mesin pencari, atau SEO, adalah proses meningkatkan peringkat mesin pencari organik untuk membangun kesadaran, menangkap permintaan, dan mengarahkan lalu lintas yang memenuhi syarat ke situs web Anda.

Untuk memenangkan pencarian organik, Anda perlu memahami banyak konsep kompleks, termasuk keyword research, backlink, dan bagaimana algoritma Google melakukan page experience and trust signals. Optimisasi mesin pencari adalah salah satu channel paling rumit yang dapat Anda manfaatkan. Tapi itu juga yang paling powerful.

SEO membantu Anda menjangkau audiens saat mereka secara aktif mencari jawaban, solusi, atau produk. Dengan kata lain, Anda dapat memengaruhi audiens Anda saat mereka menerima maksud pesan Anda.

Optimalisasi mesin pencari juga memastikan brand Anda hadir secara authentic di seluruh Customer Journey, tidak hanya di bagian bawah. Hasilnya, Anda akan memperkuat kesadaran merek dan membangun kepercayaan sambil memberikan nilai luar biasa.

Anda dapat menggunakan pencarian organik untuk meningkatkan konversi, menghasilkan prospek, melindungi reputasi brand, meningkatkan target pasar, memperkuat berita dari mulut ke mulut, dan meningkatkan penjualan e-commerce. Ini juga merupakan cara terbaik untuk memperdalam hubungan pelanggan. Selanjutnya, pencarian organik adalah salah satu marketing channel yang paling hemat biaya untuk lalu lintas dan akuisisi pelanggan baru.

Google menyatakan bahwa ROI(Return On Invesment) rata-rata pada pencarian organik adalah 5,3X dibandingkan hanya 2X dari pencarian berbayar. Plus, ini adalah HANYA channel yang menghasilkan nilai dari waktu ke waktu. Gabungkan semuanya, dan Anda dapat melihat mengapa SEO adalah salah satu saluran pemasaran digital paling efektif untuk menghasilkan ROI pemasaran yang luar biasa.

3.Email Marketing
Pemasaran email adalah salah satu cara termudah untuk terhubung dengan audiens Anda. Rata-rata, pemasaran email menawarkan ROI yang tinggi, menghasilkan $36 untuk setiap dolar yang dihabiskan. Manfaat lain dari pemasaran email adalah ia menawarkan Anda koneksi langsung dengan anggota audiens Anda serta opsi segmentasi yang luas.

Setelah Anda menyusun daftar email Anda, Anda dapat mengelompokkannya ke dalam kategori yang berbeda. Anda mungkin memiliki daftar VIP, daftar yang hanya menyertakan prospek yang memenuhi syarat, daftar yang menyertakan anggota audiens di lokasi geografis tertentu, daftar untuk mereka yang menanggapi tawaran terakhir Anda, dan seterusnya. Dari sana, anda dapat menyiapkan kampanye pemasaran email khusus sesuai daftar email pilihan .

Pemasaran email memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pesan Anda dengan audiens tertentu pada waktu tertentu. Selain itu, Anda dapat memelihara audiens Anda dari waktu ke waktu melalui otomatisasi, memperdalam hubungan, dan menumbuhkan kecintaan terhadap merek.

4. Sosial Media Marketing
Perusahaan menggunakan pemasaran media sosial untuk membangun brand awareness, improve branding, audience engagement , dan memelihara hubungan dengan followers.

Platform media sosial adalah digital marketing channel yang penting untuk membangun hubungan pelanggan karena audiens Anda secara alami berbagi pemikiran dan perasaan mereka. Jaringan ini juga memfasilitasi dialog konstruktif (terkadang secara real-time) antara brand dan pelanggan mereka, atau pelanggan potensial.

Tetapi haruskah Anda hadir di Instagram atau Pinterest? Bagaimana dengan Twitter, Facebook, LinkedIn atau platform niche lainnya?

Pengguna memiliki harapan tertentu ketika mereka mengunjungi platform media sosial tertentu, dan mereka menggunakan setiap jaringan secara berbeda. Misalnya, mereka membagikan jenis media tertentu (gambar, video, dll.), atau memposting tentang topik yang berbeda (yaitu, percakapan dan berbagi, berfokus pada citra, berfokus pada UGC, video, dll.).

Selain itu, platform media sosial menarik demografi yang berbeda. Jadi, pahami apa yang disukai audiens Anda.

5.  Pay Per Click (PPC)
Bayar iklan per klik, atau iklan PPC berada di halaman hasil mesin pencari (SERP). Pengiklan menawar dalam lelang dengan tujuan mendapatkan klik. Strategi pencarian berbayar biasanya melibatkan kampanye, kata kunci, pengelompokan iklan, pesan iklan, tawaran harga, pemilihan waktu iklan (misalnya, hari dalam seminggu dan waktu), dan pengembangan halaman arahan.

Pemasaran mesin pencari (SEM) sangat didorong oleh data, sehingga mudah untuk melacak kinerja. Faktanya, itu adalah salah satu dari sedikit area yang diunggulkan ketika Anda membandingkan SEO vs SEM.

Iklan berbayar berguna ketika Anda perlu melihat hasil langsung. Sementara pemasaran konten dan SEO mungkin memakan waktu, kampanye media berbayar dapat diluncurkan dengan cepat. Dengan pemikiran ini, PPC adalah pilihan yang baik untuk peluncuran produk baru atau kampanye jangka pendek. Ini juga berguna untuk tujuan pengujian, karena Anda dapat memvalidasi ide dengan cepat. Namun, karena biayanya, iklan PPC adalah pilihan yang buruk saat berada di bagian atas atau tengah corong pembelian.

Jika Anda menggabungkan PPC dan SEO secara strategis, maka Anda dapat mendominasi perhatian pelanggan di Google.

Memilih Digital Marketing Channel Terbaik


Setiap industri berbeda. Jadi bagaimana Anda memilih Digital Marketing Channel terbaik untuk bisnis Anda? Saya akan merinci pertimbangan teratas.

Tujuan kampanye
Apa tujuan pemasaran Anda? Ini adalah faktor terpenting untuk dipertimbangkan saat Anda membuat daftar Digital Marketing Channel teratas untuk dimanfaatkan. Apakah Anda ingin brand awareness yang lebih besar? Apakah Anda mencari untuk meningkatkan lead generation? Apakah Anda bertujuan untuk memperluas target pasar? Sasaran Anda harus selaras dengan saluran pemasaran yang Anda pilih.

Demografi penonton
Siapa yang Anda coba hubungi? Setiap digital channel pastinya berbeda  dengan demografi yang berbeda.

Lakukan penelitian Anda. Generasi yang lebih tua mungkin cenderung menggunakan email jauh lebih banyak daripada saluran digital lainnya, sementara generasi yang lebih muda melihat ke SMS atau Slack. Generasi yang lebih tua dapat menggunakan Facebook sebagai platform media sosial pilihan mereka, sementara generasi yang lebih muda dapat memilih Snapchat atau WhatsApp.

Sejajarkan saluran digital yang digunakan audiens Anda.

Campaign Budget


Pastikan Anda menganggarkan dengan tepat! Setiap saluran digital memiliki biaya yang terkait dengannya. Sangat membantu untuk memahami biaya individual setiap saluran sehingga pemasaran Anda dapat dikelola sebagai portofolio yang efektif.

Satu saluran mungkin mengenakan biaya untuk jumlah tayangan, saluran lain mungkin mengenakan biaya berdasarkan jumlah klik, namun saluran lain mungkin mengenakan biaya untuk tampilan. Di sisi lain, dengan pencarian organik dan pemasaran konten, Anda berinvestasi dalam sumber daya untuk meningkatkan situs web Anda dan menghasilkan konten yang dioptimalkan.

Timeline


Berapa lama Anda akan menggunakan saluran ini? Apakah Anda menjalankan promo jangka pendek? Apakah Anda berencana meluncurkan kampanye brand awareness baru tepat sebelum acara seperti harbolnas atau back-to-school shopping? Atau apakah Anda ingin membuat konten yang evergreen untuk audiens Anda?

Faktorkan waktu dan kerangka waktu kampanye pemasaran digital Anda ke dalam perencanaan Anda. Ini akan membantu Anda menyusun pesan yang paling efektif untuk setiap kampanye. Selain itu, ini akan membantu Anda dalam menyusun kampanye Anda untuk ROI yang lebih besar.

Tingkatkan kehadiran online Anda. Jadilah di mana audiens Anda berada, dan jadilah di mana mereka pergi. Saluran pemasaran digital membantu Anda menjangkau konsumen dan pembeli bisnis secara efisien dalam skala besar. Gunakan saluran untuk berkomunikasi dan terlibat dengan mereka, dan untuk berhasil mendorong mereka untuk bertindak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun